UTILIZING ENGLISH SONGS TO IMPROVE STUDENTS’ LISTENING SKILL

Penulis

  • Irmala Sukendra Universitas Islam Syekh-Yusuf
  • Hery Nuraini Universitas Islam Syekh-Yusuf
  • Via Fadlilatunni’mah Universitas Islam Syekh-Yusuf

Abstrak

Mendengarkan merupakan salah satu dari empat keterampilan dasar yang harus dikuasai siswa sebelum belajar bahasa asing. Menurut Elmetaher (2021) mendengarkan dapat menjadi tantangan karena mendengarkan merupakan proses yang kompleks. Selain itu, siswa mengalami kesulitan dalam mendengarkan bahasa Inggris. Guru harus menemukan strategi pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan keterampilan mendengarkan siswa. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan yang signifikan dalam pemanfaatan lagu berbahasa Inggris untuk meningkatkan keterampilan mendengarkan siswa. Lagu dapat menciptakan suasana belajar yang lebih menarik. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X di salah satu SMA di Tangerang dan sampelnya adalah 30 siswa pada kelas eksperimen dan 30 siswa pada kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen semu. Penulis menggunakan pre-test dan post-test di setiap kelas untuk mendapatkan data. Penulis menggunakan tes pilihan ganda dengan tiga indikator yang terkandung. Indikatornya adalah persepsi kata, pengenalan kata, dan pemahaman. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan uji Independent Sample T-test. Hasil penelitian ini terdapat peningkatan yang signifikan. Kesimpulannya, pemanfaatan lagu berbahasa Inggris dapat meningkatkan keterampilan mendengarkan siswa.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-04-30

Cara Mengutip

Sukendra, I., Nuraini, H., & Fadlilatunni’mah, V. (2024). UTILIZING ENGLISH SONGS TO IMPROVE STUDENTS’ LISTENING SKILL . JIPIS, 33(1), 13–22. Diambil dari https://ejournal.unis.ac.id/index.php/JIPIS/article/view/4637

Terbitan

Bagian

Articles