Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Fisika dengan menggunakan media PhET simulation pada kelas XI IPA 2 SMA Manba’ul Ullum

Authors

  • Waqidatul Qoiriyah Universitas Islam Syekh Yusuf

DOI:

https://doi.org/10.33592/unistek.v6i1.166

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar fisika peserta didik kelas XI dengan menggunakan media PhET simulation. Jenis penelitian yang dilakukan yakni penelitian tindakan kelas dengan tiga siklus. Terdapat lima tahap dalam penelitian ini, antara lain tahap persiapan, tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan monitoring, dan tahap refleksi. Terdapat dua jenis instrumen yang digunakan dalam penelitian yakni kuantitatif dan kualitatif. Instrumen Kuantitatif berupa kuesioner dan tes kemampuan akademik. Kuesioner siswa diberikan di setiap akhir siklus, kuesioner untuk guru diberikan di awal dan digunakan dalam menganalisis kebutuhan guru. Sedangkan instrument kualitatif melalui observasi pembelajaran, wawancara, catatan lapanagan dan analisis dokumentasi. Dengan subyek penelitian siswa berjumlah 36 siswa. Setelah siklus rata rata kelas menjadi 64,3 namun belum mencapai KKM sehingga dilakukan siklus II. Dari siklus kedua diperoleh rata-rata kelas sebesar 67,8 peningkatan ini juga belum memenuhi KKM sehingga dilakukan siklus keIII kemudian didapat nilai rata-rata kelas sebesar 77,5. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran PhET simulation dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPA2 SMA Manba’ul Ullum.

References

Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: PT RAJA GRAFINDO PERSADA.

Djaali. (2008). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Hamalik, O. (1994). Media Pendidikan, cetakan ke 7. Bandung : PT. Citra Aditya Bakti.

Hamzah. (2010). Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Indriana, D. (2011). Ragam Alat Bantu Media Pembelajaran. Yogyakarta: DIVA Press (Anggota IKAPI)

Iskandar. (2012). Psikologi Pendidikan (Sebuah Orientasi Baru). Jakarta: Gaung Persada Press Grup

Kasimin, D. (2012). Media Pembelajaran : Teori dan Aplikasi (pertama ed.). yogyakarta: Trust Media Publishing.

Knight, Randall D. (2012). Physics For Scientists And Engineers. 484 http://www.wilwy.com/go/permissions.

Kustandi, C. (2011). Media Pembelajaran Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia

Lestari, R. D. (2012). Penggunaan Alat-Alat Sederhana Dalam Pembelajaran Untuk Meningkatkan Aktivitas Prestasi Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional Sains , 110.

Pribadi, B. A. (2011). Model assure untuk mendesain pembelajaran sukses. jakarta: Dian Rakyat.

Riduwan. (2005). Belajar Mudah Penelitian untuk

Guru, Karyawan dan Peneliti Pemula.

Bandung: Alfa Beta

Sadiman, dkk.(2014). Media Pendidikan.Jakarta: PT

RajaGrafindo Persada

Setyosari, P. (2013). Metode Penelitian Pendidikan &

Pengembangan. Jakarta: Prenada Media Grup. Smaldino, S. E. (2012). Instructional Technologi & Media For learning (Teknologi Pembelajaran dan Media Untuk Belajar). jakarta: Kencana

Prenanda Media Grup.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian &

Pengembangan Research and Development.

Bandung: Alfabeta.

Suyanto. (2013). Menjadi Guru Profesional. Jakarta:

Erlangga Grup.

Viajayani, E.R. (2013). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Macromedia Flash Pro 8 pada Pokok bahasan Suhu dan Kalor. jurnal UNS ISSN 2338 - 0691

Walker, J. (2007) Fundamental Of PHYSICS Halliday & Resnick. http://www.wilwy.com/go/permissions.

Downloads

Published

2019-02-17