PERAMALAN PENJUALAN HIJAB SXPROJECT MENGGUNAKAN METODE MOVING AVERAGE DAN EXPONENTIAL SMOOTHING
DOI:
https://doi.org/10.33592/unistek.v6i2.249Abstract
Penjualan hijab online di Indonesia sedang mengalami kenaikan yang cukup pesat. Penjual hijab online merajalela di situs-situs e-commerce salah satunya online shop sxproject ini. Selain peningkatan pada banyaknya penjual hijab, peningkatan juga terjadi pada konsumen pengguna hijab itu sendiri. Dengan tingginya peminat hijab, penjual atau produsen harus menyiasati produksi penjualan mereka agar dapat mencapai target dan tidak membuat stok terlalu banyak. Untuk mengetahui berapa yang harus diproduksi oleh penjual pada tahun berikutnya, penjual dapat melakukan perhitungan peramalan. Berdasarkan perhitungan dengan menggunakan metode rata-rata bergerak dan penghalusan eksponensial dengan tingkat kesalahan menggunakan MAD, MSE, dan MAPE. Berdasarkan perhitungan dengan dua metode tersebut dan tingkat kesalahan diperoleh metode terbaiknya adalah metode rata-rata bergerak 4 bulan.References
Eris, P. N., Nohe, D. A. & Wahyuningsih, S. (2014). Peramalan dengan Metode Smoothing dan Verifikasi Metode Peramalan dengan Grafik Pengendali Moving Range (MR). Jurnal Eksponensial, 5(2), 203-210.
Heizer, J. dan Rander, B. (2004). Manajemen Operasi (edisi ketujuh). Salemba Empat: Jakarta.
Heriansyah, E. & Hasibuan, S. (2017). Implementasi Metode Peramalan pada Permintaan Bracket Side Stand K59A. Jurnal PASTI, 12(2), 209-223.
Iwan, Rahayu, E. I. H. & Yulianto, A. (2018). Analisa Peramalan Permintaan Mobil Mitsubishi Xpander dengan Tiga Metode Forecasting. Cakrawala, 18(2), 249-256.
Nugraha, E. Y & Suletra, I. W. (2017). Analisis Metode Peramalan Permintaan Terbaik Produk Oxycan pada PT. Samator Gresik. Konferensi IDEC (pp. 414-422).
Sudarma, N.N., Andrawina, L., & Aurachman, R. (2016). Penentuan Jumlah Perencanaan Permintaan Pelumas untuk Meminimasi Tingkat Kesalahan Peramalan Berdasarkan Peramalan Permintaan Pelumas pada PT. NYZ. E-Prociding of Engineering (pp: 3022-3028)
Supono, J. (2017). Demand Forecasting pada Industri Jus Siap Minum. Journal Industrial Manufacturing, 2(2), 76-84.
Yanti, N. P. L. P., Tuningrat, I. A. M. & Wiranatha, A. A. P. A. S. (2016). Analisis Peramalan Penjualan Produk pada Perusahaan Kecap Manalagi Denpasar Bali. Jurnal Rekayasa dan Manajemen Agroindustri, 4(1), 72-81.
Wahyani, W. & Syaichu, A. (2015). Penerapan Metode Peramalan sebagai Alat Bantu untuk Menentukan Perencanaan Produksi di PT. SKK. Spektrum Industri, 13(2), 133-140.
Wardah, S. & Iskandar. (2016). Analisis Peramalan Penjualan Produk Keripik Pisang Kemasan Bungkus (Studi Kasus: Home Industry Arwana Food Tembilahan. Jurnal Teknik Industri, 11(3), 135-142.