Analisis Antrian Pada Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) 34-151-28 Jatiuwung Tangerang
DOI:
https://doi.org/10.33592/unistek.v5i2.316Abstract
Masalah antrian berhubungan dengan efesiensi dimana terjadinya antrian akan
mengurangi kenyamanan pelayanan kepada pelanggan. Hal ini juga salah satunya yang
terjadi di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum(SPBU) 34-151-28 Jatiuwung, antrian ini
terjadi karena banyaknya fasilitas yang tidak sebanding dengan laju kedatangan pelanggan,
sehingga kinerja pelayanan antrian belum optimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
menganalisis kinerja pelayan sistem antrian (SPBU) 34-151-28 Jatiuwung. Untuk
membuktikan dugaan ini diadakan penelitian langsung ke lapangan dengan landasan teori
yang dianggap relevan, yaitu teori antrian atau line theory. Penelitian ini dilakukan di
Jatiuwung selama enam hari. Pengumpulan data pada studi kuantitatif ini menggunakan data
primer yaitu observasi serta wawancara dan juga data sekunder yang diperoleh dari
perusahaan dan juga diperoleh dari berbagai pustaka dan literature lainnya yang memiliki
relevansi dengan sasaran penelitian seperti buku-buku teks mengenai sistem antrian. Analisis
dari penelitian ini membuktikan bahwa kegiatan pelayanan antrian pada (SPBU) 34-151-28
Jatiuwung Tangerang sudah optimal karena lama pelanggan mengantri masih berada di
bawah standar pelayanan yang ditetapkan SPBU 34-151-28 Jatiuwung Tangerang. Alat
analisis dari penelitian ini adalah model antrian M/M/S (Multiple Channel Query System atau
model antrian jalur berganda).Model yang diterapkan di SPBU 34-151-28 Jatiuwung
Tangerang dengan 4 buah stasiun pengisian, dan berdasarkan perhitungannya SPBU 34-151-
28 Jatiuwung Tangerang sudah optimal karena waktu terpanjang selama 480 detik yang
dibutuhkan oleh seorang pelanggan dalam antrian tidak melebihi dari batas standar yaitu
31.5 detik. SPBU Jatiuwung Tangerang sudah cukup meningkatkan kinerja pelayanannya.
Kata kunci: antrian, pelayanan, pelanggan
References
Elwood S. Buff & Rakesh K. Sarin (1999).
Manajemen Operasi dan Produksi
Modern. Binarupa Aksara : Jakarta
Heizer, Jay & Rander, Barry (2004),
Manajemen Operasi (edisi ketujuh),
Salemba Empat : Jakarta
Kotler, Philip & Kevin Lane Keller (2009),
Manajemen Pemasaran (edisi ke-12).
Indeks: Jakarta
Siken.H, Eddy Soegiarto K, Adi Suroso. Antrian
pada Stasiun Pengisian Bahan Bakar
Umum (SPBU) 64-755-01 Blintut Barong
Tongkok Kutai Barat Manajemen,
Fakultas Ekonomi, Universitas 17
Agustus 1945 Samarinda 75234,
Indonesia.
Soegito, Eddy Soeryatno (2007), Marketing
Research : Panduan bagi Manajer
Pemimpin Perusahaan Organisasi, Elex
Media Komputindo: Jakarta