Perancangan Alat Penghitung Jumlah Pengunjung Di Perpustakaan Unis Tangerang Menggunakan Sensor Pir Berbasis IoT

Authors

  • Mega Fahmawaty Universitas Islam Syekh Yusuf Tangerang
  • Muhammad Royhan Universitas Islam Syekh Yusuf Tangerang
  • Mahmudin Mahmudin Universitas Islam Syekh Yusuf Tangerang

Keywords:

Penghitung Orang, Sensor Passive Infrared, thingspeak, ESP8266

Abstract

Perpustakaan merupakan gudang ilmu di mana mahasiswa dapat berkunjung untuk mencari buku atau bahan materi yang digunakan untuk perkuliahan atau belajar mandiri. Banyak perpustakaan kampus yang sudah menggunakan teknologi berbasis IT yang memudahkan dalam pencatatan jumlah pengujung yang masuk perpustakaan dan ini sangat membantu dalam dalam membuat laporan tentang jumlah pengunjung yang masuk ke dalam perpustakaan. Tetapi ada juga yang masih menggunakan cara lama yaitu dengan mengisi buku daftar pengunjung dan tentunya ini kurang efisien. Dari permasalahan tersebut, maka diperlukan sistem pencatatan pengunjung perpustakaan yang digunakan untuk menghitung pengunjung yang melewati pintu masuk dan keluar. Pada penelitian ini, parameter yang digunakan adalah deteksi objek yang lewat. Peneliti menggunakan sensor Passive Infrared (PIR) yang akan mendeteksi objek manusia yang melewati pintu masuk dan keluar. Jika objek manusia melewati pintu masuk jumlah pengunjung akan ditambahkan satu, dan jika keluar akan dikurangi. Data jumlah pengunjung akan dikirim ke web thing speak (www.thingspeak.com) melalui wemos D1 ESP8266. Sehingga data pengunjung dapat dilihat dengan mengunjungi web thing speak tersebut.

References

Irsan, M. … Chun, L.M. 2019. Future of Transport: A Framework for Smart Driver. In 3rd Symposium on Future Telecommunication Technologies, SOFTT 2019.

Irsan, M. … Supriyono, A. 2019. Rancang Bangun Monitoring Ruang CCTV Server Menggunakan Raspberry Pi Di Sekolah Pelita Harapan Lippo Village II(2): 23–29.

Murthy Y.N. 2010. Microcontroller 8051. Jan 10 14.

Ridwan, M. & Roqib, M. 2020. Prototype Monitoring Temperature and Humidity Sensor Room Server-Based Internet of Things ( IOT ).

Third, T. … Edition, E. 2013. Arduino Microcontroller Processing for Everyone!. (Mitchell Thornton, Ed.) Third. Morgan Claypool Publishers.

Published

2020-11-30

How to Cite

Fahmawaty, M., Royhan, M., & Mahmudin, M. (2020). Perancangan Alat Penghitung Jumlah Pengunjung Di Perpustakaan Unis Tangerang Menggunakan Sensor Pir Berbasis IoT. Jurnal Ilmiah Fakultas Teknik, 1(3), 253–261. Retrieved from https://ejournal.unis.ac.id/index.php/jimtek/article/view/1124