POTENSI PANGSA PASAR PERGURUAN TINGGI SWASTA DI INDONESIA [Studi Pada Universitas Islam Syekh-Yusuf Tangerang]

Authors

  • Femi Handayani FKIP Ekonomi, Universitas Islam Syekh Yusuf Tangerang

Keywords:

Pangsa pasar, potensi pangsa pasar, mahasiswa baru, perguruan tinggi swasta, universitas Islam Syekh-Yusuf Tangerang.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini berkaitan dengan melakukan analisis potensi pangsa pasar perguruan tinggi swasta di Indonesia, studi pada Universitas Islam Syekh-Yusuf Tangerang. Dengan melakukan wawancara mendalam, observasi dan data yang berkaitan dengan potensi pangsa pasar. Hasil penelitian menunjukkan pangsa pasar pada Universitas Islam Syekh-Yusuf Tangerang adalah cukup potensial berkaitan dengan calon mahasiswa baru yang masuk. Penelitian ini memberikan saran bahwa pangsa pasar di perguruan tinggi swasta khususnya di Universitas Islam Syekh-Yusuf Tangerang perlu dijaga sehingga animo mahasiswa baru tetap tinggi.

References

Asmawi, M. Rosul. (2017). ‘The Importance of Leadership Style in the University: Research Study at Universitas Islam Syekh-Yusuf Tangerang, Indonesia’. Mediterranean Journal of Social Sciences. (8), 5 S1: 109-119. September 2017. Universitas Islam Syekh-Yusuf Tangerang, Indonesia.

Asmawi, M. Rosul. (2018). Manajemen Strategis. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Islam Syekh-Yusuf Tangerang.

Hanafiah, Vita. (2015). Strategi Pemasaran Lembaga Bimbingan Belajar Primagama Vila Nusa Indah Bogor. Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan, Jurusan Kependidikan Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Hariayanto, Criestiana. (n.d). ‘Segmentasi dan Posisioning Perguruan Tinggi Swasta di Surabaya’. gracia0790@yahoo.com.

Hasyim, Rina Anindita. (2007). ‘Preferensi Calon Mahasiswa dalam Memilih Perguruan Tinggi Swasta’. Forum Ilmih Inonesia. (4), 1: 54-59, JANUARI 2007.

Hendra, Sesario Tri Nur., & Hartomo, Deny Dwi. (2017). ‘Pengaruh Konsentrasi dan Pangsa Pasar terhadap Pengambilan Resiko Bank’. Jurnal Bisnis & Manajemen. (17), 2, 2017: 35-50.

Handayani, A. (2017). ‘Analisis Bauran Pemsaran terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Program Studi (Studi di Fakultas Ekonomi Universitas Bojonegoro)’. eprints.ums.ac.id.

Lapan, Hartono. (2017). Pengertian Market Share atau Pangsa Pasar. February 22, 2017. Https: 1.bp.blogspot.com

Miles, Matthew B., Huberman, A. Michael., & Saldana. (2014). Qualitative Data Analysis: A Source Book of New Methods. Baverly Hills: SAGE Publications Inc.

Pohan, Kautsar Ridhalam (2010). Mempertahankan Market Leader pada Persaingan Pasar Pelumas Otomotif. Tesis, Fakultas Ekonomi, Program Studi Magister Manajemen, Kekhususan Pemasaran, Universitas Indonesia.

Rahadikha, Rizky., & Sumarwan, Ujang. (2018). Analisis Strategi Manajemen Pemasaran Produk Rinso. Makalah.

Sopandi, Encep. (2011). ‘Strategi Promosi Penerimaan Mahasiswa Baru Untuk PTS. (Tinjauan atas Kegiatan Promosi PTS di Jawa Barat Tahun 2010)’. Manajerial. (9), 18: 87-101. Januari 2011.

Susanti, Ari. (2017). ‘Analisis Pengarauh Public Relation dan Pencitraan Terhadap Minat Kuliah di Pergurun Tinggi Swasta’. Jurnal Lentera Bisnis. 2017-plj.ac.id.

Wijaja, Tjandara. (2000). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Mahasiswa Memilih dan Kuliah di STIE Pariwisata Indonesia Semarang. Tesis, Program Studi Magaister Manajemen Program Pasca Sarjana Universitas Diponegoro Tahun 2000.

Kamus Bisnis & Bank, dalam http://www.mediabpr.com/kamus-bisnis-bank/pangsa_pasar.aspx), diakses tanggal 18 Maret 2018.

Downloads

Published

2019-06-21

How to Cite

Handayani, F. (2019). POTENSI PANGSA PASAR PERGURUAN TINGGI SWASTA DI INDONESIA [Studi Pada Universitas Islam Syekh-Yusuf Tangerang]. Pelita : Jurnal Penelitian Dan Karya Ilmiah, 19(2), 114–139. Retrieved from https://ejournal.unis.ac.id/index.php/pelita/article/view/116