BIBLIOMETRIC STUDY TO IDENTIFY NOVELTY IN THE BORG AND GALL DEVELOPMENT MODEL

Authors

  • Deny Hadi Siswanto Ahmad Dahlan University
  • Suparman Ahmad Dahlan University
  • Samsinar Ahmad Dahlan University
  • Sri Rahayu Alam Ahmad Dahlan University

DOI:

https://doi.org/10.33592/pelita.v23i2.4737

Keywords:

Bibliometrics, Novelty, Development Model, Borg and Gall

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode studi literatur dengan tujuan mengkategorikan 100 artikel untuk mengidentifikasi kebaruan penelitian berdasarkan 8 kategori terkait model pengembangan Borg and Gall. Analisis data dilakukan dengan mengelompokkan artikel menurut kriteria tersebut. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Kebaruan pada kategori perangkat pembelajaran menggunakan E-LKPD; 2) Kebaruan pada kategori model pembelajaran antara lain model pembelajaran Inquiry, NHT, CPS, OIDDE, kontekstual, prosedural, representatif, brown, dan penemuan terbimbing; 3) Kebaruan pada kategori dasar menggunakan metode berbasis komputer, keterampilan abad 21, Gamifikasi, flipbook, sigil, mind map, flipped learning, puwton, Instagram, platagon, adobe animation, booklet, dan macromedia flash; 4) Novelty pada kategori pendekatan seperti berpikir metaforis, konflik kognitif, pembelajaran sains anak, terapi bermain seni kreatif, pendekatan bermain, pendidikan karakter, ARIAS, dan PISA; 5) Kebaruan pada kategori kemampuan meliputi kemandirian belajar, penalaran matematis siswa, penalaran adaptif, keterlibatan siswa, literasi sains, tugas, koneksi matematis, dan profesionalisme guru; 6) Kebaruan pada kategori jenjang pendidikan yang dilaksanakan di PAUD; 7) Kebaruan kategori nilai/semester dilaksanakan pada kelas 1, kelas 9, dan semester lima perguruan tinggi; 8) Kebaruan pada kategori mata pelajaran meliputi PJOK, Biologi, Bahasa Jawa, Teknologi Pengantar, Teknik Mesin, Fisika Dasar, Matriks, Teknik Kimia, Teknik Komputer, Pendidikan Pancasila, Geometri, Kewirausahaan, Sistem Komputer, Persamaan Diferensial, dan Geometri Analitik.

References

Adilah, N. A., Hardiansyah, H., & Amintarti, S. (2022). Pengembangan E-Modul Konsep Keanekaragaman Hayati tentang Sonneratia Caseolaris Kawasan Mangrove Rambai Center. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(5), 7029–7041. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i5.3504Aini, E. P., Masykur, R., & Komarudin, K. (2018). Handout Matematika berbantuan Etnomatematika Berbasis Budaya Lokal. Jurnal Matematika, 1(1), 73–79. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24042/djm.v1i1.1950Aisy, D. R., Farida, F., & Andriani, S. (2020). Pengembangan E-Modul Berbantuan Sigil Software dengan Pendekatan Saitifik pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV). Edu Sains Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 8(1), 61–71.Akmal, F. F., & Asikin, M. (2022). Development of STEAM-based JHS Mathematics Teaching Material to Enhance Students’ Mathematical Connection. Jurnal Pendidikan Matematika UNNES, 11(1), 86–92. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/ujme.v11i1.54955Amalia, L., Hidayat, S., & Ardie, R. (2021). Pengembangan Modul IPA Bermuatan Higher Order Thinking Skills (HOTS) Di Sekolah Dasar. Jurnal Teknologi, Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(1), 138–149.Andeswari, S., Sholeh, D. A., & Zakiyah, L. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Matematika Kelas IV Sekolah Dasar. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(1), 48-61., 3(1), 48–61.Angraini, N., & Masykur, R. (2018). Modul matematika berdasarkan model pembelajaran problem based learning materi pokok trigonometri. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), 217. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.24042/djm.v1i2.2558Aprilia, D. S., & Melati, I. S. (2021). Pengaruh Jumlah Tenaga Kerja , Modal Usaha dan Bauran Pemasaran

PELITA, Volume 23, Issue1, 2022pp. 30-4711First Author/ Title ManuscriptTerhadap Keberhasilan Usaha UMKM Sentra Batik Kota Pekalongan. Journal of Economic Education and Entrepreneurship, 2(1), 1–14. https://doi.org/https://doi.org/10.31331/jeee.v2i1.1728Arif, Z., Agung, M., & Abdillah, A. (2018). Pengembangan Modul Belajar Mandiri LaTeX Beamer sebagai Alternatif Media Presentasi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika. Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika, 2(2), 138–143.Ayu, N. D. (2022). Development of Animated Video-Based Mathematics Learning Media on the Subject of Constructing Flat Side Spaces Assisted by Powtoon Software. Indonesian Journal of Education and Mathematics Science, 3(2), 49–55. https://doi.org/http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/IJEMS/article/view/11077Borg, W. R., & Gall, M. D. (1996). Educational research. An introduction (5th ed.). White Plains. NY: Longman.Cahyani, S. M. R. T., Nestiadi, A., & Sjaifuddin, S. (2022). Pengembangan Media Edukatif Monopoly pada Pembelajaran IPA di Kelas VII SMP Tema Pelestarian Lingkungan. PENDIPA Journal of Science Education, 6(2), 315–321. https://doi.org/10.33369/pendipaCholilah, M., Tatuwo, A. G. P., Komariah, & Rosdiana, S. P. (2023). Pengembangan Kurikulum Merdeka Dalam Satuan Pendidikan Serta Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Abad 21. Sanskara Pendidikan Dan Pengajaran, 1(02), 56–67. https://doi.org/10.58812/spp.v1i02.110Dewi, A. S., Sitompul, H., & Napitupulu, E. (2019). Pengembangan E-Modul Pembelajaran Ekonomi SMA. Jurnal Teknologi Informasi, 5(2), 111–124. https://doi.org/https://doi.org/10.24114/jtikp.v5i2.12592Dewi, N. R., Hidayat, W., & Rohaeti, E. E. (2022). Development of Teaching Materials on PLSV Using Scientific and Contextual Approach to Improve Mathematics Communication Ability and Self Confidence. Journal of Innovative Mathematics Learning, 5(1), 25–40. https://doi.org/https://doi.org/10.22460/jiml.v5i1.10473Diana, M., Netriwati, N., & Suri, F. I. (2018). Modul Pembelajaran Matematika Bernuansa Islami dengan Pendekatan Inkuiri. Desimal: Jurnal Matematika, 1(1), 7. https://doi.org/https://doi.org/10.24042/djm.v1i1.1906Dianawati, I. A., & Suputra, I. N. (2022). Pengembangan e-modul berbasis flipbook maker untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada kelas XII SMK. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 4(9), 3815–3825. https://doi.org/https://doi.org/10.32670/fairvalue.v4i9.1557Dinda, D., Ambarita, A., Herpratiwi, H., & Nurhanurawati, N. (2021). Pengembangan LKPD Matematika Berbasis PBL Untuk Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3712–3722.Effendi, R., Herpratiwi, H., & Sutiarso, S. (2021). Pengembangan LKPD Matematika Berbasis Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 920–929. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.846Etika, E. D., & Aini, A. Z. (2018). Representative pada Mata Kuliah Geometri untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika STKIP PGRI Nganjuk. Jurnal Dharma Pendidikan, 12(2), 31–44.Fahreza, M., Rita, & Safina, N. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Menulis Puisi dalam Bentuk Audia Visual Berbasis Pendidikan Karakter Siswa Kelas X SMA Al-Hikmah Medan. Sintaks: Jurnal Bahasa & Sastra Indonesia, 2(2). https://doi.org/https://doi.org/10.57251/sin.v2i2.469Fazira, S. K., & Qohar, A. (2021). Development of Pop-up Book Mathematics Learning Media on Polyhedron Topics. Journal of Physics: Conference Series. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1957/1/012005Febriandi, R. F., Susanta, A. S., & Wasidi, W. W. (2020). Validitas Lks Matematika Dengan Pendekatan Saintifik Berbasis Outdoor Pada Materi Bangun Datar. Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Pendidikan Dasar, 3(2), 148–158. https://doi.org/https://doi.org/10.33369/dikdas.v3i1.10612Febrianti, F., Fajriana, F., Wulandari, W., Nuraina, N., & Herizal, H. (2018). Pengembangan Modul Matematika dengan Pendekatan Science, Technology, Engineering, And Mathematics (STEM) pada Materi Lingkaran. Desimal: Jurnal Matematika, 1(1), 927. https://doi.org/https://doi.org/10.29103/jpmm.v2i2.9432Finariyati, F., & Rahman, A. A. (2020). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Etnomatematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. Euclid, 10(1), 147.Firmansyah, F., Purwati, P., Siregar, & Irnandi. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Matematika SD Terintegrasi Pendidikan Karakter Rasa Ingin Tahu. Jurnal Cakrawala Pendas, 6(2). https://doi.org/https://doi.org/10.31949/jcp.v6i2.2211Fitria, M. R. (2022). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Pengembangan Model OIDDE Berbantuan Studi Kasus pada Mata Kuliah Pendidikan Pancasila. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 7(1), 179. https://doi.org/https://doi.org/10.17977/um019v7i1p179-188Fitria, R., Hutapea, N. M., & Zulkarnain, H. (2020). Development of Mathematics Learning Devices by

PELITA, Volume23, Issue 2, 2022pp. 30-4712PELITA,P-ISSN: 1907-5693 E-ISSN: 2684-8856Applying Problem Based Learning to Increase Students Mathematical Solving Skills of Class VII Junior High School. Journal of Educational Sciences, 4(2), 368–379. https://doi.org/https://doi.org/10.31258/jes.4.2.p.368-379Gartika, E., Rahayu, W., & Utomo, E. (2019). Development of Interactive Mathematics Multimedia Teaching Materials for Building Space in Class V Primary Schools. International Journal for Educational and Vocational Studies, 1(5). https://doi.org/https://doi.org/10.29103/ijevs.v1i5.1717Hakim, L. (2021). Pengembangan LKPD Berbasis Penemuan Terbimbing dan Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Indiktika: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 3(2), 198–207. https://doi.org/https://doi.org/10.31851/indiktika.v3i2.5411Hamka, D., & Effendi, N. (2019). Pengembangan media pembelajaran blended learning berbasis edmodo pada mata kuliah fisika dasar di program studi pendidikan IPA. Journal of Natural Science and Integration, 2(1), 19. https://doi.org/https://doi.org/10.24014/jnsi.v2i1.7111Harman, H., & Dewi, S. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Berbentuk Modul Geometri Analitik Ruang bagi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UNBARI. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 12(1), 136. https://doi.org/https://doi.org/10.33087/dikdaya.v12i1.284Hendriana, E., & Buyung, B. (2020). Development of Ethnomathematics-Based Student Worksheets on Course of Mathematics Basic Concept in STKIP Singkawang. Journal of Education, Teaching and Learning, 5(2), 238. https://doi.org/https://doi.org/10.26737/jetl.v5i2.1937Huda, A., & Armiati, A. (2020). The Development of Learning Devices with Realistics Mathematics Education Based in Program of Mechanical Engineering and Automotive Engineering. Journal of Physics: Conference Series. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1554/1/012024Huda, A., Filla, W. A., & Mudinillah, A. (2022). Pemanfaatan Video Pembelajaran Menggunakan Canva Pada Pembelajaran IPS Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Bina Edukasi, 15(1), 14–31. https://doi.org/10.33557/jedukasi.v15i1.1758Hutomo, B. A., Saptono, S., & Subali, B. (2022). Development of E-module Based on Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) To Improve Science Literacy of Junior High School Students. Journal of Innovative Science Education, 11(2), 241–249. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/jise.v10i1.54066Imama, N., Utaminingsih, S., & Madjdi, A. (2021). The Effectiveness of the Development of Problem Based Learning Model Based on Bakiak Game Technology in Mathematics Learning in Elementary Schools. Journal of Physics: Conference Series, 1823(1). https://doi.org/https://doi.org/10.1088/1742-6596/1823/1/012079Imania, K. A. N., Purwanti, Y., & Bariah, S. H. (2021). The development of interactive learning multimedia in teaching mathematics (integer number) to junior high school students. Journal of Physics .... https://doi.org/10.1088/1742-6596/1987/1/012013Irwanto. (2023). Pendidikan Vokasional Berbasis Kompetensi Keterampilan Di Abad Ke-21. Vocational Education National Seminar, 2(1), 55–66. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/VENS VocationalJamaludin, Z. Z., Unnafsyah, S., Agustin, E. S., Nuryadin, A., & Muharram, M. W. (2022). Development of Gamification-Based Flipped Learning in Mathematics Learning as an Effort to Overcome Learning Obstacles. Ndonesian Journal of Primary Education, 6(1), 106–114. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/ijpe.v6i1.41910Juwita, R., & Fauzan, A. (2020). Preliminary Reasearch Development of Mathematics Learning Device Based on Cognitive Conflict to Improve Critical Thinking Ability of 1st Grade Senior High School .... In Journal of Physics: Conference Series. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1554/1/012018Karlimah, K., Hamdu, G., & Pratiwi, V. (2021). Multimedia pembelajaran matematika interaktif berbasis komputer. Journal of Physics: Conference Series, 1987(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1987/1/012026Khadar, R. S. F., Rahmat, D., & Saepuloh, L. (2022). Pengembangan Media Komik Digital Mata Pelajaran Ipa Kelas Vii Di Smp Muhammadiyah Sukabumi. Berajah Journal, 2(3), 410–418.Kusuma, R., & Nasution, S. P. (2018). Multimedia pembelajaran matematika interaktif berbasis komputer. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Matematika, 1(2). https://doi.org/https://doi.org/10.21831/tp.v1i2.2527Kuswari, R. I., & Choiruddin, C. (2021). The Development Of Student Worksheet Based On Higher Order Thinking Skills In Improving Mathematics Learning Outcomes. MIE: Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education, 5(2), 200. https://doi.org/https://doi.org/10.32934/jmie.v5i2.333Lazulfa, I., & Putra, D. B. P. (2020). Pengembangan Modul Matematika Diskrit Berbasis ARIAS pada Mahasiswa Teknik Informatika. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 102–108. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/judika.v3i2.1707Liana, M., & Alpindo, O. (2021). Pengembangan e-Worksheets Berorientasi ICT Literacy Pada Mata Kuliah

PELITA, Volume 23, Issue1, 2022pp. 30-4713First Author/ Title ManuscriptPengantar Teknologi Informasi Pendidikan Matematika Untuk Mahasiswa Tahun Pertama. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 223–237. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.453Lumbantoruan, J. H. (2019). engembangan Bahan Ajar Persamaan Diferensial Berbasis Model Brown. Urnal EduMatSains, 3(2), 147–168.Magdalena, I., Syaifulloh, A., & Salsabila, A. (2023). Asumsi Dasar Dan Desain Pembelajaran. Cendekia Pendidikan, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.9644/scp.v1i1.332Mahardani, P., & Rachmadyanti, P. (2018). Pengembangan Media Gentara Berbasis Android Pada Pembelajaran Ips Materi Masa Kolonial Bangsa Barat Di Indonesia Untuk Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(6), 1–10.Mahmudah, K, S., Sunismi, S., & Fathani, A. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Matematika dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 3(1).Mardiani, F., Vivi, Y., Asih, I., & Pamungkas, A. S. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berorientasi HOTS pada Mata Pelajaran Matematika di Sekolah Dasar. MAJU, 8(2), 39–48.Martha, N. U., Wijayawati, D., Krisnawati, & Nugroho. (2022). Pengembangan bahan ajar menulis naskah drama bermuatan kearifan lokal dan pendidikan karakter. JINoP: Jurnal Inovasi Pembelajaran, 8(1). https://doi.org/https://doi.org/10.22219/jinop.v8i1.19554Masykur, R., Nofrizal, N., & Syazali, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Macromedia Flash. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 177. https://doi.org/10.24042/ajpm.v8i2.2014Maulidiyyah, A., Nafiah, N., & Hartatik, S. (2021). Development Of Dakon Game Interactive E-Book Media To Improve Mathematics Learning Outcome Of Elementary School Students. Education and Human Development Journal, 6(2), 88–101. https://doi.org/https://doi.org/10.33086/ehdj.v6i2.2481Merona, S. P. (2019). Penggunaan Modul Statistika Matematika untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Urnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(1), 11–17. https://doi.org/https://doi.org/10.24269/dpp.v7i1.1637Mohayat, N., & Netriwati, N. (2018). Modul Pembelajaran Matematika Berbasis PISA untuk Melatih Siswa Berpikir Tingkat Tinggi. Jurnal Tatsqif, 16(1), 93–107. https://doi.org/https://doi.org/10.20414/jtq.v16i1.135Moniati, M., Astuti, R., & Hartono, H. (2022). Pengembangan Media Kosami Bermuatan Pendidikan Karakter Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII SMP. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah, 6(2), 160–166. https://doi.org/https://doi.org/10.33369/jp2ms.6.2.160-166Mujiati, N. W. (2023). Perkembangan, Metode Pendekatan dan Tantangan Manajemen Sumber Daya Manusia. Forum Manajemen, 21(1), 68–86. https://doi.org/10.61938/fm.v21i1.512Murdiyanto, T., Hakim, L., & Thamrin, A. (2022). The Development of Comic Mathematics Media with PMRI Approach on Social Arithmetics for Seventh Grade Junior High School. Journal Of Medives: Journal Of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 6(2), 65–77. https://doi.org/https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v6i2.2141Nasrah, S., Siraj, S., & Dahrum, D. (2022). Pengembangan Model Layanan Pendidikan Creative Art Play Therapy bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Paedagogy, 9(1), 1. https://doi.org/https://doi.org/10.33394/jp.v9i1.4547Nawawi, A., Mansur, H., & Utama, A. H. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Ipa Berbasis Pop-Up Book Materi Sifat dan Perubahan Wujud Benda Untuk Siswa SD. Journal of Instructional Technology, 2(2), 22. https://doi.org/https://doi.org/10.20527/j-instech.v2i2.3822Negari, N., Sabdaningtyas, L., & Nurhanurawati, N. (2021). The development of E-LKPD through problem-based learning to improve the sixth-grade students’ Mathematics mastery. International Journal of Educational Studies in Social Sciences, 1(3), 124–128. https://doi.org/https://doi.org/10.53402/ijesss.v1i3.27Nirma, N., Pratama, R. A., & Permatasari, B. I. (2021). Media Pembelajaran Buku Pintar (BUPI) Matematika Bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1359–1374.Novita, M. D., Muchlis, E. E., & Yensy, N. A. (2018). Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) pada Materi Segitiga untuk Siswa Kelas VII SMPN 1 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 2(1), 83–89. https://doi.org/https://doi.org/10.33369/jp2ms.2.1.83-89Nugrahaeni, W. A., & Wulandari, D. (2022). Pengembangan Bahan Ajar E-Book Berbasis Lingkungan Pada Muatan Pembelajaran IPA Kelas IV. Joyful Learning Journal, 11(2), 55–59.

PELITA, Volume23, Issue 2, 2022pp. 30-4714PELITA,P-ISSN: 1907-5693 E-ISSN: 2684-8856https://doi.org/https://doi.org/10.15294/jlj.v11i2.57347Nugroho, L. P., Sodiq, S., & Indarti, T. (2021). Effektivitas Pengembangan E-Modul Berbentuk Online Flipbook Pada Materi Aksara Jawa Kelas X SMK. Journal Education and Development, 9(3), 270–275.Numan, M. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Statistika Penelitian Pendidikan Matematika. Jurnal Mercumatika: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(2). https://doi.org/https://doi.org/10.26486/jm.v3i2.762Nurazri, Mabruroh, Samiha, & Fathurohman. (2019). Development of Student Worksheets Based on Contextual Teaching and Learning (CTL) on Heat Transfer. Jurnal Pembelajaran Fisika, 10(1), 127–141. https://doi.org/https://doi.org/10.23960/jpf.v10.n1.202212Nurlaila, P., Agustin, S. P., Syahrial, & Noviyanti, S. (2022). Komik Pendidikan Berorientasi Children Learning In Science Pada Muatan IPA Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 1790–187. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4289Nurlaily, V. A., Sholihah, H. I., Wulandari, R. A., & Sa’diyah. (2021). The Development of HOTS-Based Mathematics Teaching Materials in Elementary School. Journal of Physics, 1842. https://doi.org/https://doi.org/10.1088/1742-6596/1842/1/012042Okpatrioka. (2023). Research And Development (R&D) Penelitian yang Inovatif dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 1(1), 86–100.Oviyan, F., Sumarmo, U., & Harry, D. P. (2022). The Development of Problem Based Learning Geogebra-Assisted Teaching Materials to Improve Mathematics Communication Ability of Vocational School Students. JIML, 5(3), 120–129. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.22460/jiml.v5i3Pertiwi, W., Roza, Y., & Yuanita, P. (2021). Development of Mathematics Learning Tools with Problem Based Learning Model on Matrix Material to Facilitate Students’ Critical Thinking Ability. Journal of Educational Sciences, 5(1), 156–165. https://doi.org/https://doi.org/10.31258/jes.5.1.p.156-165Prasetyo, R. N., Dewi, & Julistiana, Y. (2021). Media Development Of Comic Workshop For Mathematics Learning Students For Class V SD. JOSAR:Journal of Students Academic Research, 6(2), 36–45. https://doi.org/https://doi.org/10.35457/josar.v6i2.1956Prasetyo, Y. A. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Flash Berbasis Contextual Teaching And Learning Pada Muatan Ipa Kelas V SD. Joyful Learning Journal, 10(4), 225–233. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/jlj.v10i4.45988Pubian, Y. M., & Herpratiwi, H. (2022). Penggunaan Media Google Site Dalam Pembelajaran Untuk Meningkatkan Efektifitas Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar. Akademika, 11(01), 163–172. https://doi.org/10.34005/akademika.v11i01.1693Purwanto, E., Rismiyanto, & Sumaji. (2022). The Development of Adobe Animate Based Media in Learning Mathematics Class Five. ICCCM Journal of Social Sciences and Humanities, 1(5), 1–6.Puspita, I., & Raida, S. A. (2021). Development of Video Stop Motion Graphic Animation Oriented STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, And Mathematics) on Global Warming Materials in Junior High School. THABIEA: Journal Of Natural Science Teaching, 4(2), 198. https://doi.org/https://doi.org/10.21043/thabiea.v4i2.11895Putra, H. J. (2019). Pengembangan E-Modul Mata Pelajaran Sistem Komputer Untuk Siswa Kelas X Tkj Smk N 2 Yogyakarta. E-Jurnal Skripsi Program Studi Teknologi Pendidikan, 8(1), 41–48.Putri, A. A., & Asikin, M. (2021). The Development of Science, Technology, Engineering, Arts and Mathematics Nuanced Mathematics Teaching Materials to Improve Mathematical Conceptual. Unnes Journal of Mathematics Education, 10(3), 222–230. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/ujme.v10i3.54143Qoridatullah, A., Hidayat, S., Putra, & Pertiwi. (2021). Pengembangan E-Modul Berorientasi Higher Order Thinking Skills (HOTS) Pada Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Muara Pendidikan, 6(1), 50–57. https://doi.org/https://doi.org/10.52060/mp.v6i1.513Rahmawati, N. D., Komarudin, K., & Suherman, S. (2022). Pengembangan instrumen penilaian matematika berbasis HOTS pada calon Guru Sekolah Dasar. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(2), 860. https://doi.org/https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i2.4893Ramadhina, S. R., & Pranata, K. (2022). Pengembangan E-Modul Berbasis Aplikasi Flipbook di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7265–7274. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3470Rinaldi, A. (2018). Pengembangan Media Ajar Matematika Dengan Menggunakan Media Microsoft Visual Basic Untuk Meningkatkan Kemampuan Matematis Mahasiswa (Adopsi Langkah Teori Pengembangan Borg & Gall). JURNAL E-DuMath, 4(1), 1. https://doi.org/https://doi.org/10.26638/je.547.2064Rosdiana, P. N. (2021). Pengembangan Instrumen Evaluasi Pembelajaran IPA Berbasis Taksonomi BLOOM. Edulead: Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(2), 207–215. https://doi.org/https://doi.org/10.47453/edulead.v3i2.415

PELITA, Volume 23, Issue1, 2022pp. 30-4715First Author/ Title ManuscriptRosliana. (2019). Pengembangan LKPD Matematika dengan Model Learning Cycle 7E Berbantuan Mind Mapping. Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika, 1(1), 10–22. https://doi.org/https://doi.org/10.14421/jppm.2019.11.10-22Sakti, R. G. (2022). Penyusunan Modul Kewirausahaan dan Ekonomi Kreatif Berfokus Profil Lulusan Sebagai Upaya Pemberdayaan Mahasiswa Pendidikan Musik. Grenek: Jurnal Seni Musik, 11(1), 1–12. https://doi.org/https://doi.org/10.24114/grenek.v11i1.33281Sandri, E., & Mailani, E. (2021). Pengembangan E-Modul Bercirikan Etnomatematika Suku Simalungun Berbasis Hots pada Materi Bangun Datar Kelas IV SDN 098167. Jurnal Sekolah PGSD Unimed, 5(4), 78–86.Santoso, T. N. B. (2022). Pengembangan Sistem Database Berbasis Tri Darma Perguruan Tinggi Pada Program Studi Pendidikan Ekonomi. JAMP: Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 5(1), 36–45. https://doi.org/https://doi.org/10.17977/um027v5i12022p36Setiana, D. S. (2018). Pengembangan Instrumen Tes Matematika Untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE), 4(2), 35–48.Setiawan, Y. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Matematika SD Berbasis Permainan Tradisional Indonesia dan Pendekatan Matematika Realistik. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(1), 12–21. https://doi.org/https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i1.p12-21Setiawan, Y., & Maharani, A. I. (2021). Pengembangan Mathlite untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3520–3530. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1375Siamy, L., Farida, F., & Syazali, M. (2018). Media Belajar Matematika Berbasis Multimedia Interaktif dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning. Desimal: Jurnal Matematika, 1(1), 113–117. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24042/djm.v1i1.1919Siswanto, D. H., & Peni, N. R. N. (2023). Publication Trend on the Plomp Development Model in Mathematics Education. Asian Pendidikan, 3(2), 71–80. https://doi.org/10.53797/aspen.v3i2.9.2023Spyanawati, N. L. P., Dartini, N. P. D. S., & Semarayasa, I. K. (2022). Pengembangan Model Permainan Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Untuk Peserta Didik Kelas Satu Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 4(2). https://doi.org/https://doi.org/10.26418/jilo.v4i2.52279Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan kuantitatif. Bandung: Alfabeta.Suharti, Makki, M., & Wardani, K. S. K. (2021). engembangan Video Pembelajaran Berbasis Plotagon Mata Pelajaran IPA untuk Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 13(2), 498–504. https://doi.org/https://doi.org/10.37630/jpm.v13i2.1038Sukma, A. P., Nasution, S. P., & Anggoro, B. S. (2018). Media Pembelajaran Matematika Berbasis Edutainment Dengan Pendekatan Metaphorical Thinking Dengan Swish Max. Desimal: Jurnal Matematika, 1(1), 81. https://doi.org/https://doi.org/10.24042/djm.v1i1.2026Suryanti, S. (2021). Pengembangan Buku Ajar Matematika Dasar Berbasis Kontekstual Project Untuk Meningkatkan Keterlibatan Mahasiswa Dalam Pembelajaran. DIDAKTIKA: Jurnal Pemikiran Pendidikan, 27(2), 193–203. https://doi.org/https://doi.org/10.30587/didaktika.v27i2.2266Susanti, E. D., & Sholihah, U. (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis Flip Pdf Corporate Pada Materi Luas Dan Volume Bola. RANGE: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 37–46. https://doi.org/https://doi.org/10.32938/jpm.v3i1.1275Sutama, I. W., Astuti, W., Pramono, Ghofur, M. A., Endah, D., & Sangada, L. (2021). Pengembangan E-Modul “Bagaimana Merancang dan Melaksanakan Pembelajaran untuk Memicu HOTS Anak Usia Dini melalui Open Ended Play” Berbasis Ncesoft Flip Book Maker. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 7(1), 91–101. https://doi.org/https://doi.org/10.29062/seling.v7i1.736Syahriadi. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Statistik dengan Materi Persebaran Data/Amatan Data Bergolong untuk Mahasiswa Pendidikan Olahraga. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 1752–1766. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2173Wahyudi. (2019). Pengembangan E-Modul dalam Pembelajaran Matematika SMA Berbasis Android. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 1. https://doi.org/https://doi.org/10.30656/gauss.v2i2.1739Wasiran, Y., & Andinasari, A. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Penalaran Adaptif Matematika Melalui Paket Instruksional Berbasis Creative Problem Solving. JNPM: Jurnal Nasional Pendidikan Matematika, 3(2), 51. https://doi.org/https://doi.org/10.33603/jnpm.v3i1.1466Wibawa, R. (2021). Pengembangan Multimedia Berbasis Booklet Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VI Sekolah Dasar. Journal Scientific Of Mandalika, 2(7), 299–304. https://doi.org/https://doi.org/10.36312/10.36312/vol2iss7pp299-304Widana, I. W., Sopandi, A. T., & Suwardika, G. (2021). Development of an authentic assessment model in mathematics learning: A science, technology, engineering, and mathematics (STEM) approach. Indonesian Research Journal in Education, 5(1), 192–209.

PELITA, Volume23, Issue 2, 2022pp. 30-4716PELITA,P-ISSN: 1907-5693 E-ISSN: 2684-8856https://doi.org/https://doi.org/10.22437/irje.v5i1.12992Widarni, T. K., & Irvan, S. (2019). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Permainan Kartu Kuartet Dan Teka-Teki Silang Pada Mata Pelajaran IPA Untuk Siswa. Journal Ilmiah Rinjani, 7(2), 67–74.Widiastutik, T. (2021). Pengembangan E-Modul Bahasa Indonesia Kelas Xii Dengan Flip Pdf Profesional Sebagai Alternatif Pembelajaraan Di Tengah Pandemi Covid 19. Inovasi-Jurnal Diklat Keagamaan, 15(1), 35–41. https://doi.org/https://doi.org/10.52048/inovasi.v15i1.211Wulandari, R. R., Degeng, N. S., & Sitompul, N. C. (2022). Development of Instagram-Based Teaching Materials For Personal Social Guidance Services For Students Of Krian State Junior High School I. Jurnal Mantik: Manajemen, Teknologi Informatika Dan Komunikasi, 6(3), 2821–2830. https://www.ejournal.iocscience.org/index.php/mantik/article/view/2947Yunianto, T., Negara, H. S., & Suherman, S. (2019). Flip builder: Pengembangannya pada media pembelajaran matematika. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 6(2), 115–127. https://doi.org/https://doi.org/10.24042/terampil.v6i2.5056Yuniarti, V. F. M., Anriani, N., Anriani, N., Anwar, H. F., & Santosa, C. (2020). Pengembangan E-modul Berbasis Smartphone Pada Materi Integral Tak Tentu Berorientasi Keterampilan Abad Ke-21. JARTIKA: Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan, 3(2), 222–233. https://doi.org/https://doi.org/10.36765/jartika.v3i2.253Zahara, E., Murni, A., & Hutapea, N. M. (2020). Development of Mathematics Learning Tools by Implementing Numbered Head Together Type Cooperative Models to Improve Students’ Mathematical Understanding Ability in Matrix Topic. Journal of Educational Sciences, 4(2), 250–260. https://doi.org/https://doi.org/10.31258/jes.4.2.p.250-260

Published

2023-12-19

How to Cite

Hadi Siswanto, D. ., Suparman, S., Samsinar, S., & Rahayu Alam, S. . (2023). BIBLIOMETRIC STUDY TO IDENTIFY NOVELTY IN THE BORG AND GALL DEVELOPMENT MODEL. Pelita : Jurnal Penelitian Dan Karya Ilmiah, 23(2), 27–45. https://doi.org/10.33592/pelita.v23i2.4737