ANALYSIS OF THE NEED FOR FLIP WORKSHEETS MATRIX PBL MODELS TO STIMULATE CRITICAL THINKING ABILITIES

Authors

  • Deny Hadi Siswanto Ahmad Dahlan University
  • Andriyani Andriyani Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.33592/pelita.v24i1.4781

Keywords:

Flipbook, Worksheets, PBL, Critical Thinking

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kebutuhan bantuan media pembelajaran pada pendidikan daring yang fokus pada materi matriks. Subjek penelitian berjumlah 30 orang siswa kelas XI SMK Dirgantara Putra Bangsa. Metodologi yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan model Miles dan Huberman. Instrumen penelitiannya adalah angket analisis kebutuhan siswa dan wawancara dengan guru matematika di sekolah. Temuan penelitian adalah: (1) rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa; (2) kesempatan siswa untuk mengemukakan gagasan, berinteraksi, berdiskusi dan berpartisipasi dalam proses pembelajaran dibatasi oleh metode pengajaran guru konvensional; (3) sering terjadi kesalahan pada materi matriks; (4) LKS dipilih sebagian besar siswa sebagai bahan ajar; (5) sebagian besar siswa memiliki smartphone pribadi yang hanya digunakan untuk berkomunikasi. Penelitian menyimpulkan perlunya membalik LKS ala PBL untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa .

References

Angriani, A. D., Kusumayanti, A., & Yuliany, N. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Digital Book pada Materi Aljabar. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(2), 13–30. https://doi.org/10.33387/dpi.v9i2.2244Ariyanto, S. R., Lestari, I. W. P., Hasanah, S. U., Rahmah, L., & Purwanto, D. V. (2020). Problem Based Learning dan Argumentation sebagai Solusi dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMK. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(2), 197. https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2522Astuti. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Kelas VII SMP/MTs Mata Pelajaran Matematika. Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 8(1), 16–21. https://doi.org/10.47662/pedagogi.v8i1.239Astuti, H., & Sahono, B. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Project Citizen Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Prestasi Belajar. Diadik: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 12(1), 138–149. https://doi.org/10.33369/diadik.v12i1.21371Aswanti, N. H., & Isnaeni, W. (2023). Analysis of critical thinking skills, cognitive learning outcomes, and student activities in learning the human excretory system using an interactive flipbook. Research and Evaluation in Education, 9(1), 37–48. https://doi.org/10.21831/reid.v9i1.53126Ayunda, S. N., Lufri, L., & Alberida, H. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan LKPD terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Journal on Education, 5(2), 5000–5015. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1232Çelik, H. C., & Özdemir, F. (2020). Mathematical Thinking as a Predictor of Critical Thinking Dispositions of Pre-service Mathematics Teachers. International Journal of Progressive Education, 16(4), 81–98. https://doi.org/10.29329/ijpe.2020.268.6Dewi, D. T. (2021). Penerapan Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. ACTION : Jurnal Inovasi Penelitian Tindakan Kelas Dan Sekolah, 1(2), 149–157. https://doi.org/10.51878/action.v1i2.637Dewi, N. P. D. M., & Agustika, G. N. S. (2022). E-LKPD Interaktif berbasis Etnomatematika Jejahitan Bali pada Materi Bangun Datar Kelas IV SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 10(1), 94–104. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i1.45350Gaspersz, M., & Salamor, R. (2021). Pembelajaran Grup Investigasi Berbantuan Spss Pada Mata Kuliah Statistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Self Concept Matematis Mahasiswa Fkip. Jurnal Magister Pendidikan Matematika (JUMADIKA), 3(1), 26–34. https://doi.org/10.30598/jumadikavol3iss1year2021page26-34Hidayati, N. A., & Darmuki, A. (2022). Penggunaan E-LKPD Berbasis Pembelajaran STAD untuk Meningkatkan Kemampuan Hasil Belajar Menulis. Media Penelitian Pendidikan: Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Dan Pengajaran, 16(1), 39–48.

PELITA, Volume 24, Issue1, 2024pp. 1-97First Author/ Title Manuscripthttp://journal.upgris.ac.id/index.php/mediapenelitianpendidikan/article/view/12078Junaedi, Y., Wahyudin, & Juandi, D. (2021). Mathematical creative thinking ability of junior high school students’ on polyhedron. Journal of Physics: Conference Series, 1806(1), 36–45. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1806/1/012069Karim, A. W., & Bito, N. (2023). Analisis Kesulitan Pemahaman Konsep Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Himpunan Di SMP Negeri 2 Bolangitang Timur. 3, 7066–7078.Khairani, B. P., & Kartini, K. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Kelas XI SMA Pada Materi Matriks. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(3), 505–514. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i3.981Kharisma, E. N. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMK Pada Materi Barisan dan Deret. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 3(1), 62–75. https://doi.org/10.15642/jrpm.2018.3.1.62-75Khishaaluhussaniyyati, M., Faiziyah, N., & Sari, C. K. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas 10 SMK dalam Menyelesaikan Soal HOTS Materi Barisan dan Deret Aritmetika Ditinjau dari Self Regulated Learning. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 905–923. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.2170Kurniawan, R., Silalahi, L. B., Limbong, C., & Tambunan, H. (2021). Analisis Literasi , Komunikasi Dan Penalaran Matematika Terhadap Hasil Belajar Siswa Selama Pembelajaran E-Learning Pada Materi Matriks Kelas XI SMA di Sumatera Utara. Jurnal Pendidikan Matematika (JUDIKA EDUCATION), 4(1), 56–70. https://doi.org/10.31539/judika.v4i1.2312Maharani, F., Arjudin, A., Novitasari, D., & Subarinah, S. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Problem-Based Learning Berorientasi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMK. Media Pendidikan Matematika, 11(1), 19. https://doi.org/10.33394/mpm.v11i1.8288Manurung, M. L., Harahap, N. P., Nasution, M. F., Sipayung, M. K., & Naibaho, M. C. A. (2023). Peran Komunikasi dan Kolaborasi Matematika dalam Mengembangkan Keterampilan Abad 21 the Role of Mathematics Communication and Collaboration in Developing 21. 1(4), 1–5.Noer, S. H., & Gunowibowo, P. (2018). Efektivitas Problem Based Learning Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kritis dan Representasi Matematis. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 11(2). https://doi.org/10.30870/jppm.v11i2.3751Nurhasanah, D. S., & Luritawaty, I. P. (2021). Model Pembelajaran REACT terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 71–82. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i1.1027Pebriyani, E. P., & Pahlevi, T. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Kearsipan Kelas X OTKP Di SMK Negeri 1 Sooko Mojokerto. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(1), 47–55. https://doi.org/10.26740/jpap.v8n1.p47-55Prabandari, L., Fuadi, D., Sumardi, S., Minsih, M., & Prastiwi, Y. (2022). Analisis Kebutuhan Pengembangan LKPD IPA Berbasis Eksperimen Sains untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 10(4), 694–704. https://doi.org/10.24815/jpsi.v10i4.26108Prajono, R., Gunarti, D. Y., & Anggo, M. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Peserta Didik SMP Ditinjau dari Self Efficacy. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 143–154. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i1.1072Pramestika, N. P. D., Wulandari, I. G. A. A., & Sujana, I. W. (2020). Enhancement of Mathematics Critical Thinking Skills through Problem Based Learning Assisted with Concrete Media. Journal Of Education Technology, 4(3), 254–263.Putri, A., Sumardani, D., Rahayu, W., & Hajizah, M. N. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Menggunakan Model Generative Learning Dan Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (Core). AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1), 108. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i1.2617Putri, H. A., & Siswanto, D. H. (2024). Teaching at The Right Level (TaRL) as an Implementation of New Education Concepts in the Insights of Ki Hajar Dewantara. Indonesian Journal of Educational Science and Technology (Nurture), 3(2), 89–100. https://doi.org/https://doi.org/10.55927/nurture.v3i2.9297Saputri, R., Nurlela, N., & Patras, Y. E. (2020). Pengaruh Berpikir Kritis terhadap Hasil Belajar Matematika. JPPGuseda | Jurnal Pendidikan & Pengajaran Guru Sekolah Dasar, 3(1), 38–41. https://doi.org/10.33751/jppguseda.v3i1.2013Siswanto, D. H., Alghiffari, E. K., & Setiawan, A. (2024). Analysis of Electronic Student Worksheets Matrix Requirements Using a PBL Flipbook Model to Stimulate Critical Thinking Skills. Asian Journal of Assessment in Teaching and Learning, 14(1), 36–44.

PELITA, Volume24, Issue 1, 2024pp. 1-98PELITA,P-ISSN: 1907-5693 E-ISSN: 2684-8856https://doi.org/https://doi.org/10.37134/ajatel.vol14.1.4.2024Siswanto, D. H., Maretha, D. G. A., Alghiffari, E. K., & Mahmudah, K. R. (2024). Design and Testing of Scientific-based SPLDV Flip Worksheets. Indonesian Journal of Educational Science and Technology, 3(2), 75–88. https://doi.org/10.55927/nurture.v3i2.9312Siswanto, D. H., & Peni, N. R. N. (2023). Publication Trend on the Plomp Development Model in Mathematics Education. Asian Pendidikan, 3(2), 71–80. https://doi.org/10.53797/aspen.v3i2.9.2023Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.Tandon, R. (2020). Education 4 . 0 : A New Paradigm in Transforming the Future of Education in India. IJISET -International Journal of Innovative Science, Engineering & Technology, 7(2), 32–54. http://ijiset.com/vol7/v7s2/IJISET_V7_I2_04.pdfUtami, W. T., & Yuwaningsih, D. A. (2020). Analisis Kebutuhan Pengembangan E-Modul pada Pokok Bahasan Turunan Menggunakan Kvisoft Flipbook Maker Pro untuk Siswa SMA Kelas XI. Konferensi Ilmiah Pendidikan, 1(1), 157–160.Widyastuti, R. T., & Airlanda, G. S. (2021). Efektivitas Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 6349_6356

Published

2024-06-21

How to Cite

Hadi Siswanto, D. ., & Andriyani, A. (2024). ANALYSIS OF THE NEED FOR FLIP WORKSHEETS MATRIX PBL MODELS TO STIMULATE CRITICAL THINKING ABILITIES. Pelita : Jurnal Penelitian Dan Karya Ilmiah, 24(1), 91–99. https://doi.org/10.33592/pelita.v24i1.4781