Analysis of the Need for Flip Worksheets Matrix PBL Models to Stimulate Critical Thinking Abilities

Authors

  • Deny Hadi Siswanto Ahmad Dahlan University
  • Andriyani Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.33592/pelita.v24i1.4781

Keywords:

Flipbook, Worksheets, Matrix, PBL, Critical Thinking

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kebutuhan bantuan media pembelajaran pada pendidikan daring yang fokus pada materi matriks. Subjek penelitian berjumlah 30 orang siswa kelas XI SMK Dirgantara Putra Bangsa. Metodologi yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan model Miles dan Huberman. Instrumen penelitiannya adalah angket analisis kebutuhan siswa dan wawancara dengan guru matematika di sekolah. Temuan penelitian adalah: (1) rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa; (2) kesempatan siswa untuk mengemukakan gagasan, berinteraksi, berdiskusi dan berpartisipasi dalam proses pembelajaran dibatasi oleh metode pengajaran guru konvensional; (3) sering terjadi kesalahan pada materi matriks; (4) LKS dipilih sebagian besar siswa sebagai bahan ajar; (5) sebagian besar siswa memiliki smartphone pribadi yang hanya digunakan untuk berkomunikasi. Penelitian menyimpulkan perlunya membalik LKS ala PBL untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa .

Published

2024-08-22

How to Cite

Siswanto, D. H., & Andriyani. (2024). Analysis of the Need for Flip Worksheets Matrix PBL Models to Stimulate Critical Thinking Abilities. Pelita : Jurnal Penelitian Dan Karya Ilmiah, 24(1), 91–99. https://doi.org/10.33592/pelita.v24i1.4781