IMPLEMENTASI HAK ANAK MELALUI SEKOLAH RAMAH ANAK DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.33592/pelita.v23i2.4872Abstract
Penelitian ini penting dilakukan karena bertujuan mendeskripsikan implementasi hak anak melalui sekolah ramah anak di Sekolah Dasar dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat implementasi hak anak melalui sekolah ramah anak di Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dikumentasi. Subjek yaitu kepala sekolah, guru penanggung jawab SRA, dan peserta didik. Objek penelitian yaitu implementasi hak anak melalui sekolah ramah anak di Sekolah Dasar. Uji keabsahan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpilan. Hasil penelitian menunjukan implementasi hak anak melalui sekolah ramah anak dilaksanakan dengan 5 tahapan sekolah ramah anak yaitu tahapan persiapan, tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pemantauan, tahap evaluasi dilakukan 3 bulan sekali saat tengah semester. Faktor pendukungnya adalah kualitas sekolah, motivasi dan semangat dan rasa tanggung jawab. Sedangkan faktor penghambatnya adalah kurangnya lahan dan pendanaan, kurangnya tim ahli ramah anak dan kurangnya sosialisasi dan pelatihan tentang sekolah ramah anak.
References
Arwildayanto, K. A. (2020). Implementasi Program Sekolah Ramah Anak Pada
Sekolah Menengah Atas. Jurnal Administrasi Pendidikan, 27(1), 170–183.
https://doi.org/10.17509/jap.v27i1.24408
Aryanti, T., Supriyono, & Ishaq M. (2015). Evaluasi Program Pendidikan Dan
Pelatihan Program Pasca Sarjana. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian …, 10(5), 1–
http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/13674
Harahap, A. (2019). Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Januari 2022. Pendidkan, 1–
Hendriana, E. C., & Wardani, A. (2020). Partisipasi Anak- Anak Dalam Pengurangan
Resiko Bencana. Journal of Educational Review and Research, 3(2), 122.
https://doi.org/10.26737/jerr.v3i2.2170
Hidayah, U. (2021). Makna Ibu Sebagai Madrasah Pertama Dalam Pendidikan
Keluarga Perspektif Studi Gender. Egalita, 16(2), 31–46.
https://doi.org/10.18860/egalita.v16i2.12968
Jamilah, J. (2020). Kesiapan Orang Tua Dalam Pengelolaan Pendidikan Anak Usia
Dini. Autentik : Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 3(2), 86–96.
https://doi.org/10.36379/autentik.v3i2.37
Kiranantika, A., Natalia, R., & Kumala, M. R. (2018). Sosialisasi 3-Ends Pada Anak Dan
Remaja Sebagai Upaya Pemenuhan Hak Di Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten
Banyuwangi. Jurnal Praksis Dan Dedikasi Sosial, 1(1), 1.
https://doi.org/10.17977/um032v0i0p1-9
Kurnia Hidayat, A. (2020). Peran Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) Sebagai Proses
Prilaku Hidup Bersih Dan Sehat Peserta Didik. Jurnal Patriot, 2(2), 627–639.
Manurung, R., Harahap, E., Tahrun, T., & Suharyadi, A. (2020). Manajemen Sarana
Prasarana di Sekolah Dasar Negeri 1 Kota Prabumulih. Jurnal Manajemen
Pendidikan: Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen Dan Kepemimpinan Pendidikan,
(2), 168–177. https://doi.org/10.21831/jump.v2i2.33747
Niswati, S. (2020). Pendidikan dasar. Profesi Pendidikan Dasar, 7(1), 1–14.
Putri, A., & Akmal, A. (2019). Sekolah Ramah Anak: Tantangan dan Implikasinya
Terhadap Pemenuhan Hak Anak. Journal of Civic Education, 2(4), 228–235.
https://doi.org/10.24036/jce.v2i4.190
Rangkuti, S., & Maksum, I. R. (2019). Analisis Implementasi Kebijakan Sekolah Ramah
Anak Di Smp Negeri 6 Depok. Natapraja, 7(2), 231–244.
https://doi.org/10.21831/jnp.v7i2.24757
Susanti, M. H., Rachman, M., & Ananda, A. (2021). Implementasi Sekolah Ramah Anak
di SD Ummul Quro Kota Semarang. Integralistik, 33(1), 52–60.
https://doi.org/10.15294/integralistik.v33i1.26880
Wuryandani, W., & Senen, A. (2018). Implementasi pemenuhan hak anak melalui
sekolah ramah anak Informasi artikel ABSTRAK Sejarah artikel: Diterima Revisi
Dipublikasikan. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 15(1), 86–94.
https://journal.uny.ac.id/index.php/civics/index
Yosada, K. R., & Kurniati, A. (2019). Menciptakan Sekolah Ramah Anak. JURNAL
PENDIDIKAN DASAR PERKHASA: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 5(2), 145–
https://doi.org/10.31932/jpdp.v5i2.480
Yuliani, N. (2019). Fenomena Kasus Bullying Di Sekolah. Research Gate
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 anif istianah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Pelita : Jurnal Penelitian dan Karya Ilmiah this site and metadata is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License