IMPLEMENTASI HAK ANAK MELALUI SEKOLAH RAMAH ANAK DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • anif istianah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Lisa Retnasari Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.33592/pelita.v23i2.4872

Abstract

Penelitian ini penting dilakukan karena bertujuan mendeskripsikan implementasi hak anak melalui sekolah ramah anak di Sekolah Dasar dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat implementasi hak anak melalui sekolah ramah anak di Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dikumentasi. Subjek yaitu kepala sekolah, guru penanggung jawab SRA, dan peserta didik. Objek penelitian yaitu implementasi hak anak melalui sekolah ramah anak di Sekolah Dasar. Uji keabsahan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpilan. Hasil penelitian menunjukan implementasi hak anak melalui sekolah ramah anak dilaksanakan dengan 5 tahapan sekolah ramah anak yaitu tahapan persiapan, tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pemantauan, tahap evaluasi dilakukan 3 bulan sekali saat tengah semester. Faktor pendukungnya adalah kualitas sekolah, motivasi dan semangat dan rasa tanggung jawab. Sedangkan faktor penghambatnya adalah kurangnya lahan dan pendanaan, kurangnya tim ahli ramah anak dan kurangnya sosialisasi dan pelatihan tentang sekolah ramah anak.

References

Arwildayanto, K. A. (2020). Implementasi Program Sekolah Ramah Anak Pada

Sekolah Menengah Atas. Jurnal Administrasi Pendidikan, 27(1), 170–183.

https://doi.org/10.17509/jap.v27i1.24408

Aryanti, T., Supriyono, & Ishaq M. (2015). Evaluasi Program Pendidikan Dan

Pelatihan Program Pasca Sarjana. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian …, 10(5), 1–

http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/13674

Harahap, A. (2019). Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Januari 2022. Pendidkan, 1–

Hendriana, E. C., & Wardani, A. (2020). Partisipasi Anak- Anak Dalam Pengurangan

Resiko Bencana. Journal of Educational Review and Research, 3(2), 122.

https://doi.org/10.26737/jerr.v3i2.2170

Hidayah, U. (2021). Makna Ibu Sebagai Madrasah Pertama Dalam Pendidikan

Keluarga Perspektif Studi Gender. Egalita, 16(2), 31–46.

https://doi.org/10.18860/egalita.v16i2.12968

Jamilah, J. (2020). Kesiapan Orang Tua Dalam Pengelolaan Pendidikan Anak Usia

Dini. Autentik : Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 3(2), 86–96.

https://doi.org/10.36379/autentik.v3i2.37

Kiranantika, A., Natalia, R., & Kumala, M. R. (2018). Sosialisasi 3-Ends Pada Anak Dan

Remaja Sebagai Upaya Pemenuhan Hak Di Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten

Banyuwangi. Jurnal Praksis Dan Dedikasi Sosial, 1(1), 1.

https://doi.org/10.17977/um032v0i0p1-9

Kurnia Hidayat, A. (2020). Peran Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) Sebagai Proses

Prilaku Hidup Bersih Dan Sehat Peserta Didik. Jurnal Patriot, 2(2), 627–639.

Manurung, R., Harahap, E., Tahrun, T., & Suharyadi, A. (2020). Manajemen Sarana

Prasarana di Sekolah Dasar Negeri 1 Kota Prabumulih. Jurnal Manajemen

Pendidikan: Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen Dan Kepemimpinan Pendidikan,

(2), 168–177. https://doi.org/10.21831/jump.v2i2.33747

Niswati, S. (2020). Pendidikan dasar. Profesi Pendidikan Dasar, 7(1), 1–14.

Putri, A., & Akmal, A. (2019). Sekolah Ramah Anak: Tantangan dan Implikasinya

Terhadap Pemenuhan Hak Anak. Journal of Civic Education, 2(4), 228–235.

https://doi.org/10.24036/jce.v2i4.190

Rangkuti, S., & Maksum, I. R. (2019). Analisis Implementasi Kebijakan Sekolah Ramah

Anak Di Smp Negeri 6 Depok. Natapraja, 7(2), 231–244.

https://doi.org/10.21831/jnp.v7i2.24757

Susanti, M. H., Rachman, M., & Ananda, A. (2021). Implementasi Sekolah Ramah Anak

di SD Ummul Quro Kota Semarang. Integralistik, 33(1), 52–60.

https://doi.org/10.15294/integralistik.v33i1.26880

Wuryandani, W., & Senen, A. (2018). Implementasi pemenuhan hak anak melalui

sekolah ramah anak Informasi artikel ABSTRAK Sejarah artikel: Diterima Revisi

Dipublikasikan. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 15(1), 86–94.

https://journal.uny.ac.id/index.php/civics/index

Yosada, K. R., & Kurniati, A. (2019). Menciptakan Sekolah Ramah Anak. JURNAL

PENDIDIKAN DASAR PERKHASA: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 5(2), 145–

https://doi.org/10.31932/jpdp.v5i2.480

Yuliani, N. (2019). Fenomena Kasus Bullying Di Sekolah. Research Gate

Published

2024-08-19

How to Cite

istianah, anif, & Retnasari, L. (2024). IMPLEMENTASI HAK ANAK MELALUI SEKOLAH RAMAH ANAK DI SEKOLAH DASAR. Pelita : Jurnal Penelitian Dan Karya Ilmiah, 23(2), 1–9. https://doi.org/10.33592/pelita.v23i2.4872