PENGARUH KEPUASAN NASABAH DAN CITRA PERUSAHAAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN (STUDI KASUS PADA PT BPR ARTHAGUNA MANDIRI CABANG GARUT)

Authors

  • Jajang Sugiat STIE Yasa Anggana, Garut

DOI:

https://doi.org/10.33592/perspektif.v1i1.76

Abstract

Dalam rangka meningkatkan loyalitas dari para nasabahnya, PT BPR Arthaguna Mandiri Cabang Garut terus berusaha untuk melakukan berbagai cara dalam memuaskan nasabahnya. Kepuasan Nasabah dan Citra Perusahaan merupakan faktor yang mampu meningkatkan Loyalitas Nasabah. Dengan Kepuasan Nasabah dan Citra Perusahaan yang baik maka loyalias nasabah akan dapat meningkat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Kepuasan Nasabah dan Citra Perusahaan terhadap Loyalitas Pelanggan pada PT BPR Arthaguna Mandiri Cabang Garut. Untuk dapat membuktikan Pengaruh Kepuasan Nasabah dan Citra Perusahaan terhadap Loyalitas Pelanggan pada  PT BPR Arthaguna Mandiri Cabang Garut, penulis melakukan pengumpulan data melalui pembuatan instrumen berupa kuesioner, dalam kuesioner diberikan pernyataan yang didalamnya berisikan indikator dari variabel X1 (Kepuasan Nasabah) dan Citra Perusahaan (X2) sebagai variabel bebas (Independen) dan variable Y (Loyalitas Pelanggan) sebagai variable terikat (Dependen). Selanjutnya kuesioner disebarkan kepada 99 orang responden yang merupakan pegawai PT BPR Arthaguna Mandiri Cabang Garut. Instrument yang dibuat melalui pengujian validitas dan reliabilitas dan hasilnya valid karena tiap item menghasil nilai r berkisar lebih dari 0,30 dan reliabel karena tiap intrumen menghasilkan nilai berkisar lebih dari 0,60 sehingga dapat digunakan untuk pengukuran dalam rangka pengumpulan data.  Dalam menganalisis data, penulis digunakan teknik statistik korelasi rank spearman sebagai tekhnik korelasi dan uji determinasi sederhana dan Uji korelasi dan determinasi ganda, Uji Hipotesis. Berdasarkan hasil perhitungan korelasi, dapat disimpulkan bahwa Pengaruh Kepuasan Nasabah terhadap Loyalitas Pelanggan pada  PT BPR Arthaguna Mandiri Cabang Garut adalah sebesar 0,720 berarti menunjukan adanya hubungan yang searah (positif) dan kuat, dengan besarnya kontribusi 51,8%. Nilai pengujian Signifikansi (Uji T) didapat thitung 10,211 > ttabel 1,66 maka H0 ditolak dan Ha di diterima artinya  terdapat pengaruh positif Kepuasan Nasabah terhadap Loyalitas pelanggan pada  PT BPR Arthaguna Mandiri Cabang Garut. Pengaruh Citra Perusahaan terhadap Loyalitas Pelanggan pada  PT BPR Arthaguna Mandiri Cabang Garut adalah sebesar 0,706 berarti menunjukan adanya hubungan yang searah (positif) dan kuat, dengan besarnya kontribusi 49,9%. Nilai pengujian Signifikansi (Uji T) didapat thitung 9,826 > ttabel 1,66 maka H0 ditolak dan Ha di diterima artinya  terdapat pengaruh positif Citra Perusahaan terhadap Loyalitas pelanggan pada  PT BPR. Pengaruh Kepuasan Nasabah dan Citra Perusahaan terhadap Loyalitas Pelanggan pada  PT BPR Arthaguna Mandiri Cabang Garut adalah sebesar 0,753 berarti menunjukan adanya hubungan yang searah (positif) dan kuat, dengan besarnya kontribusi 56,7%.sisanya sebesar 43,3% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kesimpulanya bahwa terdapat Pengaruh yang searah (positif) dan kuat Kepuasan Nasabah dan Citra Perusahaan terhadap Loyalitas Pelanggan pada  PT BPR Arthaguna Mandiri Cabang Garut.

References

Arikunto. (2003). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. Edisi Kesembilan. Jakarta: Rineka Cipta.

Achnad, B., dan Saladin, D. (2008). Dasar-dasar pemasaran bank. Linda karya.

Alam, Buchari. (2009:375). Citra, Manajemen pemasaran dan pemasaran jasa, Alfabeta.

Bank Indonesia. (2001). Prinsip Mengenal Nasabah (KYC), Jakarta, Dasar-dasar pemasaran bank. Linda karya.

Griffin, J, (2002), Costomer Loyalty, How to rarn it, how to keep it, jossey bass, Manajemen pemasaran dan pemasaran jasa, Alfabeta.

Griffin, J. (2005), Customer Loyality, Dasar-dasar pemasaran bank. Linda karya.

Hermawan kartajaya. (2002), mark plus on strategy, PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Kotler, Philip. (2000), (2000:440), Marketing Management, prentice hall inc. Manajemen pemasaran dan pemasaran jasa, Alfabeta.

Kotler, Hayes, Thomas, Bloom paul w. (2002), Marketing Professional sevices, prentice hall press, Manajemen pemasaran dan pemasaran jasa, Alfabeta.

Kotler, Philip., dan K.L Keller. (2009). Manajemen Pemasaran. Penerjemah Bob Sabana Jakarta: Erlangga.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Cetakan Tujuh belas, Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, (2014).Metode Penelitian Administrasi. Cetakan Dua puluh dua. Bandung: Alfabeta.

Shirley Harrison. (1995: 71) dalamiman (2007), Manajemen pemasaran dan pemasaranjasa, Alfabeta.

Tjiptono, Fandy. (2011). Strategi Pemasaran. Edisi Kedua. Yogyakarta: PenerbitAndi Offset.

Tjiptono, Fandy. (2011). Service, Quality & Satisfaction Edisi Ketiga. Yogyakarta: Penerbit Andi Offset.

Umar, H. (2007). Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Wheiler. (1987). (Thakr dan kumar 2000), Kottler (1997) dalam sihombing, (2003: 4) Kepuasan Pelanggan. Manajemen pemasaran dan pemasaran jasa, Alfabeta.

Downloads

Published

2019-05-02

Issue

Section

Articles