JARINGAN BISNIS BESI TUA DALAM PERSEKTIF KOMUNIAKI BISNIS ETNIK MADURA DI JAKARTA

Authors

  • achmad haris universitas islam syeikh yusuf
  • Mochammad Mirza

DOI:

https://doi.org/10.35592/dk.v9i2.2102

Abstract

Kajian dalam penelitian ini tentang Jaringan Bisnis Scrap Metal Dalam
Perspektif Komunikasi Bisnis Etnis Madura Di Jakarta. Permasalahan
yang diangkat dalam penelitian ini adalah : (1) Realitas pengusaha
Madura di Jakarta.. (2). Pola komunikasi bisnis pengusaha Madura
dalam membangun jaringan bisnis di Jakarta. Pendekatan penelitian ini
menggunakan metode studi kasus, karena dalam studi kasus terdapat
beberapa kelebihan , 1 . Studi kasus dapat menyajikan pandangan
tentang subjek yang diteliti 2 . Studi kasus menyajikan gambaran yang
komprehensif serupa dengan apa yang dialami pembaca dalam
kehidupan sehari-hari. 3 . Studi kasus merupakan sarana yang efektif
untuk menunjukkan hubungan antara peneliti dan responden. 4 . Studi
kasus dapat memberikan deskripsi mendalam yang diperlukan untuk
penilaian atau transferabilitas
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa realitas pengusaha Madura di
Jkarat hampir berasal dari seluruh daerah di Madura, Pamekasan,
Sumnenep, Sampang, dan Bangkalan. Jenis usaha Madura yang
tinggal di Jakarta pun beragam antara lain usaha menjual barang bekas
dan sampah. Dalam menjalankan usahanya para pengusaha Madura
bekerjasama dengan berbagai pemangku kepentingan seperti pemasok
limbah pabrik, pemulung dan juga pemilik komoditas untuk dijual
berupa peralatan kantor bekas, rumah atau kantor untuk dibongkar
guna keperluan lain dan komoditas lainnya. Dari hasil kerja lapangan
ini juga ditemukan fakta bahwa Pola Komunikasi Bisnis Masyarakat
Madura di Jakarta terjalin dengan tradisi dan budaya Madura dengan
tetap menjaga soalaisasi Madura dalam kesehariannya, mereka
menggunakan bahasa Madura untuk saling berkomunikasi dan
menggunakan bahasa Madura. Dukungan bahasa Indonesia selain
untuk berkomunikasi dengan oranga Madura. Pengusaha besi tua
Madura di Jakarta juga memperkenalkan sistem kekeluargaan dalam
menjalankan hubungan dengan bawahan di perusahaan. Proses
Komunikasi Bisnis Madura di Masyarakat Jakarta Proses meiputi
mendengarkan, bertanya, menceritakan, memahami, yang terjadi baik
formal maupun informal. Selain itu, pengusaha besi tua di Jakarta
Madura sangat memperhatikan simbol-simbol sosial yang berlaku di
Jakarta.

Downloads

Published

2021-12-25