KONVERGENSI MEDIA INDUSTRI TELEVISI INDONESIA PADA PROGRAM ACARA INDONESIAN IDOL X

Authors

  • Miftahul Adib
  • Togi Prima Hasiholan
  • Meylda Adheista
  • Muhammad Iqbal

DOI:

https://doi.org/10.33592/dk.v8i1.551

Abstract

ABSTRAK

Indonesia saat ini sedang  menikmati perkembangan teknologi komunikasi yang semakin cepat. Internet yang identik dengan teknologi komunikasi, di Indonesia sendiri penggunaanya sangatlah masif dan hal ini berefek pada perubahan budaya dalam bermedia. Industri Televisi mengalami dampak ini, dan tentunya akan sangat riskan bila tidak melakukan konvergensi media dalam perjalanan bisnis ini di era digital.RCTI sebagai stasiun televisi swasta pertama di Indonesia mengaplikasikan Konvergensi Media dalam menjaga eksistensi di dunia Industri televisi tannah air.Program acara Indonesian Idol X yang menjadi program acara unggulan RCTI setiap penayanganya menjadi salah satu program acara yang diterapkan konvergensi media pada proses produksi, distribusi konten, hingga promosi program sehingga pemirsa mampu menikmati tayangan Indonesian Idol X dengan fleksibel.

Kata Kunci : konvergensi,industri televisi, RCTI, Indonesian Idol X, program acara

Author Biography

Miftahul Adib

Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Budi Luhur

References

Allan, S. (2010). Media Convergence: In Cultural and Media Studies. October. New York, USA: Mc Graw.

Andini, F. (2014). Perubahan Gaya Menonton TV pada Generasi Muda di Era Konvergensi Media. Universitas Indonesia

Baran, S. J. & Davis, D. K. (2010). Teori komunikasi massa. Dasar, pergolakan dan masa depan. Terjemahan Afrianto Daud. Jakarta: Salemba Humanika

Dwyer, T. (2010). Media Convergence: Issues in Cultural and Media Studies, London: McGraw Hill & Open University Press (6)

Epkamarsa, Hutama. (2014). Perkembangan Konvergensi Media di Indonesia.Universitas Indonesia

Jenkins, H. (2006). Convergence Culture : Where Old and New Media Collide. New York, USA: New York University Press.

Littlejohn, S. W. (2009). Teori komunikasi, theories of human communication, edisi 9. Terjemahan Mohammad Yusuf Hamdan. Jakarta: Salemba Humanika

McQuail, D. (2011). Teori komunikasi massa, Edisi 6. Terjemahan Putri Iva Izzati. Jakarta: Salemba Humanika

Arif Billah, Syamsul. (2019). Kesiapan Indosiar dalam Menghadapi era Multiplatform & Konvergensi Media. JIKA, Vol.2, No.2, Juli- Desember 2019.ISSN 2620-311. E-ISSN 977268539500904

Praop, Wahyudi Marhaen., & Kusajibrata, Nasrullaah. (2018). Konvergensi di Ruang Redaksi Pada Kelompok Media Tempo. Jurnal Studi Komunikasi. ISSN:2549-7294,2549-7626 (Online)

Halim, Sahril., Sujoko, Anang., Antoni. (2018). Penerapan Konvergensi dan Divergensi TV9 Lombok di Era Disrupsi.Komunika:Jurnal Dakwah dan Komunikasi Vol.12, No.2, Juli- Desember 2018. ISSN: 1978-1261(print), 2548-9496 (online)

Kencana, Woro Harkandi. (2014).Konvergensi Media (Analisis Institusional Komunikasi Bisnis Pada Transmedia Group). GELANGGANG Vol. 1 No. 1, Januari 2014.

Hidayat, Rizki. (2015). Analisis Manajemen Penyiaran di Era Teknologi Informasi (Konvergensi Media). Jurnal Konvergensi Volume 01 No.01 Januari 2015

Edi Irawan, Rahmat. (2014). Aplikasi Citizen Journalism di Era Konvergensi Media.HUMANIORA Vol.5 No.2 Oktober 2014:816-821

Downloads

Published

2020-04-30