ANALISIS SEMIOTIK MEME ANIES BASWEDAN BANJIR JAKARTA

Authors

  • Ali Imron Hamid

DOI:

https://doi.org/10.33592/dk.v8i1.554

Abstract

Maraknya penggunaan media sosial di Indonesia, membuat para penggunanya bebas memproduksi berbagai pesan komunikasi berdasarkan fenomena yang ada. Konsekuensi ini lantas menghadirkan kreativitas warganet dalam memproduksi meme berupa  gambar atau video yang berisi gagasan,  ide, yang lucu sebagai sarana hiburan. Namun belakangan meme yang tadinya hanya dimaksudkan untuk bahan candaan memiliki tujuan lain yaitu satire untuk menyudutkan pihak-pihak tertentu seperti pada peristiwa banjir Jakarta yang melahirkan meme-meme yang beragam untuk mengkritik Gubernur Jakarta Anies  Bawesdan. Penelitian bertujuan untuk mengungkap makna semiotika di balik meme Anies Bawesdan tentang banjir Jakarta di twitter. Metode penelitian ini menggunakan pisau analisis semiotika Charles Pierce berupa tanda, obyek dan penafsir. Hasil penelitian mengungkap ada hubungan dan kesesuaian antara  tanda dengan makna semotika. Warganet ramai-ramai menggunakan gambar sebagai tanda untuk mengungkap ekspresi ketidaksukaan terhadap respon Anies Bawesdan dalam menuntaskan banjir Jakarta. Sedangkan makna obyek dalam meme terebut merupakan sindiran atau nyinyiran atas kelambanan Anies dalam menyelesaikan masalah banjir.Sedangkan daari sisi penafsir ada kesesuaian pemikiran dari warganet dengan meme hasil buatannya yang menyimpulkann bahwa Anies tidak becus menuntaskan masalah banjir Jakarta.

 

Kata Kunci: meme, media sosial, semiotik, Anies Bawesdan.

Author Biography

Ali Imron Hamid

Universitas  Bina Sarana Informatika

References

Alimecca. 2014. Geliat Visual Meme di Ranah Media Sosial- Indonesia Kreatif News Blog. http://news.indonesiakreatif.net/geliat-visual-meme/

Amretasari, D Vermita. 2014. Struktur Teks Bergambar Meme Keanu Conspiration dalam Media Sosial. Skripsi Universitas Gadjah Mada Yogyakarta

Berger, Peter. L. (2014). Redeeming laughter: Comic dimension of human experience. Berlin : Walter de Gruyter GmbH & Co KG.

Dawkins, Robert. (1976). The selfish gene. New York, NY: Oxford University Press.

Juditha, C. 2015. “Fenomena Trending Topic Twitter: Analisis Wacana Twit# SaveHajiLulung.†Jurnal Penelitian Kominfo Jakarta.

Peirce, Charles S. 1982. “Logic as Semiotics: The Theory of Sign†Bloomington: Indiana Universty Press.

Ramadhana, Tiara S. 2015. Kecenderungan Cara Penyampaian Pesan dalam Internet Meme (Analisis Isi Internet Meme dalam Akun Dagelan di Instagram, periode 01-31 Januari 2015). Skripsi Universitas Muhammadiyah Malang.

Sobur, Alex. 2013. Semiotika Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Wadipalapa, Rendy P. 2015. Meme Culture & Komedi Satire : Kontestasi Pemilihan Presiden dalaam Media Baru. Jurnal Penelitian. Universitas Airlangga.

Downloads

Published

2020-04-30