IMPLEMENTASI DIGITAL PUBLIC RELATIONS PADA LABEL MUSIK DEMAJORS DALAM MEMPUBLIKASIKAN ALBUM

Authors

  • Yos Horta Meliala
  • Rama Adipoetra
  • Riana Murti

DOI:

https://doi.org/10.33592/dk.v8i1.555

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi digital Public Relations pada label music Demajors dalam mempublikasikan album kepada khalayak. Metodologi dalam penelitian ini menggunakan konsep public relations, digital public relations dengan pendekatan kualitatif, paradigma yang digunakan post positivisme serta pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, studi kepustakaan dan dokumentasi. Sebagai label music independent Demajors dalam hal ini divisi Promotion & Media Relations berhasil menyampaikan pesan ke khalayak dengan menggunakan media sosial (new media) sehingga mampu bersaing dengan label mainstream. Kegiatan publikasi dilakukan dengan merujuk pada segmentasi musik yang sesuai dengan karakter musiknya. Hasilnya menunjukkan bahwa digital public relations menjadi tool yang tepat untuk mempublikasikan album kepada khlayak yang sekaligus menjadi pembeda dengan label musik independen yang ada di Indonesia.

Kata Kunci: implementasi, digital public relations, demajors

Author Biography

Yos Horta Meliala

Fakultas Ilmu Komunikasi Univ. Prof. Dr. Moestopo (Beragama)

References

Agus Triyono (2016). Jurnal Ilmiah Komunikasi |MAKNA Vol. 6 no. 2, Agustus 2015-Januari 2016. Diakses melalui jurnal.unissula.ac.id/index.php/makna/article/view/2786/2047 pada tanggal 26 Mei 2019

Arief Syahputra dan M.E. Fuady (2019). Strategi Digital Public Relations pada INFOBDG (Studi Kasus Mengenai Strategi Digital Public Relations pada InfoBDG dalam Mempertahankan Eksistensi Corporate Image). Prosiding Hubungan Masyarakat (SPESIA). Diakses melalui http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/humas/article/view/16806/xml pada tanggal 30 Juni 2019

Cozby. C. Paul (2009) Methods in behavioral research. Boston : McGraw-Hill Higher Education

Dermawan, Deni. 2012. Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi: Teori dan Aplikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Hidayat, Dasrun. 2014. Media Public Relations: Pendekatan Studi Kasus Cyber Public Relations Sebagai Media Kerja PR Digital. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Ifan Kurnia Afandia, Ridi Ferdiana (2014) Universitas Diponegoro. Musik dan Denyut Jantung Pada Era Digital.

Moleong, Lexy J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rodakrya.

Onggo, Bob Julius. 2004. Cyber Public Relations. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Sugiyono. 2014. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV Alfabeta.

Thurlow, Crispin. Laura Angel. Alice Tomic. 2004. Computer Mediated Communication. United Kingdom: Sage Publications.

Trisnani (2018). Implementasi e-government public relations sebagai peningkatan pelayanan informasi publik, dilingkungan pemerintah daerah di jawa timur dan nusa tenggara barat. Jurnal Komunikasi, Media dan Informatika, Vol. 7 No. 3 /November 2018 diakses melalui https://jurnal.kominfo.go.id/index.php/komunika/ pada tanggal 1 Juli 2019

Wood, Andrew F. Dan Matthew J. Smith. 2005. Online Communication: Linking Technology, Identity and Culture. New Jersey: Larence Erlbaum Associates

Yin, Robert K. 2017. Case Study Research and Applications: Design and Methods. Sixth Edition. California: Sage Publications.

www.demajors.com

https://swa.co.id/swa/PRofile/PRofile-entrePReneur/kiPRah-demajors-di-blantika-musik-indonesia, by Rangga Wiraspati - March 21, 2013

Downloads

Published

2020-04-30