PENGARUH KEGIATAN PUBLIC RELATIONS TERHADAP KEPUASAN INFORMASI PIALANG JAKARTA FUTURES EXCHANGE

Authors

  • Cakra Ningsih
  • Amalia Putri Ghaisani

DOI:

https://doi.org/10.33592/dk.v8i2.680

Abstract

Salah satu peran public relations perusahaan adalah memberikan pelayanan informasi agar khalayak merasa puas. Tujuan penelitian untuk mengetahui besarnya pengaruh kegiatan public relations Jakarta Futures Exchange terhadap kepuasan informasi pialang. Landasan dari penelitian ini menggunakan teori kepuasan informasi dan teori Uses and Gratification sebagai penghubung antara konsep peran public relations dengan kepuasan informasi. Metode yang digunakan adalah survei dengan pendekatan kuantitaif eksplanatif. Cara mengambil sampel dengan menggunakan probability Sampling dengan teknik acak sederhana dan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah direksi masing-masing pialang perusahaan, dengan jumlah sampel sebanyak 38 orang. Setelah dilakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan tehnik deskripsi statistik. Hasilnya, nilai rxy sebesar 0.765, hal ini menunjukan bahwa nilai rxy > 0 dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya variabel x berpengaruh terhadap variabel y sebesar 58,6% dengan pengaruh Kuat sedangkan sisanya sebesar 41.4% ditentukan oleh faktor lain. Dengan demikian kegiatan Public Relations Jakarta Futures Exchange (JFX) melakukan peran dan fungsi komunikasi dengan baik. 

Author Biography

Cakra Ningsih

Fakultas Ilmu Komunikasi Univ. Prof. Dr. Moestopo (Beragama)

References

Alvita, Diva. (2012). “Pengaruh Peranan Public Relations Terhadap Loyalitas Pelanggan Area Jakarta Dalam Komoditi Ekspor Produk Kayu Olahan (Studi Kasus Pt. Sarana Rimba Raya) Periode November 2011â€. Binus University Jakarta, Indonesia.

Ardianto, Elvinaro. (2011). Metodologi Penelitian untuk Public Relation. Bandung: Simbiosis Rekatama Media

Bungin, Burhan. (2006). Analisis Data Penelitian Kualitatif. Jakarta : Raja Grafindo.

Claycomb dan Martin. (2002). Building Costumer Relationship: An Inventory of Services Provider Objectives and Practices. Journal of Services Marketing. Vol. 16 No. 7 Hal. 15-35.

Daryanto. (2014). Teori Komunikasi. Malang: Gunung samudera.

Hamidi. (2007). Metode Penelitian dan Teori Komunikasi. Malang : UPT.UMM.

Harlow, Rex F. (1976). Building a Public Relations Definition. Public Relations Jogjakarta.

Kotler, Philip, Garry Armstrong. (2014). Prinsip -prinsip Manajemen. Edisi 14, jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Lesly, Philip.(1991). Lesly’s handbook of Public Relations and Communication. Chicago III: Probus Publishing Company.

Moezzi, H., Nawaser, K., Shakhsian, F., & Khani, D. (2012). Customer relationship management ( e-CRM ): New approach to customer ’ s satisfaction, 6(5), 2048–2055. http://doi.org/10.5897/AJBM11.1736

Oliver, Sandra. (2007). Strategi Public Relations. Jakarta: Erlangga.

Putranto, H. (2003). Public Relations Dan Citra Perusahaan. Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Sebelas Maret Surakarta. Universitas Sebelas Maret

Qomariah, N. (2012b). Pengukuran Kepuasan dan Loyalitas Pasien Rumah Sakit Berbasis Customer Relationship Management. Managemen Universitas Muhammadyah Jember, 239–250.

Rahatmi, Ratna. (2019, April). Wawancara Pribadi.

Ruslan, Rosady. (2010). Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers.

Sugiyono. (2005). Statistik Untuk Penelitian (hal:207), Bandung; Alfabeta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suwarno, Wiji. (2006). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jogjakarta : AR-Ruzz Media

Tanushri, M., & Aibas, N. (2015). Health Services and Public Relatins in India: An Overview. Global Journal for Research Analysis, 4(6), 410–412.

West, Richard. Lynn H. Turner. (2007). Pengantar Teori Komunikasi. Jakarta: Salemba Humanika.

Downloads

Published

2020-08-18