INTERAKSI SIMBOLIK PRIA METROSEKSUAL (STUDI FENOMENOLOGIS PADA FRONTLINER PT BANK CENTRAL ASIA KCU GADING SERPONG TANGERANG)

Authors

  • Faisal Tomi Saputra
  • Doni Gunawan

DOI:

https://doi.org/10.33592/dk.v8i2.685

Abstract

pria metroseksual merupakan sebuah fenomena sosial yang saat ini mulai banyak dan tersebar di Indonesia, tidak terkecuali di Kota Tangerang. Gaya hidup metroseksual memiliki karakteristik unik dan sangat memperhatikan penampilan melebihi kaum wanita dan masih dipandang sebelah mata oleh sebagian masyarakat. Penelitian ini menggunakan teori interaksionisme simbolik Herbert Blummer yaitu Meaning, Language, Thought. Adapun objek penelitian ini adalah pria metroseksual pada sosok Frontliner di PT Bank Central Asia KCU Gading Serpong Tangerang yang ditentukan berdasarkan ciri-ciri pria metroseksual. Tipe penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Hasil penelitian Pria Metroseksual pada sosok frontliner memiliki konsep dirinya sendiri, memperhatikan tata bahasa dalam berkomunikasi, menggunakan komunikasi verbal dan non verbal. Kepribadian yang dimiliki oleh pria metroseksual pada sosok frontliner menunjukan kepribadian yang sangat rapih dan teratur, terlihat dalam penampilan, sikap terhadap orang lain dan rasa bersahabat yang selalu ditunjukan kepada setiap

References

Asharfillah, Zenan. 2010. Metroseksual Korban Kapitalisme Global. Jakarta : Zikrul Hakim Anggota IKAPI.

Cangara, Hafied. 2011. Pengantar Ilmu Komunikasi. Cetakan ke-12. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Elbadiansyah & Umiarso. 2014. Interaksionisme Simbolik dari Era Klasik hingga modern. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Effendy, Onong Uchjana. 2009. Ilmu Komunikasi: Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Hill, Napoleon. 2010. Hukum Sukses Tentang Memelihara Kepribadian Yang Menarik dan Pemikiran Yang Tepat. Ciputat: Kharisma Publishing Group.

Kartajaya, Hermawan.2003. Marketing in Venus. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama

Moleong, Lexy J.2005. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Mulyana, Deddy dan Solatun. 2007. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya

Ruslan, Rosady.2004. Metode Penelitian : Public Relations dan Komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Tohirin. 2012. Metode Penelitian Kualitatif dalam Pendidikan dan Bimbingan Konseling. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Littlejohn, Stephen W. and Karen A. Foss, 2013. Teori Komunikasi Edisi 9 . Jakarta: Salemba Humanika

Downloads

Published

2020-08-09