Evaluasi Kinerja Kualitas Pemasok Bahan Baku di PT. X Menggunakan Peta Kendali dan Analisis Kemampuan Proses

Abstract

Kualitas suatu produk dapat dipengaruhi oleh kualitas bahan baku dari pemasok. Untuk menjaga agar apa yang diinginkan oleh sebuah perusahan terhadap pemasok dengan kinerja kualitas bahan baku yang baik, maka perusahan harus menetapkan standar dari kinerja kualitas pemasok dan mengevaluasinya. Penelitian ini dilakukan di PT. X dengan menggunakan data sekunder hasil pengukuran diameter, panjang, dan berat dari sampel insert weight roller selama periode Januari-Maret 2020. Dengan menggunakan peta kendali Individual Moving Range (I-MR) untuk data panjang dan berat insert weight roller dan peta kendali Xbar-R untuk data diameter insert weight roller diharapkan mampu mengetahui seberapa banyak data dalam batas kendali atau tidak. Analisis kemampuan proses dilakukan apakah proses mampu memenuhi spesifikasi desain atau tidak. Hasil analisis kemampuan proses yang perlu diperbaiki adalah proses panjang insert weight roller karena indeks kapabilitas prosesnya kurang dari 1, sedangkan kemampuan proses untuk diameter dan berat insert weight roller bisa dipertahankan dengan tetap memperkecil variasi produknya.   

References

Anaperta, Y, M. (2016). Evaluasi Keserasian (Match Factor) Alat Muat dan Alat Angkut dengan Metode Control Chart (Peta Kendali) pada Aktivitas Penambangan di PIT X PT. Y. Jurnal Teknologi Informasi & Pendidikan, 9(1), 73-85.
Arsyad, A, G et al. (2017). Analisis Peta Kendali P yang Distandarisasi dalam Proses Produksi Regulator Set Fujiyama (Studi Kasus di PT. XYZ). Jurnal Teknik Industri, 5(1), 86-92.
Hairiyah, N et al. (2019). Analisis Statistical Quality Control pada Produksi Roti di Aremania Bakery. Jurnal Teknologi dan Manajemen Agroindustri, 8(1), 41-48.
Heizer, J. dan Rander, B. (2004). Manajemen Operasi (edisi ketujuh). Salemba Empat: Jakarta.
Idris, Iswandi et al. (2016). Pengendalian Kualitas Tempe dengan Metode Seven Tools. Jurnal Teknovasi, 3(1), 66-80.
Khamaludin et al. (2019). Pemilihan Pemasok Bahan Baku Berdasarkan Analisis Kapabilitas Proses Dimensi dan Berat Produk. Seminar Nasional Teknologi (pp. 253-261). Jakarta, Indonesia: Fakultas Teknik, Universitas Krisnadwipayana.
Meri, M et al. (2017). Analisis Pengendalian Kualitas pada Produk SMS (Sumber Minuman Sehat) dengan Metode Statistical Process Control (SPC) Studi Kasus pada PT. Agrimitra Utama Persada Padang. Jurnal Teknologi, 7(1), 119-126.
Oktaviani, A. (2018). Pengendalian Kualitas pada Home Industry Mobil Mainan Truck Tangki di PT. Selamat Sentosa. Jurnal Logistik Indonesia, 2(2), 29-36.
Syarif, A, E & Pusakaningwati, A. (2016). Pengendalian Kualitas Produk Pupuk Granule Phospat P20 dengan Pendekatan Statistical Process Control (SPC) pada PT. Suwarni Agro Mandiri Plant Mojokerto. Journal Knowledge Industrial Engineering (JKIE), 3(3), 19-30.
Wardhana, M, W et al. (2018). Analisis Peta Kendali Variabel pada Pengolahan Produk Minyak Sawit dengan Pendekatan Statistical Quality Control (SQC). Jurnal Rekayasa, Teknologi, dan Sains, 2(1), 27-34.
Yasmin & Rosyidah, M. (2018). Pengendalian Kualitas Produk dengan Pendekatan Metode SPC di PDAM Tirta Musi Palembang. Integrasi, 3(1), 18-25.
Yudianto et al. (2018). Penerapan Metode Statistical Process Control dalam Mengendalikan Kualitas Kertas Bobbin (Studi Kasus di PT. Pusaka Prima Mandiri). Buletin Utama Teknik, 14(2), 106-111.
Published
2020-08-25