STRATEGI PEMASARAN SOSIAL INDORELAWAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT MENJADI RELAWAN DALAM KAMPANYE TEMALI PROJECT

Authors

  • Asep Sutresna Sutresna Universitas Multimedia Nusantara
  • Eko Hadi Saputro

DOI:

https://doi.org/10.33592/dk.v11i1.3483

Abstract

ABSTRAK

Temali Project adalah kampanye program yang dilakukan oleh Indorelawan, sebuah organisasi nirlaba yang menggerakkan masyarakat dalam aksi sosial, untuk mengajak khalayaknya menjadi relawan. Ini merupakan salah satu dari program yang dilakukan oleh Indorelawan untuk mempromosikan kerelawanan dan menjadikan kerelawanan sebagai gaya hidup di Indonesia. Dalam melakukan kampanye sosial yang efektif maka diperlukan disiplin kampanye yang menyeluruh dan terukur. Dengan metode kualitatif deskriptif menggunakan studi kasus, setiap langkah dari kampanye digali menjadi data yang dapat dibandingkan dengan model yang digunakan. Sebagai standar pelaksanaan kampanye sosial digunakan model Social Marketing Planning Premier dari Kotler dan Lee (2016) dan juga Media Richness Theory yang untuk menganalisis kampanye ini. Data didapatkan melalui wawancara mendalam dengan key informan, partisipan dan narasumber. Dari hasil analisis, ditemukan bahwa meskipun secara umum sudah selaras dengan model yang digunakan, ada beberapa langkah yang perlu dibuat lebih rinci dalam perencanaanya sehingga akan menghasilkan kampanye yang efektif dan terukur. Kampanye Indorelawan akan lebih efektif apabila perencanaanya lebih rinci dan terukur, sehingga setiap langkahnya mudah diukur. Dengan membuat perencanaan yang rinci akan memberikan data dan informasi yang jelas yang akan digunakan sebagai standar kampanye Indorelawan.

Kata kunci: Temali Project, Indorelawan, Social Marketing, Kampanye Media Sosial

ABSTRACT
Temali Project is a campaign program carried out by Indorelawan, a non-for-profit
organisation that mobilizes people in social action, encourage people to be a volunteer. Temali Project
is one of the programs that was managed by Indorelawan to promote volunteerism and make
volunteerism as an Indonesian lifestyle among the targets.To develop an effective campaign, a holistic
and measurable campaign discipline is needed. Employing a descriptive qualitative method and using
case study, every steps of the campaign are explored and analysed to be a data which then compared to
a campaign model. This research uses Kotler and Lee (2016) Social Marketing Planning Premier as a
model of social campaign planning and implementation standard as well as Media Richness Theory for
analysis. Data is gathered through indepth interviews with key informants, participants, and source
persons. As a result, it is found out that although the campaign is generally in accordance to the model,
there are steps that needs to more thorough and details to make the campaign effective and every steps
can be measurable. By designing and developing a detailed plan the campaign can provide clear data
and information that useful for future Indorelawan campaign.
Keywords : Temali Project, Indorelawan, Social Marketing, Social Media Campaign

Downloads

Published

2023-07-27