DRAMATURGI CONTENT CREATOR DALAM PRESENTASI DIRI DI INSTAGRAM (STUDI ETNOGRAFI VIRTUAL PADA AKUN INSTAGRAM @BANGIJAL_TV)

Authors

  • lina wati universitas islam syekh yusuf
  • Robi Setiawan

DOI:

https://doi.org/10.33592/dk.v7i2.356

Abstract

Penelitian ini menggunakan teori Dramaturgi dengan metode penelitian kualitatif. Objek pada penelitian ini adalah Content Creator Muhamad Rijal Mulyana dalam Instagram @bangijal_tv. Alasan peneliti memilih @bangijal_tv karna Content Creator tersebut pernah mengisi beberapa program televisi swasta di Indoensia sebagai bintang tamu dan pemeran utama, sehingga menarik untuk diteliti. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Dramaturgi yang digunakan oleh informan dalam presentasi diri di Instagram @bangijal_tv, melalui unsur front stage (panggung depan) dan back stage (panggung belakang). Serta meninjau presentasi diri apa yang digunakan oleh informan.

Author Biography

lina wati, universitas islam syekh yusuf

Ilmu Komunikasi FISIP UNIS

References

Amber Mac Arthur 2010. Power Friending Demystifying to grow your business social media: Portfolio Of Penguin Group (USA)

Dayaksini & Hudaimah2009 PsikologiSosia (Umm Press Bandung)

Deddy Hidayat 2003, Paradigma dan Metodologi penelitian sosial empirik klasik (Jakarta Departemen Ilmu komunikasi Fisip UI)

Denis, McQuail. 2011, Teori komunikasi massa, Jakarta: Salemba humanika

E Kristi Poerwandri 2007, PendekataKualitatif untuk Penelitian Perilaku Indonesia: (Depok LPSP3)

Edy Santoso 2012 Buku Teori komunikasi :(PT Remaja Roesdakarya)

Harymawan, RMA.1998. Dramaturgi, Bandung : PT Remaja Roesdakarya

Imam Gunawan 2013. Metode Penelitian Kualitatif, PT BumiAksara. Jakarta 13220

Lexy J Moleong, 2007. Metode penelitian kualitatif. (Bandung:Rosda karya)

Morissan, Wardhani, 2014. Teori komunikas massa. Penerbit : Gahlia Indonesia

Mulyana deddy 2013, Ilmu komunikasi SuatPengantar Bandung : PT Remaja Roesdakarya

RuliiNasrullah, Teori da nRiset Media Cyber (Prenada Media Group 2014)

Rulli Nasrullah 2018 Etnografi Virtual. Riset Komunikasi Budaya di Internet. PT Simbiosa Rekatama Media Bandung

Rulli Nasrullah, Media sosial, PT Remaja Roesdakarya (Bandung 2017)

Stephen W Little Jhon & Karen Foss 2013, (penerbit Salemba Humanika)

Sudikin, Basrowi. 2002. Metode penelitian Kualitatif : Persepektif Mikro. Surabaya : Insan Cendikia

Sugiyono 2017, Metode Penelitian Kualitaitf dan Kuantitatif dan R&D, penerbit Alfabeta, Bandung.

Suko Widodo, 2010. Antonomi dan perkembangan Teori Sosial Malang : (Aditya Media Publishing)

Supardan, Dadang 2011, Pengantar Ilmu Sosial sebuah kajian pendekatan struktural : (Jakarta PT Bumi Aksara).

Downloads

Published

2020-01-21