PENGARUH AKTIVITAS KOMUNIKASI KRISIS BAKSO AFUNG PADA BRAND TRUST

Authors

  • Eko Saputro Universitas Multimedia Nusantara
  • Asep Sutresna Sutresna Universitas Multimedia Nusantara

Abstract

Kehalalan produk menjadi hal yang sangat penting di negara seperti Indonesia yang berpenduduk mayoritas orang Islam. Oleh karena itu apabila muncul isu yang berkaitan dengan halal atau tidaknya pada makanan dan minuman yang biasa dikonsumsi orang islam maka dapat memicu krisis. Kasus ini terjadi pada Bakso Afung dimana seorang pelanggan mengonsumsi makanan yang tidak halal yang dibawanya dari tempat lain. Hal ini membuat pemiliknya khawatir akan image produknya yang dapat saja dipersepsikan sebagai makanan atau tempat makan tidak halal. Oleh karena itu pemiliknya melakukan pemecahan mangkok-mangkok untuk menunjukkan adanya pembersihan alat makan yang kemudian diunggah ke media social. Hal ini yang kemudian menarik untuk diteliti, apakah tindakan tersebut dapat mempengaruhi peningkatan brand imagenya. Dengan metode kuantitatif dan dilakukan survey kepada 150 orang responden di Jabodetabek, penelitian ini berusaha untuk mengungkap pengaruh kedua variabelnya. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh sebesar 34%. Maka dengan hasil tersebut, perlu dilakukan penelitian lain yang dapat mengungkap faktor-faktor lainnya.

Kata kunci: Bakso Afung, komunikasi krisis, brand image

Downloads

Published

2024-01-20