STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN CHEAPRETTY.BIGSIZE DALAM MEMANFAATKAN INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PROMOSI ONLINE
DOI:
https://doi.org/10.33592/dk.v11i2.4551Abstract
Cheapretty.bigsize merupakan online shop yang menjual produk khusus untuk Perempuan yang memiliki badan besar yaitu segmentasi usia 20 s.d 45 tahun yang storenya berada di laladon, kabupaten bogor. Berdiri sejak tahun 2020 sampai dengan saat ini, cheapretty.bigsize memikiki pengikut di media sosial instagram sebanyak 173.000. Dalam mempromosikan produknya secara online secara cheapretty melibatkan instagram. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi pemasaran dari cheapretty big.size dengan memanfaatkan media instagram sebagai promosi online. Metode penelitian ini adalah kualitatif yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan metode observasi, wawancara, studi kepustakaan dan dokumentasi. Key Informan dalam penelitian ini adalah 2 orang dimana keduanya adalah kaka beradik sebagai owner dari cheapretty.bigsize. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori media baru. Hasil dari penelitian ini adalah strategi komunikasi pemasaran yang digunakan cheapretty.bigsize dalam memanfaatkan instagram sebagai media promosi online.Dimana didalam menyusun strategi komunikasi pemasaran harus melalui proses perencanaan diantaranya segmentasi dan targetting, positioning dan diferensiasi, hubungan Masyarakat dan publikasi, sales promotion, personal selling, direct marketing, internet marketing dan iklan.
Kata Kunci : Strategi Komunikasi Pemasaran, Instagram, Cheapretty.bigsize.