PERAN KOMUNIKASI PEKERJA SOSIAL DALAM PEGENDALIAN SOSIAL DAN PENGENDALIAN KESEHATAN MASYARAKAT
DOI:
https://doi.org/10.33592/dk.v8i1.552Abstract
Â
Pekerja sosial merupakan salah satu profesi yang kini sedang berjuang mengembangkan identitas dan eksistensinya, salah diantara mereka adalah Jaringan Kesejahteraan/Kesehatan Masyarakat (JKM). Melalui pendekatan epidemiologi, pekerja sosial ini secara khusus diperuntukkan untuk membantu pemerintah dalam mencegah, meminimalisir dan memecahkan masalah yang berkenaan dengan kesehatan masyarakat. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana cara kader JKM dalam melakukan perannya sebagai salah satu profesi pekerja sosial dalam berkontribusi terhadap pengendalian TB di Jakarta Barat. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif kualitatif, melalui wawancara mendalam pada kader dan kordinator lapangan yang memenuhi kriteria sebagai informan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran kader JKM sangat dibutuhkan oleh pemerintah untuk berkontribusi dalam pengendalian tuberkulosis di Jakarta Barat, salah satunya untuk secara sukarela menjangkau para suspect TB hingga ke pelosok perkampungan yang mungkin belum dijangkau oleh pemerintah untuk diberikan sosialisasi dan konseling mengenai TB.
References
Buku Internal JKM. 2012. Materi Pelatihan Kader TB, CEPAT Program. Medan: Yayasan JKM
Cangara, Hafid. 2009. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta:PT. Raja Grafindo Persada
Creswell, W. John. 2002. Research Design. Jakarta:KIK Press
Efendy, Omong Uchjana. 2004. Dinamika Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya
Nazir, Moh. 1998. Metode Penelitian. Jakarta:Galia Indonesia
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif-Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabet