EFEKTIVITAS GOOGLE CLASSROOM SEBAGAI MEDIA KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR SISWA KELAS XI DI SMK NEGERI 3 KOTA TANGERANG-BANTEN

Authors

  • zaulia zaulia Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Abdul Basyit Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Tommy Gumelar

DOI:

https://doi.org/10.33592/islamika.v16i1.2552

Abstract

Penelitian dilatar belakangi adanya pandemi Covid-19 yang menyebabkan pembatasan kegiatan termasuk pendidikan, Guru dituntut untuk mampu menciptakan media belajar yang dapat digunakan peserta didik dari rumah secara efektif. Siswa kelas XI SMK Negeri 3 Kota Tangerang menerapkan proses pembelajaran dari rumah menggunakan media google classroom. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa 1) Penggunaan media google classroom siswa kelas XI di SMK Negeri 3 Kota Tangerang, 2) Mengetahui efektivitas pembelajaran online menggunakan media google classroom siswa kelas XI di SMK Negeri 3 Kota Tangerang, 3) Kendala pengunaan google classroom sebagai media kegiatan belajar mengajar siswa kelas XI di SMK Negeri 3 Kota Tangerang. Hasil penlitian: 1) Siswa kelas XI di SMK Negeri 3 Kota Tangerang telah melakukan pembelajaran online menggunakan google classroom sejak bulan Maret tahun 2020 sebagai kebijakan dari sekolah, merupakan aplikasi gratis, mudah digunakan, dan guru tidak kesulitan  mengelola pembelajaran, kegiatannya berupa absensi, pemberian materi, dan tugas. 2) Pembelajaran online menggunakan google classroom siswa kelas XI di SMK Negeri 3 Kota Tangerang kurang efektif, berdasarkan indikator pembelejaran efektif menurut Wotruba dan Wright didapatkan bahwa dalam google classroom komunikasi kurang efektif, penguasaan materi kurang efektif, dan hasil belajar siswa tidak mencapai KKM. 3) Kendala penggunaan google classroom sebagai media kegiatan belajar mengajar siswa kelas XI di SMK Negeri 3 Kota Tangerang yakni tidak bisa menampilkan grafik aktifitas siswa, menghabiskan banyak kuota internet, siswa tidak memiliki handphone canggih, dan kesulitan dalam pengoperasian.

Published

2022-06-30

Issue

Section

Articles