PENERAPAN METODE STUDENT CENTERED APPROACH DALAM PROSES PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DAN BAHASA INGGRIS ANAK-ANAK PANTI ASUHAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS KULIAH KERJA KEMASYARAKATAN DARI RUMAH (KKK-DR) DI YAYASAN AL-MUBAROK BATU CEPER

Authors

  • Nur Halimah Universitas Islam Syekh Yusuf
  • Karmawan Karmawan
  • Aslihatul Rahmawati
  • Syifa Putri Faradiba
  • Nabella Cyntia Samsudin

DOI:

https://doi.org/10.33592/islamika.v16i1.2611

Abstract

Bimbingan Belajar memberikan bantuan kepada peserta didik dalam upaya meningkatkan prestasi atau hasil belajar yang lebih optimal. Dalam kegiatan bimbingan belajar dalam pembelajaran luring yang dilakukan dengan bertatap muka dan tidak memerlukan jaringan internet dalam menyampaikan materi. Hal ini memudahkan pengajar untuk menerapkan student centered approach yang dimana pada pendekatan jenis ini pendidik melakukan pendekatan dengan memberikan kesempatan kepada anak-anak untuk aktif dalam proses pembelajaran. Dalam pembelajaran luring pada masa pandemi saat ini adanya protokol kesehatan untuk mencegah penularan covid 19 dengan cara melakukan 5M yaitu mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, mengurangi mobilitas, mahasiswa KKK-DR dari berbagai prodi yaitu Pendidikan Agama Islam, Ilmu hukum, dan Dosen Pembimbing Lapangan yang saling bersinergi dalam program KKK-DR agar memantapkan wawasan yang sudah dipelajari dan meningkatkan keterampilan mahasiswa dan bermanfaat untuk masyarakat sekitar yang berlokasikan di Yayasan Al-Mubarok, kami menemukan beberapa persoalan seperti : anak-anak panti asuhan disana kesulitan dalam pembelajaran Bahasa Inggris, dan belum memahami upaya pencegahan covid 19.

Published

2022-06-30

Issue

Section

Articles