EFEKTIVITAS METODE DARING DAN BLENDED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA (Survei Siswa Kelas XI Bisnis dan Manajemen di SMK Lab Business School)
DOI:
https://doi.org/10.33592/jbes.v5i2.5800Abstract
Abstrak (11 Times New Romans, Bold)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode daring dan blended learning terhadap hasil belajar siswa serta ingin mengetahui perbedaan proses dan hasil belajarnya. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dan menggunakan analisis perbandingan. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampel jenuh terhadap 106 siswa. Teknik pengumpulan data yaitu dengan dokumentasi dan penyebaran angket. Teknis analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif untuk mengetahui mean, median. Adapun hipotesis pertama dari hasil uji T menujukkan bahwa tidak terdapat perbedaan antara proses pembelajaran mata pelajaran produk kreatif dan kewirausahaan yang menggunakan metode pembelajaran daring dengan metode pembelajaran blended learning. Uji T hipotesis kedua menjukkan tidak terdapat perbedaan antara hasil pembelajaran mata pelajaran produk kreatif dan kewirausahaan yang menggunakan metode pembelajaran daring dengan metode pembelajaran blended learning.