PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI KSPPS AL-ISHLAH MITRA SEJAHTERA KUNINGAN
DOI:
https://doi.org/10.33592/jbes.v5i2.5802Abstract
Tujuan penelitian ini adalah : 1) untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen secara parsial, 2) untuk mengetahui pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan konsumen secara parsial, 3) untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, dan kualitas produk terhadap kepuasan konsumen secara simultan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 99 responden. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik Probability / Random Sampling (Sample Acak). Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Metode analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji analisis regresi linier berganda, uji hipotesis (uji t dan uji F), dan koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian ini adalah: 1) Terdapat pengaruh kualitas pelayanan (X1) terhadap kepuasan konsumen (Y) secara parsial. Hal ini dibuktikan dengan nilai t hitung 6,002 dengan nilai koefisien regresi 0,444 dan tingkat signifikan 0,000 < 0,05 . 2) Terdapat pengaruh kualitas produk (X2) terhadap kepuasan konsumen (Y) secara parsial. Hal ini dibuktikan dengan nilai t hitung 4,556 dengan nilai koefisien 0,362 dan tingkat signifikan 0,000 < 0,05 . 3) Secara simultan variabel kualitas pelayanan (X1), dan kualitas produk (X2) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan konsumen (Y). Hal ini dibuktikan dengan nilai F hitung sebesar 127,498 dan nilai R Square sebesar 72,6 % sedangkan sianya 27,4 % dipengaruhi oleh variabel lain.