PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI KSPPS AL-ISHLAH MITRA SEJAHTERA KUNINGAN

Authors

  • Siti Nurpatimah Universitas Islam Al-Ihya Kuningan
  • Dicky Fauzi Firdaus Universitas Islam Al-Ihya Kuningan

DOI:

https://doi.org/10.33592/jbes.v5i2.5802

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah : 1) untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen secara parsial, 2) untuk mengetahui pengaruh kualitas  produk  terhadap  kepuasan  konsumen  secara  parsial,  3) untuk    mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, dan kualitas produk terhadap kepuasan konsumen secara simultan. Teknik  pengumpulan  data  yang  digunakan  adalah  observasi,  wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 99 responden. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik Probability / Random Sampling (Sample Acak).  Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Metode analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji analisis regresi linier berganda, uji hipotesis (uji t dan uji F), dan koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian ini    adalah:  1)    Terdapat    pengaruh  kualitas  pelayanan  (X1)  terhadap  kepuasan konsumen (Y) secara parsial. Hal ini dibuktikan dengan nilai t hitung 6,002 dengan nilai koefisien regresi 0,444 dan tingkat signifikan 0,000 < 0,05 . 2) Terdapat   pengaruh kualitas produk (X2)   terhadap   kepuasan   konsumen (Y) secara   parsial.   Hal   ini dibuktikan  dengan  nilai  t  hitung  4,556  dengan  nilai  koefisien  0,362  dan  tingkat signifikan 0,000 < 0,05 . 3) Secara   simultan   variabel kualitas pelayanan (X1), dan kualitas produk (X2) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan konsumen (Y). Hal ini dibuktikan dengan nilai F hitung   sebesar 127,498 dan nilai R Square sebesar 72,6 % sedangkan sianya 27,4 % dipengaruhi oleh variabel lain.

Published

2024-12-17

How to Cite

Nurpatimah, S., & Firdaus, D. F. (2024). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI KSPPS AL-ISHLAH MITRA SEJAHTERA KUNINGAN. Journal of Business Education and Social, 5(2), 28–34. https://doi.org/10.33592/jbes.v5i2.5802