Market E-Retribution at Sanggam Adji Dilayas Market, Berau Regency, East Kalimantan
DOI:
https://doi.org/10.33592/jiia.v13i1.3293Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan e-retribusi di Pasar Sanggam Adji Dilayas Kabupaten Berau. Jenis penelitian yang digunakan merupakan penelitian kualitatif, dengan fokus penelitian yaitu pelaksanaan e-retribusi. Sumber data diperoleh menggunakan teknik purposive sampling dan snowball sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data menggunakan model interaktif dari Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan e-retribusi pasar tidak efektif dari aspek peningkatan PAD Kabupaten Berau, hal ini dikarenakan pada tahap sosialisasi yang dilakukan kurang maksimal. Kemudian tahap pembuatan e-retribusi ditemukan kurangnya koordinasi dan tidak adanya SOP. Pada tahap penarikan e-retribusi menggunakan EDC hanya berjalan tiga bulan, kemudian penggantian sistem ditahun 2022 e-retribusi oleh BPD Kaltimtara dengan menggunakan aplikasi dan transaksi jual beli dengan menggunakan QRIS, namun presentase pengguna masih rendah. Selanjutnya pada tingkat kesadaran pedagang dalam membayar retribusi baik secara non tunai maupun tunai masih rendah namun tingkat kesadaran tenaga penarik retribusi sudah baik, temuan lain penelitian ini adalah dalam pelaksanaanya e-retribusi tidak dapat mengakomodasi pembayaran tunggakan