Peran Inovasi Budaya Organisasi dalam Meningkatkan Layanan Publik yang Berbasis Kualitas di Indonesia

Authors

  • Angye Mareta Y Magister Ilmu Administrasi Negara
  • Aldri Frinaldi

DOI:

https://doi.org/10.33592/jiia.v15i1.7493

Keywords:

Inovasi, Budaya Organisasi, Layanan Publik

Abstract

Pelayanan publik yang berkualitas merupakan indikator penting dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang efektif dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat. Namun, peningkatan kualitas layanan tidak hanya ditentukan oleh aspek teknis dan struktural, melainkan juga oleh budaya organisasi yang mendasari cara kerja aparatur negara. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran inovasi dalam budaya organisasi terhadap peningkatan mutu layanan publik. Metode yang digunakan adalah studi literatur dengan pendekatan kualitatif deskriptif, yang mengkaji berbagai sumber pustaka seperti jurnal ilmiah, buku, laporan kebijakan, dan dokumen penelitian terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi budaya organisasi, seperti kepemimpinan transformasional, kolaborasi, pembelajaran berkelanjutan, serta sistem penghargaan terhadap perilaku inovatif, berkontribusi signifikan terhadap terciptanya pelayanan publik yang efisien, akuntabel, dan berorientasi pada pengguna. Dengan demikian, transformasi budaya organisasi menjadi lebih inovatif merupakan kunci strategis dalam membangun layanan publik berbasis kualitas yang berkelanjutan

References

Ali, K., & Saputra, A. (2020). Tata Kelola Pemerintahan Desa Terhadap Peningkatan Pelayanan Publik Di Desa Pematang Johar. Warta Dharmawangsa, 14(4), 602-614.

Aloysius Arya Sanjaya. (2024). Pengaruh Perubahan Budaya Organisasi Terhadap Kualitas Layanan di Sektor Kesehatan: Tinjauan Literatur Sistematis. Jurnal Nuansa: Publikasi Ilmu Manajemen dan Ekonomi Syariah Vol. 2, No. 4 Desember 2024 e-ISSN: 3021-8691; p-ISSN: 3024-8388; Hal 30-39 DOI: https://doi.org/10.61132/nuansa.v2i4.1315

Amrullah, M. N. K., & Riani, A. L. (2018). Prospektif Kepemimpinan Pelayanan dan Budaya Organisasi dalam Mewujudkan Birokrasi Pertanahan yang Berkinerja (Studi di Kantor Pertanahan Kabupaten Madiun). Al Tijarah, 4(1), 1-18.

Candra, Y., Rahmat, R., & Putra, S. E. (2021). Komunikasi Dan Manajemen Organisasi. Community Engagement and Emergence Journal (CEEJ), 2(3), 44-51.

Dony Azfirmawarman & Aldri Frinaldi. (2024). Inovasi Budaya Organisasi Dalam Meningkatkan Kinerja Dan Pelayanan Publik. Jurnal Ilmu Administrasi Negara, Volume 22, Nomor 1, April 2024: 89-100 e-ISSN: 2714-55881 | p-ISSN: 1411-948X | http://dx.doi.org/10.46730/jiana.v20i2

Haira Zulfia. (2023). Urgensi Penerapan Budaya Inovasi Bagi Asn Dalam Meningkatkan Kinerja Organisasi Publik Dalam Mewujudkan Reformasi Birokrasi. Journal of Indonesian Public Administration and Governance Studies. Volume 7 Nomor 1 Januari 2023. p-ISSN 2549 - 0435

Hamdun Hamdillah. (2023). Inovasi Pelayanan Publik dan Transformasi Birokrasi: Pendekatan Administrasi Publik dalam Meningkatkan Good Governance. Sosial Politik Esolusi Vol.6 No.2 Jul-Dec 2023

Jusmin, A. (2016). Analisis Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor Adminitrasi Perhubungan Jayapura. Future: Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 1(1), 13-27.

Maulana, A. K., & Larasati, E. (2017). Analisis Kualitas Pelayanan Administrasi Kependudukan di Kecamatan Klari Kabupaten Karawang. Journal of Public Policy and Management Review, 6(2), 659-668.

Moch. Zainuddin & Addinin Nasikhah. (2020). Peran Budaya Organisasi Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan. Journal of Islamic Economic Development, Volume 4, No. 2, Desember 2020

Rian Ismi Wardana1 & Aldri Frinaldi. (2024). Budaya Inovasi di Sektor Publik: Strategi, Implementasi, dan Dampaknya pada Kinerja Organisasi. The Journal of Multidisciplinary Research on Scientific and Advanced Volume 2, No 4, Desember 2024 pp. 620-629 DOI https://doi.org/10.61579/future.v2i4.270

Rudi Kuswandi & Aldri Frinaldi. (2024). Aktualisasi Budaya Inovasi pada Organisasi Sektor Publik. Jurnal Pendidikan Tambusai Volume 8 Nomor 2 Tahun 2024 Halaman 27747-27755 ISSN: 2614-6754

Sudaryono. (2017). Budaya dan Perilaku Organisasi.Lentera Ilmu Cendekia: Jakarta

Sulaksono, H. (2015). Budaya Organisasi dan Kinerja. Deepublish. Yogyakarta

Sumanto. (2020). Manajemen Sumber Daya Manusia Memasuki Revolusi Indutri 4.0. Yogyakarta: Andi

Published

2025-07-09

How to Cite

Y, A. M. ., & Frinaldi, A. . (2025). Peran Inovasi Budaya Organisasi dalam Meningkatkan Layanan Publik yang Berbasis Kualitas di Indonesia . JURNAL ILMIAH ILMU ADMINISTRASI, 15(1), 66–81. https://doi.org/10.33592/jiia.v15i1.7493