Pengaruh E-Service Quality Aplikasi Andal by Taspen terhadap Kepuasan Penerima Dana Pensiun di Kota Padang
DOI:
https://doi.org/10.33592/jiia.v15i1.7514Keywords:
Aplikasi Andal by Taspen, E-Service Quality, Kepuasan PensiunAbstract
Studi ini memiliki tujuan untuk mengetahui sejauh mana E-Service Quality aplikasi Andal by Taspen berpengaruh terhadap kepuasan penerima pensiun di Kota Padang. Permasalahan dalam penelitian ini berawal dari penggunaan aplikasi Taspen Otentikasi untuk para penerima dana pensiun, di mana banyak pensiunan mengalami kendala karena proses otentikasinya tergolong rumit. Sebagai upaya penyelesaian, PT Taspen mengembangkan dan meluncurkan aplikasi Andal by Taspen yang dibuat lebih sederhana dan lebih ramah pengguna, sehingga memudahkan para pensiunan dalam proses otentikasi. Dalam penelitian ini, digunakan metode kuantitatif asosiatif dengan jumlah sampel 100 pensiun di Kota Padang yang menggunakan aplikasi Andal by Taspen sejak Januari 2025. Pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling. Variabel pada studi ini meliputi E-Service Quality (X) dan kepuasan pensiun (Y). Data dikumpulkan melalui observasi, kuesioner dan studi kepustakaan, kemudian dianalisis menggunakan IBM SPSS Statistik 23.0. Penemuan penelitian membuktikan terdapat pengaruh variabel E-Service Quality aplikasi Andal by Taspen (X) terhadap kepuasan penerima dana pensiun (Y) di Kota Padang dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan nilai T hitung 8,943 > T tabel 1,984 maka hipotesis pada penelitian ini diterima.
Kata Kunci: Aplikasi Andal by Taspen, E-Service Quality, Kepuasan Pensiun