PENINGKATAN PROFESIONAL GURU MELALUI PENDIDIKAN DAN LATIHAN DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI KOTA PALEMBANG

Penulis

  • Yamamoto Yamamoto STIA Bala Putra Dewa Palembang
  • Siti Zubaidah STIA Bala Putra Dewa Palembang

DOI:

https://doi.org/10.33592/jiia.v11i1.1436

Abstrak

Melalui pendidikan dan pelatihan Guru Sekolah Menengah Pertama Negeri Kota Palembang diharapkan mampu mengerahkan dan mandayagunakan factor-faktor yang berhubungan dengan pendidikan sehingga tercipta proses belajar mengajar yang bermutu. Fenomena yang terjadi selama ini guru diberikan pendidikan dan pelatihan guna meningkatkan kompetensi tetapi tidak di ikuti dengan Follow up yang dapat membantu mereka di dalam menerapkan hasil pelatihan yang selama ini di laksanakan, sehingga efektifitas pendidikan dan pelatihan yang selama ini dilaksanakan menjandi tidak terukur karena tidak ada jaminan mutu, bahwa hasil pelatihan benar-benar dapat di impelementasikan, dan akhirnya diklat hanya dianggap sebagai formalitas saja. Untuk menjawab fenomena di atas, maka diklat perlu di laksanakan dengan pendekatan sistem yang berkesinambungan, menyeluruh dan sistematis. Untuk itu di perlukan berbagi hal dalam mendesain (merancang bangun) program pendidikan dan latihan agar dapat menjadi pedoman atau acuan dalam pelaksanaan diklat dan dapat menyiapkan bahan-bahan, metode dan pendekatan serta tahap-tahap kegiatan yang dilakukan dalam pelaksanaanya berdasarkan aspek-aspek dan unsur-unsur yang  menjadi fokus diklat. Semua elemen yang terkait dalam merancang model diklat di dasarkan pada analisis kebutuhan yang mendalam terhadap kinerja, iklim dan kebutuhan organisasi, berdasarkan hasil analisis kebutuhan diklat kemudian di rancang suatu model pelaksanaan diklat yang di mulai dengan workshop untuk memperkenalkan konsep pelatihan dan sasaran kompetensi yang di harapkan dimiliki oleh peserta, pendampingan untuk melihat implementasi diklat di sekolah setelah pelatihan di lakukan (sebagai bahan evaluasi Diklat), dan refleksi dilaksanakan untuk mendiskusikan kembali laporan dari hasil pendampingan dengan mengundang kembali peserta diklat (ini dilaksanakan setelah 3-5 bulan setelah pelatihan  workshop). Semua kegiatan diklat ini didesain dalam beberapa tahap berdasarkan fungsi dari manajeman pelatihan diklat yaitu mulai dari perencanaan, pelaksanaan, evaluasi sampai pada pasca diklat.

 

Kata kunci : Peningkatan, Profesional, Guru, Diklat

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-07-01

Cara Mengutip

Yamamoto, Y., & Zubaidah, S. (2021). PENINGKATAN PROFESIONAL GURU MELALUI PENDIDIKAN DAN LATIHAN DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI KOTA PALEMBANG. JURNAL ILMIAH ILMU ADMINISTRASI, 11(1), 38–47. https://doi.org/10.33592/jiia.v11i1.1436