KOMUNIKASI KEBIJAKAN PUBLIK DALAM PENGGUNAAN APLIKASI SISTEM PENGELOLAAN PENGADUAN PELAYANAN PUBLIK NASIONAL LAYANAN ASPIRASI DAN PENGADUAN ONLINE RAKYAT (SP4N LAPOR) DI KECAMATAN PANONGAN KABUPATEN TANGERANG
DOI:
https://doi.org/10.33592/jiia.v11i2.2133Abstrak
Komunikasi kebijakan publik dilatarbelakangi dengan permasalahan kurangnya sosialisasi dari pihak Kecamatan Panongan untuk memberikan edukasi terkait penggunaan aplikasi SP4N LAPOR yang mengakibatkan masyarakat belum terbuka dan terbentuk wawasan serta keterampilannya mengenai aplikasi tersebut, tujuannya agar masyarakat lebih memahami adanya satu saluran penyampaian pengaduan masyarakat terkait pelayanan publik. Metode dalam penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif. Dari hasil penelitian yang didapat adalah perubahan sikap dan bertambahnya pengetahuan masyarakat mengenai aplikasi SP4N LAPOR sehingga sangat membantu masyarakat dalam berkomunikasi dengan Pemerintah. Namun untuk perubahan sikap secara menyeluruh, Kecamatan Panongan perlu waktu untuk menyelesaikan masalah karena hal tersebut berkaitan dengan pilihan seseorang dan tidak dapat dipaksakan.
Kata Kunci: Komunikasi, Kebijakan Publik, SP4N LAPOR