OPTIMALISASI PELAYANAN TERDEPAN BERBASIS ONLINE (PETABA ON) DALAM PENERBITAN KTP ELEKTRONIK (E-KTP) DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN PIDIE

Penulis

  • Arief Maulana Center for Regional and Budgetary Studies, The House of Regional Representative of the Republic of Indonesia
  • Rifanda Ansari Institut Pemerintahan Dalam Negeri

DOI:

https://doi.org/10.33592/jiia.v14i1.3373

Abstrak

Penelitian ini dilakukan untuk menelaah sejauh mana optimalisasi pelayanan terdepan berbasis online (Petaba On) dalam penerbitan KTP Elektronik (e-KTP) di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pidie. Optimalisasi ini mengenai tugas dan peranan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pidie dalam mengoptimalkan program Petaba On tersebut. Studi ini juga menganalisis hambatan yang dialami serta upaya yang telah dilakukan untuk mengoptimalisasikan Petaba On ini agar mencapai sasaran dan tujuan yang telah ditetapkan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan induktif, sedangkan metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Pemilihan  informan dilakukan secara purposive sampling dan pada masyarakat secara accidental sampling. Analisis data dilakukan dengan model interaktif Miles, Huberman and Saldana (2014). Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa optimalisasi Petaba On dalam penerbitan e- KTP belum berjalan optimal jika dilihat dari dimensi efisiensi dan efektifitas. Apabila dilihat dari dimensi ekonomis, Petaba On telah optimal dikarenakan dapat menghemat waktu, mempersingkat jarak tempuh, dan mengurangi biaya yang harus dikeluarkan publik. Hambatan yang dialami selama  pelaksanaan Petaba On ini antara lain adalah kurangnya anggaran untuk operasional Petaba On, minimnya  sumber  daya  manusia  baik  dari  segi kualitas  dan  kuantitas, dan sarana  dan  prasarana yang  belum  memadai.  Adapun upaya  yang  dilakukan untuk optimalisasi Petaba On adalah  dengan  menyusun  kembali rencana kerja anggaran yang lebih mengakomodasi suksesnya program tersebut, pembentukan Petugas Registrasi Gampong (PRG) yang lebih baik, dan meningkatkan koordinasi di level kecamatan.

Kata Kunci: e-KTP, Pelayanan Administrasi, Pencatatan Sipil, Petaba On

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-06-28

Cara Mengutip

Maulana, A., & Ansari, R. (2024). OPTIMALISASI PELAYANAN TERDEPAN BERBASIS ONLINE (PETABA ON) DALAM PENERBITAN KTP ELEKTRONIK (E-KTP) DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN PIDIE. JURNAL ILMIAH ILMU ADMINISTRASI, 14(1), 22–37. https://doi.org/10.33592/jiia.v14i1.3373