Sistem Aplikasi Raport Berbasis Web pada SMA Muhammadiyah 2 Cipondoh Kota Tangerang

Authors

  • Sufriyana Sofyan Universitas Islam Syekh Yusuf Tangerang
  • Dine Agustine Universitas Islam Syekh-Yusuf Tangerang
  • Erna Oktora Universitas Islam Syekh-Yusuf Tangerang

Keywords:

Sistem Raport

Abstract

Seiring meningkatkan ilmu pengetahuan yang semakin berkembang dan mutu dunia pendidikan, Tentunya semua itu tidak terlepas dari penggunaan teknologi komputer sebagai salah satu media yang banyak memberikan manfaat. SMA Muhammadiyah 2 Cipondoh Kota Tangerang sebagai lembaga pendidikan yang resmi, merupakan salah satu komponen yang ikut bertanggung jawab dan berkontribusi untuk mencerdaskan bangsa, serta mewujudkan tujuan pendidikan nasional secara umum dan tujuan pendidikan sekolah secara internal. Proses pengisian nilai raport yang berjalan di SMA Muhammadiyah 2 Cipondoh Kota Tangerang untuk saat ini yaitu pengisian dan pengolahan nilai raport di awali dengan tahapan pada saat guru dari masing-masing bidang studi menyerahkan nilai kepada wali kelas, kemudian wali kelas memeriksa dan membuat rekap nilai dari masing-masing mata pelajaran, selanjutnya wali kelas memberikan kepada staff tata usaha untuk mencetaknya. Dimana nilai tersebut akan menjadi nilai akademik yang di laporkan pada sebuah buku laporan kemajuan belajar siswa atau raport setiap semester dan untuk di serahkan kepada wali murid. Sistem diatas masih terdapat kekurangan karena dalam proses pengolahan dan penyimpanan data terutama nilai akademik siswa masih manual seperti dalam bentuk microsoft excel. Dimana proses pengisian raport tersebut belum memanfaatkan sistem aplikasi yang terkomputerisasi sehingga, belum terdapat pengolahan nilai secara bersama dalam sebuah sistem. Oleh karena itu, peneliti ingin mengangkat pembahasan diatas lebih lanjut dan lebih efisien. Dengan merancang dan membangun sistem yang dapat membantu dalam pengisian nilai siswa dengan tujuan agar pembuatan nilai raport dapat dilakukan dengan baik serta mampu mengatasi permasalahan yang ada di SMA Muhammadiyah 2 Cipondoh Tangerang.

References

Al-bahra, Metode Perancangan Program 2011, STMIK Dharma Wacana Metro

Faried. Pengantar Database, 2003. Jakarta Vol 2

Henderi, Maimunah, dan Randy Andrian. 2011. Desain Aplikasi Elearning Sebagai Media Pembelajaran Artificial Informatics. Tangerang: Jurnal CCIT. Vol. 4, No.3-Mei 2011.

Harianto, Pengertian Database, 1993-1994 Konsep dan Perancangan Database. Yogyakarta: Andi

Hengky, Membuat Aplikasi, 2008 Desain Aplikasi dan Rancangannya. Yogyakarta : Andi

Jogiyanto, Sistem informasi penekatan terinstruktur teori dan praktek aplikasi bisnis, 2009 Analisis & Desain Sistem informasi, Yogyakarta: Andi

Kadir, Pengertian Web, 2005 Dasar Pemograman Web. Yogyakarta : Andi

Nugroho, Bnafit. 2011. Database Relasional dengan MySQL. Yogyakarta: Andi

Raharjo, Budi. 2011. Membuat Database menggunakan MySQL. Bandung : Informatika

Rahardja,Untung, Hidayati dan Mia Novalia. 2011. Peningkatan Kinerja Distributed Database Methode DMQ Base Level.Tangerang:Jurnal CCIT. Vol.4, No.3-Mei 2011.

Sutabri, Tata. Pengertian Sistem, 2012 "Konsep Dasar Informasi". Yogyakarta: Andi

Downloads

Published

2020-07-31

How to Cite

Sofyan, S., Agustine, D., & Oktora, E. (2020). Sistem Aplikasi Raport Berbasis Web pada SMA Muhammadiyah 2 Cipondoh Kota Tangerang. Jurnal Ilmiah Fakultas Teknik, 1(2), 89–95. Retrieved from https://ejournal.unis.ac.id/index.php/jimtek/article/view/1064

Most read articles by the same author(s)

> >>