Aplikasi Sistem Parkir Kendaraan Bermotor Menggunakan Teknologi Radio Frequency Identification (RFID) Di Universitas Islam Syekh Yusuf Tangerang

Authors

  • Rani Oktaviani Universitas Islam Syekh Yusuf Tangerang
  • Nazwirman Nazwirman Universitas Islam Syekh-Yusuf Tangerang
  • Djamaludin Djamaludin Universitas Islam Syekh-Yusuf Tangerang
  • Vina Septyana Windyasari Universitas Islam Syekh-Yusuf Tangerang

Keywords:

Sistem, Parkir, Kendaraan, Integrasi, RFId, UNIS

Abstract

Sistem perparkiran di Universitas Islam Syekh-Yusuf Tangerang (UNIS) belum memiliki prosedur baku dalam penanganan setiap kejadian. Dari hasil observasi yang dilakukan, diketahui bahwa lebih dari 80 persen pengguna kendaraan roda dua dan roda empat menyatakan bahwa sistem parkir di UNIS Tangerang saat ini masih belum memenuhi kebutuhan dan harapan terhadap sistem perparkiran yang baik. Alternatif teknologi yang dapat mengatasi kelemahan sistem dan kebutuhan pengguna tersebut adalah Teknologi RFId dipilih karena memiliki beberapa keunggulan. Tahap penelitian dimulai dari analisis terhadap sistem dan kondisi sistem parkir. Tahap berikutnya adalah tahap implementasi dan uji coba sistem yaitu menggali kebutuhan informasi-informasi apa saja yang akan ditampilkan oleh sistem perparkiran. Tahap selanjutnya yaitu tahap perancangan sistem, perancangan basis data dan perancangan interface. Teknologi RFId untuk sistem parkir adalah penggunaan RFId sebagai kartu anggota parkir bagi mahasiswa, dosen dan staff karyawan di UNIS Tangerang. Digunakan untuk memancarkan informasi ke Reader. RFId Reader digunakan untuk membaca informasi yang dibawa. Hasil dari penelitian ini berupa aplikasi sistem perparkiran kendaraan di UNIS. Sistem tersebut berupa automatisasi sistem parkir yang terintegrasi dengan alat RFId, agar dapat tertata rapih dan memberikan rasa aman bagi pengendara yang parkir.

References

Aristanto, Yuni. Utama, Denta Ardy dan Raung, Zakaria. 2010. Perancangan Prototipe Sistem Perparkiran di Universitas Sebelas Maret dengan Menggunakan Teknologi RFID. Performa, Vol. 9 No.1

Eri Irawan dan Rajief SD. Sistem Kehadiran Guru dan Karyawan dengan Sistem RFId di SMA Negeri 1 Bobotsari-Purbalingga (Purbalingga, 2010)

Komputer, Wahana. 2015. Membangun Sistem Informasi dengan Java Netbeans dan MYSQL. Yogyakarta: Andi.

Kurniawan, Bobi. Setiawan, Budi Eko dan Hartono, Rudi. 2012. Perbaikan Sistem Parkir Kendaraan Bermotor di Lingkungan Universitas Komputer Indonesia dengan Menggunakan RFID dan Database. Majalah Ilmiah UNIKOM, Vol. 12 No. 2.

Maryono. 2005. Dasar-dasar radio frequency identification (RFID) yang berpengaruh di perpustakaan. ‘Media Informasi’, Vol. XIV, No. 20.

Nofriadi. 2015. Java Fundamental dengan Netbeans 8.0.2. Yogyakarta: Deepublish.

Republik Indonesia. 1998. Pedoman Teknis Penyelenggaraan Fasilitas Parkir. Jakarta: Direktorat Jenderal Perhubungan Darat.

Republik Indonesia. 1998. Peraturan Pemerintah Daerah Kota Semarang No. 11 Tahun 1998 tentang Perparkiran. Semarang: Pemerintah Daerah.

Setiawan, Budi Eko dan Kurniawan, Bobi. 2015. Perancangan Sistem Absensi Kehadiran Perkuliahan dengan Menggunakan RFID. Jurnal CoreIT, Vol. 1 No. 2.

Sugiarti, Yuni. 2013. Analisa dan Perancangan UML. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Warpani, Suwardjoko. 1990. Merencanakan Sistem Perangkutan. Bandung: ITB.

Downloads

Published

2020-07-31

How to Cite

Oktaviani, R., Nazwirman, N., Djamaludin, D., & Windyasari, V. S. (2020). Aplikasi Sistem Parkir Kendaraan Bermotor Menggunakan Teknologi Radio Frequency Identification (RFID) Di Universitas Islam Syekh Yusuf Tangerang. Jurnal Ilmiah Fakultas Teknik, 1(2), 96–103. Retrieved from https://ejournal.unis.ac.id/index.php/jimtek/article/view/1065

Most read articles by the same author(s)

> >>