Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Autisme Dan ADHD Pada Anak Dengan Metode Forward Chaining Berbasis Android

Authors

  • Fitri Handayani Universitas Islam Syekh Yusuf Tangerang
  • Djamaludin Djamaludin Universitas Islam Syekh Yusuf Tangerang
  • Nia Komalasari Universitas Islam Syekh Yusuf

Keywords:

Sistem pakar, autisme, ADHD, forward chaining, android.

Abstract

Seiring pesatnya kemajuan teknologi komputer saat ini memberi pengaruh di beberapa bidang keilmuan salah satunya bidang kesehatan. Dimana komputer bisa menyamai atau meniru kemampuan seorang pakar yang di sebut sistem pakar (expert system). Autisme merupakan gangguan dalam tumbuh kembang anak yang menyebabkan anak kesulitan dalam segi komunikasi, interaksi sosial dan masalah pada perilaku. Sedangkan ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder) merupakan gangguan pemusatan perhatian disertai hiperaktif pada anak. Di Sekolah Khusus (SKh) Pelangi Anakku yang menjadi kendala saat ini karena ketidak tersediaannya tenaga ahli atau psikolog untuk melakukan observasi terhadap siswa sehingga observasi dilakukan oleh pihak terapis atau guru yang merupakan tenaga pendidik luar biasa (PLB) yang ada di Sekolah Khusus (SKh) Pelangi Anakku untuk mendiagnosa apakah siswa yang ada memiliki gangguan autisme dan ADHD sehingga terapis atau guru dapat menentukan penanganan dan terapi yang sesuai dengan gangguan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode forward chaining. Tujuan dari penelitian ini yaitu membuat sistem pakar berdasarkan knowledge base yang dimiliki seorang pakar dan kemudian diimplementasikan kedalam sistem pakar menggunakan metode forward chaining berbasis android yang dapat membantu terapis, guru dan orang tua dalam mediagnosa autisme dan ADHD pada anak berdasarkan gejala dan perilaku yang ada serta mendapatkan informasi dan solusi penanganan sedini mungkin pada gangguan tersebut.

References

Alkaff, M. dkk. (2019). Sistem Pakar Berbasis Android Untuk Mendeteksi Jenis Perilaku ADHD Pada Anak. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer (JTIIK), 6(2), 135–140. https://doi.org/10.25126/jtiik.201961265

Atmaja, J. R. (2017). Pendidikan Dan Bimbingan Anak Berkebutuhan Khusus. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Djamaludin, Haryanto, & Hasim, Y. K. (2018). Expert System of Dental and Diagnosis

Diseases Using Forward Chaining Method. Internationa Seminar on Education and Development of Asia, 37–42.

Febriyanda, S., Hidayat, T., & Susandi, D. (2020). Sistem Penjualan Online Air Minum. JSiI (Jurnal Sistem Informasi), 7(1), 57–62.

Isnanto, Y. (2017). Mendidik Anak ADD (Attention Deficit Disorder) Hal-hal yang Tidak bisa Dilakukan Obat. Jogyakarta: Javalitera.

Juhara, Z. P. (2016). Panduan Lengkap Pemograman Android. Yogyakarta: Andi.

Kadir, A. (2014). Pengenalan Sistem Informasi Edisi Revisi. Yogyakarta: Andi.

Mulyadi, K. (2011). Autisme is Treatable. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Nurhakim, Handayanna Frisma, R. (2017). Sistem Pakar Diagnosa Autisme Pada Anak Berbasis Android. J-SAKTI (Jurnal Sains Komputer Dan Informatika), 1(2), 158.

https://doi.org/10.30645/j-sakti.v1i2.38 Raharjo, J. S. D., Damiyana, D., & Hidayatullah, M.

(2016). Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Lambung dengan Metode Forward Chaining Berbasis Android. Sisfotek Global, 6(2), 1–8.

Riyadi, L. dan S. (2016). SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENYAKIT AYAM BERBASIS WEB MENGGUNAKAN METODE FORWARD DAN BACKWORD CHAINING.

Jurnal SISTEMASI, 5(September), 29–35.

Rizky, M., Permana, I., Azhar, Y., & Endartoi, O. (2020). Sistem Pakar Untuk Mengidentifikasi Hama Dan Penyakit Pada Tanaman Apelmenggunakan Metode Dempster Shafer. 2(1), 53–66.

Suryani, F., & Iswardani, & A. (2018). Sistem Deteksi Dini Jenis Perilaku Attention Deficit Hyperactivity Disorder Berdasarkan Diasnogtic and Statistical Manual of Mental Disoders. Jurnal Informatika Upgris (JIU), 4(1).

Silvia Ayunda Murad, S.Kom,Muhamad Irsan, S.T.,M.Kom, S.M. 2017. Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Kulit Wajah Di Klinik Edelweiss Medical Centre Menggunakan Java Netbeans Dan Mysql. Jurnal Ilmiah Teknik Informatika 1.

Syahputra, G.R. … Harsadi, I. 2020. Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Aedes Aegypti Berbasis Web. JIMTEK : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Teknik 1: 55–59.

Published

2020-11-30

How to Cite

Handayani, F., Djamaludin, D., & Komalasari, N. (2020). Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Autisme Dan ADHD Pada Anak Dengan Metode Forward Chaining Berbasis Android. Jurnal Ilmiah Fakultas Teknik, 1(3), 216–225. Retrieved from https://ejournal.unis.ac.id/index.php/jimtek/article/view/1120

Most read articles by the same author(s)

> >>