Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Jasa Terhadap Pelayanan Terminal Poris Plawad Tangerang

Authors

  • Dika Agustian Harja Universitas Islam Syekh Yusuf Tangerang
  • Hardjito S Darmojo Universitas Islam Syekh-Yusuf Tangerang
  • Hafiz Abdillah Universitas Islam Syekh-Yusuf Tangerang

Keywords:

Pengguna Jasa, Metode IPA (Importance Performance Analysis), Terminal Poris Plawad, Tingkat Kepuasan, Tingkat Kesesuaian, Sistem Pelayanan

Abstract

Terminal Poris Plawad merupakan Terminal yang berada di Daerah Cipondoh Kota Tangerang Provinsi Banten. Terminal Poris Plawad menjadi salah satu terminal pusat Kota Tangerang, dan saat ini terminal tersebut ditetapkan sebagai Terminal penumpang tipe A. Terminal ini berfungsi melayani angkutan umum untuk antar kota antar provinsi (AKAP), dan angkutan antar kota dalam provinsi (AKDP), angkutan kota (ANGKOT). Keberadaan Terminal Poris Plawad saat ini sudah berfungsi efektif, hanya saja masih ada fasilitas terminal yang kurang baik sehingga banyak pengguna jasa yang mengeluhkan hal ini. Oleh karena itu sangat penting untuk mengetahui bagaimana kondisi Terminal Poris Plawad saat ini dan tingkat kepuasan pengguna jasa terhadap pelayanan Terminal Poris Plawad Kota Tangerang. Penelitian ini menggunakan metode survei lapangan dengan melakukan pengamatan di Terminal Poris Plawad untuk menganalisa fungsi dari terminal sesuai ketentuan Peraturan Menteri No. 31 tahun 1995. Dilakukan pula penyebaran kuisioner terhadap pelayanan Terminal Poris Plawad secara langsung ke pengguna jasa dengan menggunakan metode perhitungan Important Performance Analysis (IPA).

Berdasarkan hasil pengamatan langsung dilapangan, ketersediaan fasilitas jasa Terminal Poris Plawad Sangat Memuaskan hanya kurang dalam hal perawatan fasilitas sedangkan berdasarkan hasil penggambaran pada diagram kartesius di dapatkan atribut pelayanan pada Kuaran A (V2, V7, V18, V19, V23), Kuadran B (V1, V5, V6, V10, V11, V12, V20, V21), Kuadran C (V3, V4, V13, V14, V16, V17, V24) dan Kuadran D (V8, V9, V15, V22). Secara keseluruhan persepsi dan tingkat kepuasan pengguna jasa terhadap pelayanan Terminal Poris Plawad Sangat Memuaskan/Sangat Baik, dengan nilai rata-rata tingkat kesesuaian sebesar 87,48%.

References

Undang-undang Republik Indonesia. 2009. Lalu Lintas dan Angkutan Jalan No. 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Jakarta

Salim, H.A. Abbas. 1993. Manajemen Transportasi. Penerbit Rajawali Pers. Jakarta

Singgih Santoso. 2015. Menguasai Statistik Parametrik Konsep dan Aplikasi dengan SPSS 22. Penerbit Elex Media Komputindo. Jakarta

Dinas Pehubungan Kota Tangerang. 2014. Pendataan dan Evaluasi Terminal di Kota Tangerang. Tangerang

Muksalmina, 2013. Analisa Tingkat Pelayanan Bus Dengan Metode Importance Performance Analysis. Medan

Yulia Chaerunnisa, 2015. Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Jasa Terhadap Pelayanan Terminal Pakupatan. Serang

Roben, Lisnawati M D, 2012. Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Jasa Transportasi Armada Perum Damri Divisi Denpasar Terhadap Kualitas Pelayanan. Yogyakarta

UPTD Dinas Perhubungan Terminal Poris Plawad. 2017. Tangerang

Dinas Pekerjaan Umum. 2017. Tangerang

http://hubdat.dephub.go.id/km/tahun-1995/144-km-31-tahun-1995-ttg-terminal-transportasi-jalan

http://analisis-statistika.blogspot.co.id/2012/09/menentukan-jumlah-sampel-dengan-rumus.html

https://www.scribd.com/doc/50429576/Metode-Importance-Performance-Analysis

http://jdih.dephub.go.id/produk_hukum/view/VUUwZ05EQWdWRUZJVIU0Z01qXhOUT09S

Downloads

Published

2020-07-31

How to Cite

Harja, D. A., Darmojo, H. S., & Abdillah, H. (2020). Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Jasa Terhadap Pelayanan Terminal Poris Plawad Tangerang. Jurnal Ilmiah Fakultas Teknik, 1(2), 117–123. Retrieved from https://ejournal.unis.ac.id/index.php/jimtek/article/view/1068

Most read articles by the same author(s)