Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Jasa Terhadap Pelayanan Terminal Poris Plawad Tangerang
Keywords:
Pengguna Jasa, Metode IPA (Importance Performance Analysis), Terminal Poris Plawad, Tingkat Kepuasan, Tingkat Kesesuaian, Sistem PelayananAbstract
Terminal Poris Plawad merupakan Terminal yang berada di Daerah Cipondoh Kota Tangerang Provinsi Banten. Terminal Poris Plawad menjadi salah satu terminal pusat Kota Tangerang, dan saat ini terminal tersebut ditetapkan sebagai Terminal penumpang tipe A. Terminal ini berfungsi melayani angkutan umum untuk antar kota antar provinsi (AKAP), dan angkutan antar kota dalam provinsi (AKDP), angkutan kota (ANGKOT). Keberadaan Terminal Poris Plawad saat ini sudah berfungsi efektif, hanya saja masih ada fasilitas terminal yang kurang baik sehingga banyak pengguna jasa yang mengeluhkan hal ini. Oleh karena itu sangat penting untuk mengetahui bagaimana kondisi Terminal Poris Plawad saat ini dan tingkat kepuasan pengguna jasa terhadap pelayanan Terminal Poris Plawad Kota Tangerang. Penelitian ini menggunakan metode survei lapangan dengan melakukan pengamatan di Terminal Poris Plawad untuk menganalisa fungsi dari terminal sesuai ketentuan Peraturan Menteri No. 31 tahun 1995. Dilakukan pula penyebaran kuisioner terhadap pelayanan Terminal Poris Plawad secara langsung ke pengguna jasa dengan menggunakan metode perhitungan Important Performance Analysis (IPA).
Berdasarkan hasil pengamatan langsung dilapangan, ketersediaan fasilitas jasa Terminal Poris Plawad Sangat Memuaskan hanya kurang dalam hal perawatan fasilitas sedangkan berdasarkan hasil penggambaran pada diagram kartesius di dapatkan atribut pelayanan pada Kuaran A (V2, V7, V18, V19, V23), Kuadran B (V1, V5, V6, V10, V11, V12, V20, V21), Kuadran C (V3, V4, V13, V14, V16, V17, V24) dan Kuadran D (V8, V9, V15, V22). Secara keseluruhan persepsi dan tingkat kepuasan pengguna jasa terhadap pelayanan Terminal Poris Plawad Sangat Memuaskan/Sangat Baik, dengan nilai rata-rata tingkat kesesuaian sebesar 87,48%.References
Undang-undang Republik Indonesia. 2009. Lalu Lintas dan Angkutan Jalan No. 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Jakarta
Salim, H.A. Abbas. 1993. Manajemen Transportasi. Penerbit Rajawali Pers. Jakarta
Singgih Santoso. 2015. Menguasai Statistik Parametrik Konsep dan Aplikasi dengan SPSS 22. Penerbit Elex Media Komputindo. Jakarta
Dinas Pehubungan Kota Tangerang. 2014. Pendataan dan Evaluasi Terminal di Kota Tangerang. Tangerang
Muksalmina, 2013. Analisa Tingkat Pelayanan Bus Dengan Metode Importance Performance Analysis. Medan
Yulia Chaerunnisa, 2015. Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Jasa Terhadap Pelayanan Terminal Pakupatan. Serang
Roben, Lisnawati M D, 2012. Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Jasa Transportasi Armada Perum Damri Divisi Denpasar Terhadap Kualitas Pelayanan. Yogyakarta
UPTD Dinas Perhubungan Terminal Poris Plawad. 2017. Tangerang
Dinas Pekerjaan Umum. 2017. Tangerang
http://hubdat.dephub.go.id/km/tahun-1995/144-km-31-tahun-1995-ttg-terminal-transportasi-jalan
http://analisis-statistika.blogspot.co.id/2012/09/menentukan-jumlah-sampel-dengan-rumus.html
https://www.scribd.com/doc/50429576/Metode-Importance-Performance-Analysis
http://jdih.dephub.go.id/produk_hukum/view/VUUwZ05EQWdWRUZJVIU0Z01qXhOUT09S