MODEL PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN GLOBAL DI SEKOLAH DASAR BERBASIS MULTIKULTURALISME SEBAGAI PRAKTIK PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN DI BIDANG KEMANUSIAAN

Authors

  • Alya Rahmadiyani Universitas Pendidikan Indonesia
  • Ayu Rahmawati Universitas Pendidikan Indonesia
  • Aceng Fahmi Idris Universitas Pendidikan Indonesia
  • Agil Nanggala Universitas Pendidikan Indonesia
  • Rizal Fahmi Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33592/pelita.v23i2.4852

Abstract

Pendidikan Kewarganegaraan Global di Sekolah Dasar merupakan ilmu yang membentuk peserta didik menjadi warga global yang kompeten, dengan mengembangkan dimensi kompetensi global seperti pengetahuan, keterampilan dan karakter. Penyelenggaraan pendidikan kewarganegaraan di sekolah dasar perlu menanamkan pendidikan Kewarganegaraan Global yang berbasis multikulturalisme agar mampu mempertahankan eksistensi PKN di tanah global dan membantu mengoptimalkan proses pembangunan berkelanjutan di bidang kemanusiaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui model pendidikan kewarganegaraan global berbasis multikulturalisme di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi literatur dari berbagai sumber seperti jurnal ilmiah, artikel dan sumber lain yang relevan dengan topik penelitian. Peneliti melakukan analisis, refleksi dan finalisasi mengenai model Global Civics berbasis Multikulturalisme sebagai Praktik Pembangunan Berkelanjutan di Bidang Kemanusiaan. Data yang diperoleh dinarasikan dan dideskripsikan untuk memperoleh hasil yang komprehensif. Data menunjukkan ada lima tahapan yang terdiri dari relevansi, realisasi, inti, refleksi dan sosialisasi masif. Tahapan ini dilakukan sebagai penerapan model Pendidikan Kewarganegaraan global di sekolah dasar sebagai praktik pembangunan berkelanjutan di bidang kemanusiaan..

Author Biographies

Ayu Rahmawati, Universitas Pendidikan Indonesia

PGSD, Rank A

Aceng Fahmi Idris, Universitas Pendidikan Indonesia

PGSD, Rank A

Agil Nanggala, Universitas Pendidikan Indonesia

PGSD, Rank A

Rizal Fahmi, Universitas Pendidikan Indonesia

FKIP

References

Abdillah, F. (2016, Desember). Interdisipliner: Refleksi Epistemologis Pendidikan Kewarganegaraan Di Sekolah Dasar. Dalam Seminar Internasional Filsafat Pendidikan: Landasan Utama dalam Penguatan Perkembangan Pedagogi Generasi Mendatang Indonesia (hlm. 138-141).

Adji, B., Asri, D. N., & Prasasti, P. A. T. (2023, July). Penerapan Pendidikan Multikultural Pada Pembelajaran Ppkn Di Sekolah Dasar. In Seminar Nasional Sosial, Sains, Pendidikan, HUMANIORA (SENASSDRA) (Vol.2, No.2, hlm.569-579).

Azra, A. (2006). Pancasila dan Identitas Nasional Indonesia: Perspektif Multikulturalisme. DALAM RESTORASI PANCASILA: MENDAMAIKAN POLITIK IDENTITAS DANMODERNITAS.

Dharma, S. (2020). Model Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Global Berbasis Multikultural (Studi Pengembangan Untuk Meningkatkan Kompetensi Kewarganegaraan Global Pada Mahapeserta didik di Perguruan Tinggi di Kota Medan) (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Dwintari, J. W. (2018). Urgensi Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Multikultural Dalam Pembinaan Keberagaman Masyarakat Indonesia. BUDAYA SIPIL: JURNAL ILMU PENDIDIKAN PKN DAN SOSIAL BUDAYA,2(1).

Erisa, E. (2019). Pengembangan Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Pendidikan Nilai. JURNAL KEWARGANEGARAAN,3(2), 81-86.

Humaeroh, S., & Dewi, DA (2021). Peran Pendidikan Kewarganegaraan di Era Globalisasi Dalam Pembentukan Karakter Siswa. JURNAL PENDIDIKAN ,3 (3), 216-222.

Indarti, S. (2018, July). Integrasi €˜ Global Citizenship Education’ Dalam Pembelajaran Keragaman Di Smk Bukit Asam Tanjung Untuk Di dalamProsiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.

Iswanda, M. L., & Dewi, D. A. (2021). Peran Pendidikan Kewarganegaraan di Era Globalisasi. JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI,5(1), 1494-1500.

Khaedir, M., & AzisWahab, A. Fungsi Pendidikan Multikulturalisme dalam Menumbuhkan Warga Global (Studi Kasus Di Sma Celebes Global School Makassar).

Komalasari, K. (2012). Pengaruh Pembelajaran Kontekstual dalam Pendidikan Kewarganegaraan pada Keterampilan Kewarganegaraan Siswa. PENDIDIKAN:JURNAL INTERNASIONAL UNTUK STUDI PENDIDIKAN, 4(2), 179-190

Korotayev, A., Slinko, E., Meshcherina, K., & Zinkina, J. (2020). Variasi Manusia Nilai dan Modernisasi: Hasil Awal. Penelitian Lintas Budaya, 54(2–3), 238–272.

M, N., Hasibuan, K. N., & I’zaati, L. (2023). Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Melalui Pendekatan Multikultural pada Kurikulum Pendidikan Dasar Mata PelajaranPendidikan Kewarganegaraan di SDN 102 Aneka Marga. EDUKASIA: JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN, 4(2), 1917-1926. Diterima darihttp://www.jurnaledukasia.org/index.php/edukasia/article/view/524

Maksum, A. & Anwar, F. (2016). Peran Pendidikan Kewarganegaraan di Era Globalisasi dalam Menumbuhkan Semangat Nasionalisme. Pionir: JURNAL PENDIDIKAN, 5(2).

Murdiono, M. (2014). Pendidikan Kewarganegaraan untuk membangun wawasan global warga Negara Muda. JURNAL CAKRAWALA PENDIDIKAN ,33 (3).

Nanggala, A., & Komalasari, K. (2023). Orientasi Pendidikan Kewarganegaraan Global Pada Asia Pasifik Berbasis Nilai- Nilai-Nilai Kemanusiaan Untuk Mewujudkan Perdamaian Kawasan.JURNAL PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN, 7(1), 20-34.

Pradana, Y., & Komalasari, K. (2023). Aktualisasi Warga Global Yang Humanis. Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan PKn, 10(1), 1-11.

Rachman, F. (2016). Pendidikan Kewarganegaraan dalam Pembangunan Berkelanjutan dan Tantangan Ketegangan. Prosiding Konferensi Nasional Kewarganegaraan Ke-2: Penguatan Kajian Atas Isu-Isu Aktual Kewarganegaraan dalam Konteks Kependidikan dan Non-Kependidikan. YOGYAKARTA: LABORATORIUM PKN FIS UNY.(hal. 209–236).

Safitri, A. O., Yunianti, V. D., & Rostika, D. (2022). Upaya Peningkatan Pendidikan Berkualitas Di Indonesia: Analisis Pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs).JURNAL BASICEDU,6(4), 7096-7106.

Sati, L. & Dewi, D. A. (2021). Peran Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Pendidikan Multikultural. JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI 5(1), 904-910.

Sitepu, E. N. (2021). Multikulturalisme Dan Pluralisme Dalam Pembelajaran PKn Pengamalan Sila Ketiga Dalam Pancasila. JURNAL PENELITIAN DAN MUDABBIR STUDI PENDIDIKAN, 1(1), 51-60.

Sutrisno, S. (2023). Pendidikan Kewarganegaraan Berwawasan Global Untuk Penanaman Kecakapan Belajar Dan Berinovasi Warga Negara Abad Ke-21. JURNAL DIMENSI PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN, 11(1), 57-66.

Tolak, T. (2018). Peneguhan Masyarakat Multikultural Indonesia melalui Aktualisasi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. JUPIIS: JURNAL PENDIDIKAN ILMU-ILMU SOSIAL. 10 (2). Hlm. 21-30.

Usmi, R. (2023). Analisis Kewarganegaraan Global dalam Konteks Pendidikan Kewarganegaraan. JURNAL STUDI KEWARGANEGARAAN DAN MORAL,8(1), 83-91.

Utami, AD (2022). Strategi Komunikasi Anti Narkoba Dalam Literasi Media Di Indonesia. KOMUNIKASIA: JURNAL KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM ,2 (2), 125-137.

Walangadi, H., Umar, E., & Palilati, K. (2020). Membentuk siswa sebagai global citizen melalui mata pelajaran PKn di sekolah dasar. E-PROSIDING PASCASARJANA UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO.

Zaini, Z. (2010). PENGUATAN PENDIDIKAN TOLERANSI SEJAK USIA DINI (Menanamkan Nilai-Nilai Toleransi Dalam Pluralisme Beragama Pada Pendidikananak Usia Dini (PAUD) Di Kabupaten Tulungagung Tahun 2010). TOLERANSI: MEDIA ILMIAH KOMUNIKASI UMAT BERAGAMA, 2(1), 16-30.

Downloads

Published

2024-08-19

How to Cite

Rahmadiyani, A., Rahmawati, A. ., Fahmi Idris, A. ., Nanggala, A., & Fahmi, R. (2024). MODEL PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN GLOBAL DI SEKOLAH DASAR BERBASIS MULTIKULTURALISME SEBAGAI PRAKTIK PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN DI BIDANG KEMANUSIAAN. Pelita : Jurnal Penelitian Dan Karya Ilmiah, 23(2), 10–17. https://doi.org/10.33592/pelita.v23i2.4852