THE ROLE OF VOCATIONAL EDUCATION AT THE HIGHER EDUCATION LEVEL TO PREPARE YOUNG CITIZENS TO FACE THE ERA OF SOCIETY 5.0
DOI:
https://doi.org/10.33592/pelita.v24i1.5016Abstract
Pendidikan vokasi memiliki peran vital dalam mempersiapkan warga
negara muda untuk menghadapi era Society 5.0. Dengan menyediakan
keterampilan praktis, pengalaman langsung, dan kurikulum yang relevan
dengan kebutuhan industri, pendidikan vokasi berfungsi sebagai alat
yang efektif untuk meningkatkan kesiapan kerja dan daya saing lulusan
di pasar tenaga kerja yang semakin kompleks dan berubah cepat.
pendidikan vokasi memiliki peran vital dalam mempersiapkan warga
negara muda untuk menghadapi era Society 5.0. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif dengan fokus pada studi literatur
untuk memperdalam pemahaman mengenai peran pendidikan vokasi
pada jenjang pendidikan tinggi dalam mempersiapkan warga negara
muda menghadapi era Society 5.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
Pendidikan vokasi pada jenjang pendidikan tinggi memainkan peran
krusial dalam mempersiapkan warga negara muda menghadapi era
Society 5.0 dengan menyediakan keterampilan praktis dan relevan yang
langsung dapat diterapkan dalam dunia kerja yang semakin terintegrasi
dengan teknologi canggih. Melalui kurikulum yang adaptif, pengalaman
langsung di industri, dan pengembangan keterampilan sesuai kebutuhan
pasar, pendidikan vokasi tidak hanya meningkatkan kesiapan kerja
lulusan tetapi juga memastikan mereka dapat berkontribus
References
Ahmadi, F., & Ibda, H. (2020). Konsep dan aplikasi literasi baru di era revolusi industri 4.0 dan society
0. CV. Pilar Nusantara.
Astini, N. K. S. (2022). Tantangan implementasi merdeka belajar pada era new normal covid-19 dan era
society 5.0. Lampuhyang, 13(1), 164–180.
Basuki, W. (2022). Manajemen pendidikan teknologi kejuruan dan vokasi (1st ed., Vol. 1). PT. Bumi
Aksara.
Dewi, K. C., Ciptayani, P. I., Surjono, H. D., & Priyanto, P. (2019). Blended Learning: Konsep dan
Implementasi pada Pendidikan Tinggi Vokasi (1st ed., Vol. 1). Swasta Nulus.
Dhyanasaridewi, I. G. A., Murwaningsari, E., & Mayangsari, S. (2024). The effect of Sustainability
Innovation, Proactive Sustainability Strategy, and Digital Transformation on Corporate
Sustainability Performance. Revista de Gestão Social e Ambiental, 18(6).
Dito, S. B., & Pujiastuti, H. (2021). Dampak revolusi industri 4.0 pada sektor pendidikan: kajian literatur
mengenai digital learning pada pendidikan dasar dan menengah. Urnal Sains Dan Edukasi Sains,
(2), 59–65.
Handayani, N. N. L., & Muliastrini, N. K. E. (2020). Pembelajaran era disruptif menuju era society 5.0
(telaah perspektif pendidikan dasar). Seminar Nasional IAHN-TP Palangka Raya, 1–14.
PELITA, Volume 24, Issue 1, 2024 pp. 76-83
Ari Febrian/ THE ROLE OF VOCATIONAL EDUCATION AT THE HIGHER EDUCATION LEVEL TO PREPARE YOUNG CITIZENS TO FACE
THE ERA OF SOCIETY 5.0
Khairunisa, W., Abdulkarim, A., & Iswandi, D. (2023). Penggunaan Media Podcast Berbasis Nilai
Kepahlawanan terhadap Pembentukan Sikap Nasionalisme Siswa dalam Mata Pelajaran PKn.
Jurnal Jendela Pendidikan, 3(4), 372–381.
Khairunisa, W., & Damayanti, S. (2023). Pentingnya Pendidikan Kewarganegaraan bagi Suatu Negara
pada Generasi Milenial Abad-21. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 9(1), 35–42.
Khairunisa, W., Febrian, A., Sundawa, D., & Rahmat. (2024). Membangun Keadaban Digitalisasi
Warga Negara Indonesia dalam Perspektif Pendidikan Kewarganegaraan. Jendela Pendidikan,
(1), 1–8.
Khairunisa, W., & Sundawa, D. (2023). The Urgency of Digital Literacy in Developing Character
Education for Youth in Society 5.0. Building a Better Future in the Digitalization Era, 125–143.
Lase, D. (2019). Pendidikan di era revolusi industri 4.0. SUNDERMANN: Jurnal Ilmiah Teologi,
Pendidikan, Sains, Humaniora Dan Kebudayaan, 12(2), 28–43.
Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F., Chitta, F., & Zulfikar, M. (2021). Pentingnya keterampilan belajar
di abad 21 sebagai tuntutan dalam pengembangan sumber daya manusia. Lectura: Jurnal
Pendidikan, 12(1), 29–40.
Meditama, R. F. (2021). Pendidikan vokasi sebagai elemen fundamental menghadapi tantangan revolusi
industri 4.0. International Seminar On Islamic Education & Peace, 443–452.
Nainggolan, Hotnida, & Dwi Hastuti. (2023). Manajemen Pemasaran (implementasi manajemen
pemasaran pada masa revolusi industri 4.0 menuju era society 5.0) (1st ed., Vol. 1). PT. Sonpedia
Publishing Indonesia.
Nurhayati, E. S., & Wijayanti, L. (2023). Tinjauan literatur sistematis terhadap eksistensi dan
kompetensi profesi pustakawan menyongsong era society 5.0. BACA: Jurnal Dokumentasi Dan
Informasi, 44(2), 77–96.
Nurwardani, P. (2016). Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Vokasi (1st ed.). Direktorat
Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi.
Rafki, A., Susanti, R., Suyuthie, H., & Fiza, A. K. (2024). Hubungan Antara Pengalaman Magang
Dengan Kesiapan Kerja Mahasiswa Manajemen Perhotelan. Jurnal Kajian Pariwisata Dan
Perhotelan, 1(3), 88–94.
Raharja, H. Y. (2019). RELEVANSI PANCASILA ERA INDUSTRY 4.0 DAN SOCIETY 5.0 DI
PENDIDIKAN TINGGI VOKASI. Journal of Digital Education, Communication, and Arts, 2(2),
–20.
Rahmawati, N., Sutrisno, & Wena, M. (2016). Evaluasi Program Penilaian Hasil Belajar Pada
Kurikulum 2013 Kelompok Mata Pelajaran Produktif Keahlian Teknik Konstruksi Kayu SMK.
Teknologi Dan Kejuruan, 39(2), 109–118.
Riyadi, A. (2014). Peran Sekolah Menengah Kejuruan dalam Menyongsong Era Society 5.0.
Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 15(1), 39–45.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & R&D. Alfabeta.
Sumartono, S., Huda, N., & Rafsanjani, W. A. H. (2021). Student’s Perception of Online Learning Due
to Covid 19 (Case Study at UNITOMO Vocational School Surabaya). Webology, 18(2).
Wahyudi, A., Assyamiri, M. B. T., Wilda, A. A., Mohammad, R. F. S. Y., & Isa, A. (2023). Dampak
transformasi era digital terhadap manajemen sumber daya manusia. Jurnal Bintang Manajemen,
–111.
Wiwi, Y. N., & Giatman, M. (2024). Membangun Jiwa Entrepreneurship pada Siswa Sekolah Menengah
Kejuruan (SMK). Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 7801–7808.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 ari febrian
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Pelita : Jurnal Penelitian dan Karya Ilmiah this site and metadata is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License