KOMUNIKASI ANTARPRIBADI PEMANDU MUSEUM PADA LAYANAN VIRTUAL TOUR MUSEUM KEHUTANAN MELALUI APLIKASI ZOOM
DOI:
https://doi.org/10.33592/dk.v11i1.3447Abstract
Museum Kehutanan merupakan destinasi wisata di Jakarta yang dikelola Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Pandemi yang melanda selama dua tahun membuat Museum Kehutanan mengadaptasi layanan publik dengan menggunakan teknologi komunikasi kekinian, yakni virtual tour dengan memanfaatkan aplikasi zoom. Interaksi sosial dan komunikasi antarpribadi yang terbangun dalam layanan virtual tour antara Pemandu Museum Kehutanan selaku Komunikator dan Para peserta Layanan Virtual Tour sebagai Komunikan menarik untuk diteliti. Tujuan penelitian ini adalah memahami dan menjelaskan peran komunikasi antarpribadi Pemandu Museum dalam layanan virtual tour Museum Kehutanan melalui aplikasi zoom. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan desain studi kasus di Museum Kehutanan. Hasil penelitian menunjukan bahwa Pemandu Museum Kehutanan dalam proses interaksi sosial dan komunikasi antar pribadi melakukan pendekatan sesuai teori DeVito, yakni keterbukaan, empati, sikap mendukung, sikap positif dan kesetaraan, agar kegiatan virtual tour tidak membosankan dan berkesan bagi Peserta untuk datang berkunjung secara langsung di Museum Kehutanan. Respon peserta virtual tour sangat positif dan berharap dapat memotivasi siswa untuk aktif mencari pengetahuan agar berprestasi baik di sekolah.