PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP MINAT MELANJUTKAN STUDI KEPERGURUAN TINGGI PADA KELAS XII SMAN 20 KABUPATEN TANGERANG

Authors

  • Hikmatul Latifah Universitas Islam Syekh Yusuf
  • Femi Handayani Universitas Islam Syeikh Yusuf
  • Andi Yustira Lestari Universitas Islam Syeikh Yusuf

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis, mengukur dan mengetahui kepuasan masyarakat pada kantor desa Sukawali Kabupaten Tangerang ditinjau dari aspek pendidikan, dengan menggunakan dua variabel bebas (kualitas pelayanan, dan motivasi kerja). Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari kuesioner yang disebarkan kepada masyarakat di Desa Sukawali Kabupaten Tangerang. Penelitian ini memiliki populasi sebanyak 252 orang dan sampel sebanyak 155 orang. Metode analisis yang digunakan adalah metode deskriptif dengan menggunakan uji analisis regresi berganda, uji t hipotesis dan uji hipotesis f dengan bantuan program SPSS versi 25. Hasil penelitian ini menemukan adanya pengaruh yang positif dan signifikan antara kualitas pelayanan dengan kepuasan masyarakat pada kantor Desa Sukawali dengan nilai thitung = 3,343 dan signifikansi 0,001. Sedangkan variabel motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan masyarakat pada kantor Desa Sukawali dengan nilai t hitung = 6,857 dan signifikansi 0,000.

 

Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Motivasi Kerja, Kepuasan Masyarakat dan Kantor Desa

Downloads

Published

2021-03-31

How to Cite

Latifah, H., Handayani, F., & Lestari, A. Y. (2021). PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP MINAT MELANJUTKAN STUDI KEPERGURUAN TINGGI PADA KELAS XII SMAN 20 KABUPATEN TANGERANG. Journal of Business Education and Social, 2(1), 47–57. Retrieved from https://ejournal.unis.ac.id/index.php/JBS/article/view/2613

Most read articles by the same author(s)