PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP SISWA BERPIKIR KRITIS

Authors

  • Nur Saidah Sulistianingsih Universitas Islam Syekh Yusuf

DOI:

https://doi.org/10.33592/jbes.v5i2.5807

Abstract

Abstrak
Sifat manusia yang terus belajar sepanjang hidupnya memerlukan pendidikan selalu mengalami perkembangan setiap tahunnya. Sebab dengan belajar manusia melakukan perubahan kualitas hidup sehingga berkembang perilakunya. Belajar bukan sekedar pengalaman saja, tetapi belajar juga merupakan suatu proses dan bukan suatu hasil, karena segala aktivitas dan pencapaian hidup manusia tidak lain hanyalah hasil dari belajar. Pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw berpengaruh terhadap berpikir kritis siswa pada kelas perlakuan X.3 SMAN 14 Kota Tangerang dengan populasi 80 siswa dan teknik pengumpulan sampel 40 siswa dalam dua kelas; kelas kontrol dan kelas eksperimen. Dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada siswa berpikir kritis SMAN 14 Kota Tangerang, maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap kemampuan berpikir kritis siswa jika dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 86,33 dan nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 75,33, selisih rata-rata sebesar 11 menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw jika dibandingkan dengan menggunakan model konvensional.

Published

2024-12-17

How to Cite

Sulistianingsih, N. S. (2024). PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP SISWA BERPIKIR KRITIS. Journal of Business Education and Social, 5(2), 46–58. https://doi.org/10.33592/jbes.v5i2.5807