PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT-BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN KETERAMPILAN KEWIRAUSAHAAN PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH
DOI:
https://doi.org/10.33592/jbes.v6i1.6605Abstract
Penerapan model pembelajaran Project-Based Learning (PjBL) di sekolah menengah memiliki potensi signifikan dalam meningkatkan kreativitas dan keterampilan kewirausahaan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh PjBL terhadap kedua aspek tersebut, mengingat pentingnya keterampilan 4C (creativity, critical thinking, collaboration, and communication) dalam menghadapi tantangan abad ke-21. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain quasi-experimental One-Group Pretest-Posttest, melibatkan 25 siswa di SMK Teknologi Informatika YPML Tangerang. Hasil analisis menunjukkan bahwa penerapan PjBL secara signifikan meningkatkan kreativitas dan keterampilan kewirausahaan siswa, dengan nilai signifikansi p<0,05 pada uji paired sample t-test. Temuan ini mengindikasikan bahwa PjBL tidak hanya membantu siswa dalam mengembangkan ide kreatif tetapi juga mempersiapkan mereka untuk tantangan dunia kerja melalui pengalaman praktis. Penelitian ini merekomendasikan integrasi PjBL dalam kurikulum pendidikan kewirausahaan untuk memfasilitasi pengembangan keterampilan yang relevan dan aplikatif di kalangan siswa.