EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN PENGAJARAN KONTEKSTUAL PADA PELAJARAN EKONOMI TERHADAP KREATIVITAS DAN HASIL PEMBELAJARANtual pada pelajaran ekonomi terhadap kreativitas dan hasil pembelajaran
DOI:
https://doi.org/10.33592/jbes.v6i1.6608Abstract
Penelitian ini mengaplikasikan metode kuantitatif dengan pendekatan kuasi-eksperimental, menggunakan desain One-Group Pretest-Posttest. Populasi penelitian meliput 13 siswa dalam satu kelas yang telah ditentukan setelah memperoleh izin penelitian, dengan seluruh populasi dijadikan sampel. Pada kelas eksperimen, diterapkan metode pembelajaran teaterikal sementara metode pembelajaran konvensional digunakan pada kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa soal tes disusun berdasarkan indikator kreativitas dan hasil belajar siswa dengan masukan dari para ahli. Hasil analisis menunjukkan distribusi data yang tidak normal, namun uji-t Welch digunakan sebagai metode alternatif yang lebih tahan terhadap perbedaan ukuran atau varians antar kelompok. Meskipun hasil Paired Samples Test tidak menunjukkan perbedaan signifikan antara data pretest dan posttest, varians antar kelompok dinyatakan homogen dengan nilai signifikansi > 0,05 pada berbagai metode uji. Kesimpulannya, tidak ada perbedaan yang cukup signifikan antara data pretest dan posttest, meskipun analisis masih dilakukan dengan metode yang tepat.