PENGEMBANGAN E-MODUL AKUNTANSI DASAR BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK DI SMK
DOI:
https://doi.org/10.33592/jbes.v6i1.6657Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul akuntansi dasar berbasis pendekatan saintifik untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di SMK. Pendekatan saintifik diterapkan melalui lima langkah utama: mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan mengomunikasikan. Penelitian menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Uji coba dilakukan pada siswa kelas X di SMK X, dengan pengukuran hasil belajar melalui pre-test dan post-test (Indrawati & Saputra, 2020). Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul berbasis pendekatan saintifik efektif meningkatkan hasil belajar siswa. Nilai rata-rata siswa meningkat dari 60 (pre-test) menjadi 85 (post-test). Selain itu, e-modul mendapatkan tanggapan positif dari siswa dan guru karena fitur-fiturnya yang interaktif dan relevan dengan Kurikulum 2013.