ANALISIS KARAKTER RASA INGIN TAHU SISWA SECARA KRITIS PADA PERKEMBANGAN TEKNOLOGI BERIMPLIKASI DALAM PEMBELAJARAN

Authors

  • Ismi Adnin Universitas Pendidikan Indonesia
  • Zindan Baynal Hubi Universitas Islam Syekh-Yusuf

DOI:

https://doi.org/10.33592/jipis.v32i2.4535

Abstract

     Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakter rasa ingin tahu peserta didik di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Tanjung Raja. Penelitian ini intens pada penganalisisan analisis karakter rasa ingin tahu secara kritis terhadap perkembangan teknologi yang berimplikasi dalam pembelajaran. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif menggunakan metode deskriptif. Data penelitian dikumpulkan meggunakan teknik wawancara, dokuentasi, dan pengamatan secara nyata di SMAN 1 Tanjung Raja. Informan dalam penelitian ini adalah 5 orang peserta didik yang dipilih berdasarkan hasil pengamatan, wakil kurikulum, dan wakil kesiswaan. Informan ini dari kelas XI. Perolehan hasil penelitian yakni bahwa karakter rasa ingin tahu memang sangat penting dimiliki peserta didik terutama terkait dengan perkembangan teknologi yang peggunaannya nanti akan berimplikasi ketika mereka belajar, dan pelaksanaannya perlu dukungan dari tipusan pendidikan, terutama ari lingkungan keluarga dan sekolah, dan harus berkontribusi satu sama lain senhingga karakter rasa ingin tahu dapat dipertahankan, dan ditingkatkan, yang diharapkan dapat berguna bagi kehidupannya sendiri.

References

Badi’ah, W. F. N., Subekti, H., & Sabtiawan, W. B. (2023). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Rasa Ingin Tahu Pada Pembelajaran Ipa Menggunakan Model Pembelajaran Problem-Based Learning. Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains, 11(1), 32–37.

Hakim, L., & Marzuki, I. (2019). Pendidikan Karakter Rasa Ingin Tahu Melalui Pembelajaran Konstruktif Dalam Kisah Musa Dan Khidir. Jurnal Kajian Islam Dan Pendidikan Tadarus Tarbawy, 1(2), 138–151. https://doi.org/10.31000/jkip.v1i2.2046

Handayani, I., Febriyanto, E., & Kristanti, C. Y. (2019). Peran Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi Dalam Pembelajaran Ilearning Plus Di Universitas Raharja. 16(2).

Harianja, J. K. (2020). Mengembangkan Sikap Rasa Ingin Tahu (Curiosity) Pada Pelajaran Fisika Menggunakan Model Pembelajaran Flipped Classroom. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 6(1), 121–130. https://doi.org/10.29303/jpft.v6i1.1738

Mainuddin, M., Tobroni, T., & Nurhakim, M. (2023). Pemikiran Pendidikan Karakter Al-Ghazali, Lawrence Kolberg dan Thomas Lickona. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 6(2), 283–290. https://doi.org/10.54069/attadrib.v6i2.563

Muarif, J. A., Jihad, F. A., Alfadli, M. I., & Setiabudi, D. I. (2019). Hubungan Perkembangan Teknologi Ai Terhadap Pembelajaran Mahasiswa. Jurnal Pendidikan IPS, 4(2), 53 60. http://jurnal.ut.ac.id/index.php/jp/search/authors/view?givenName=MeryNoviyanti&familyName=&affiliation=UniversitasTerbuka&country=ID&authorName=Mery Noviyanti

Ni’mah, N., Purtina, A., & Setyawan, D. (2023). Pengembangan Model Pembelajaran Critical Investigation Group Untuk Mengembangkan Rasa Ingin Tahu Siswa. VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 14(April), 86–97.

Pasani, C. F., Yulinda, R., Putri, R. F., & Amelia, R. (2021). The validity of lesson plan with scientific approach: Building curiosity and responsibility character. Journal of Physics: Conference Series, 1760(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1760/1/012048

Raharja, R. M., Legiani, W. H., Fitrayadi, D. S., & Lestari, R. Y. (2017). Pengaruh Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Terhadap Kompetensi Warga Negara Mahasiswa Fkip Untirta. Untirta Civic Education Journal, 2(2), 199 213. https://doi.org/10.30870/ucej.v2i2.2812

Raharja, S., Wibhawa, M. R., & Lukas, S. (2018). Mengukur Rasa Ingin Tahu Siswa [Measuring Students’ Curiosity]. Polyglot: Jurnal Ilmiah, 14(2), 151. https://doi.org/10.19166/pji.v14i2.832

Revalina, A., Moeis, I., & Indrawadi, J. (2023). Degradasi Moral Siswa-Siswi Dalam Penerapan Nilai Pancasila Ditinjau Dari Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Pendidikan Karakter. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 8(1), 24–36.

Safitri, A., & Kendari, U. M. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar prioritas berasal dari “ manusia perahu †yaitu masyarakat bajo yang ada di Desa sebagai nelayan tradisional , sehingga. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 18(3), 198 209. http://journal.um surabaya.ac.id/index.php/didaktis/article/view/1846/1483

Saironi, M., & Sukestiyarno, Y. (2017). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa dan Pembentukan Karakter Rasa Ingin Tahu Siswa pada Pembelajaran Open Ended Berbasis Etnomatematika. Unnes Journal of Mathematics Educatio Research, 6(1), 76–88. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujmer

Sakdiah, Y. . (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Read, Answer, Discuss, Explain, Create (Radec) Berbantuan Media Handout Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Ditinjau Dari Rasa Ingin Tahu Peserta Didik. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Sari, A. A. I., Lutfi, A., Stiadi, E., & Lestary, R. (2022). Meningkatkan Rasa Ingin Tahu Siswa Dengan Menerapkan Metode Penemuan Terbimbing Setting Tps ( Think Pair Share ) Pendahuluan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 5 Tahun 2013 menyatakan bahwa pola pembelajaran harus berpusat pada siswa , bers. 6(3), 333–340.

Sari, E. N., Fauziah, H. N., Muna, I. A., & Anwar, M. K. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Scramble dengan Pendekatan Socio-Scientific terhadap Rasa Ingin Tahu Peserta Didik. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 1(3), 354–363. https://doi.org/10.21154/jtii.v1i3.177

Siregar, N. N., Firmansyah, F., & Wyrasti, A. F. (2023). Efektivitas Pembelajaran Daring Berbantuan Moodle Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Ditinjau Dari Karakter Rasa Ingin Tahu Dan Self-Efficacy. AXIOM : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 11(2), 152. https://doi.org/10.30821/axiom.v11i2.11933

Solehudin, T., Triwoelandari, R., & Kosim, A. M. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Prezi untuk Menumbuhkan Karakter Rasa Ingin Tahu. Indonesian Journal of Learning Education and Counseling, 2(2), 163–171. https://doi.org/10.31960/ijolec.v2i2.261

Suryana, C., & Muhtar, T. (2022). Implementasi Konsep Pendidikan Karakter Ki Hadjar Dewantara di Sekolah Dasar pada Era Digital. Jurnal Basicedu, 6(4), 6117–6131. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3177

Widiasanti, I., Nirvia, G. A., Zahra, F. Y., Hamidah, F., & Prasetyo, A. B. (2023). Implementasi Kendala Guru di Era Perkembangan Teknologi Informasi dalam Sistem Pembelajaran di Sekolah. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09(01), 1–23. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.7640

Yantoro, Y. (2017). Meningkatkan Rasa Ingin Tahu Dengan Menggunakan Metode Pemecahan Masalah Di Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 2(1), 90–105. https://doi.org/10.22437/gentala.v2i1.6820

Published

2023-10-31

How to Cite

Adnin, I. ., & Hubi, Z. B. (2023). ANALISIS KARAKTER RASA INGIN TAHU SISWA SECARA KRITIS PADA PERKEMBANGAN TEKNOLOGI BERIMPLIKASI DALAM PEMBELAJARAN. JIPIS, 32(2), 98–109. https://doi.org/10.33592/jipis.v32i2.4535

Issue

Section

Articles