Kemampuan Menulis Teks Fabel dengan Model Example Non Example

Penulis

  • Netti Marini Universitas Simalungun
  • Tuti Ariani Nasution Universitas Simalungun

Abstrak

Penelitian ini memiliki tujuan utama yaitu menjelaskan bagaimana model Example Non Example dapat diterapkan untuk menulis teks fabel dan mendeskripsikan kemampuan siswa dalam menulis teks fabel dengan menggunakan model Example Non Example. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif eksperimen. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berbentuk essay test. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar dan ada peningkatan antara nilai rata-rata siswa pre-test dan post-test. Pada pre-test, nilai rata-rata siswa mencapai 66,25 dan pada post-test nilai rata-rata siswa mencapai 83,33. Jadi, kemampuan menulis teks cerita fabel dapat ditingkatkan dengan menggunakan model pembelajaran Example Non Example di kelas VII SMP Swasta YPK Pematangsiantar.

Biografi Penulis

Netti Marini, Universitas Simalungun

Dosen di FKIP Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Simalungun

Tuti Ariani Nasution, Universitas Simalungun

Dosen FKIP Universitas Simalungun

Referensi

Arikunto, Suharsimi. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Dalman. (2012). Menulis Karya Ilmiah. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Danandjaya, James. (2012). Folklore Indonesia. Jakarta: PT Temprint.

Gusal, La Ode. (2015). “Nilai-nilai Pendidikan Dalam Cerita Rakyat Sulawesi Tenggaraâ€. E-Jurnal Humanika,

Volume 3, Nomor 15.http://ojs.uho.ac.id. Diakses tanggal 5 Juli 2019

Hamdi, Asep Saepul. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Aplikasi DalamPendidikan. Yogyakarta: Deepublish.

Huda, Miftahul. (2013). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Mahsun. (2017). Metode Penelitian Bahasa. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Margono. (2014).Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Nurgiyantoro. (2009). Statisktik Terapan untuk Penelitian Ilmu-ilmu Sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada

University Press.

Riduwan. (2014).Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Bandung: Alfabeta.

Saebani, Beni Ahmad. (2013). Manajemen Penelitian. Bandung: CV Pustaka Setia.

Shoimin, Aris. (2016).68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 3013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2017.

Suyatno. (2009). Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Surabaya: Buana Pustaka.

Tarigan, Henry Guntur. 2013. Menulis sebagai suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa

Taum, Yoseph Yapi. (2017). "Pembelajaran Sastra Berbasis Teks."E-Jurnal Ilmiah Kebudayaan SINTESIS. Volume

, 12-22. http://e-journal.usd.ac.id.Diakses tanggal 5 Juli 2019

Yuliani, Santi. (2016). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Fabel Dengan Pembelajaran Berbasis

Portofolio.E-JurnalDiksa. Volume 2 Nomor 1. http://ejournal.unib.ac.id.Diakses tanggal 5 Juli 2019

##submission.downloads##

Diterbitkan

2020-09-01

Cara Mengutip

Marini, N., & Nasution, T. A. (2020). Kemampuan Menulis Teks Fabel dengan Model Example Non Example. JIPIS, 29(2), 88–94. Diambil dari https://ejournal.unis.ac.id/index.php/JIPIS/article/view/571

Terbitan

Bagian

Articles