Pemilihan E-Commerce Menggunakan Analytical Hierarchy Process (AHP) Sebagai Sistem Pendukung Keputusan
DOI:
https://doi.org/10.33592/unistek.v10i2.3767Abstract
Tren berbelanja online semakin populer dikalangan masyarakat, Salah satu bukti yang terjadi yaitu, banyak toko offline yang lebih memilih berganti menjadi toko online dengan media aplikasi e-commerce. Dari tren diatas muncul banyak aplikasi belanja online. Oleh karenanya dengan adanya penelitian ini diharapkan memudahkan konsumen memilih aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan konsumen. Dari data statistik diperoleh lima e-commerce terpopuler di Indonesia yaitu, Shopee, Tokopedia, Lazada, Bukalapak dan Blibli. Penelitiaan ini mengaplikasikan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) dengan enam responden. Untuk membantu mengambil keputusan dalam memilih e-commerce. Analisis data dilakukan secara kualitatif. Dan untuk perhitungan data dilakukan dengan cara kuantitatif. Dari hasil pengolahan data diperoleh peringkat pertama pada setiap kriteria. Peringkat pertama kriteria Promo= Tokopedia 37,66%. Kriteria Harga Produk= Lazada 39,25%. Kriteria Cara pembayaran= Shopee 26,52%. Kriteria Diskon= Lazada 27,68%. Kriteria Kelengkapan Varian= Lazada 27,82%. Jika dilihat dari point diatas aplikasi lazada dipilih sebanyak 3 kali oleh karena itu untuk peringkat umum pertama diraih oleh Lazada.
Kata Kunci: Belanja Online, E-Commerce, Pengambilan Keputusan.