Pengaruh Status Kerja Dan Manajemen Waktu Terhadap Stress Belajar Mahasiswa Teknik Industri UNIS Semester 4
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh status pekerjaan dan manajemen terhadap stres belajar mahasiswa teknik industri Unis semester 4. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap pengembangan strategi manajemen stres yang lebih efektif pada mahasiswa teknik industri Unis semester 4. Metode penelitian ini menggunakan desain angket yang bertujuan untuk mengukur pengaruh status pekerjaan dan manajemen waktu terhadap stres belajar mahasiswa teknik industri UNIS semester 4. Data yang terkumpul kemudian diolah menggunakan SPSS untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara status pekerjaan terhadap manajemen waktu dan stres belajar. Hasil yang diperoleh adalah status pekerjaan dan manajemen waktu mempengaruhi stres belajar sebesar 35,1%. Dan stres belajar belum tentu dipengaruhi oleh status pekerjaan dan manajemen waktu, mungkin dipengaruhi oleh variabel lain sebesar 64,9% yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Disimpulkan bahwa status pekerjaan dan manajemen waktu tidak banyak berpengaruh terhadap stres belajar mahasiswa teknik industri UNIS semester 4. Dan Analisis Regresi Linier Berganda diperoleh persamaan regresi y = 9,18 - 0,71 x1 + 0,652 x2. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa baik manajemen waktu maupun status pekerjaan tidak berpengaruh signifikan terhadap stres belajar.
Kata Kunci: Status Pekerjaan, Manajemen Waktu, Stres Belajar