PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI DAN LINGKUNGAN KAMPUS TERHADAP IPK MAHASISWA

Penulis

  • Siti Rohiyah unis
  • Femi Handayani universitas islam syekh yusuf
  • Aniek Widiarti universitas islam syekh yusuf

Abstrak

Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) merupakan pengukuran dan penilaian hasil belajar yang telah dilakukan seseorang setelah melakukan kegiatan pembelajaran yang dibuktikan dengan bentuk tes dan hasil pembelajaran tersebut dinyatakan dalam bentuk angka dan huruf yang telah dicapai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh status sosial ekonomi dan lingkungan kampus terhadap IPK mahasiswa di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Syekh-Yusuf Tangerang. Penulis menggunakan sampel yang representatif dari mahasiswa yang terdaftar dan aktif di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Syekh-Yusuf Tangerang berjumlah 56 sampel. Data diperoleh dengan instrument penelitian yang valid dan reliabel. Penulis menggunakan skala likert sebagai skala pengukuran dan mendistribusikan angket yang telah ditentukan dengan simple random sampling. Dengan analisis regresi berganda, penulis menemukan bahwa status sosial ekonomi berpengaruh signifikan terhadap indeks prestasi kumulatif mahasiswa sedangkan lingkungan kampus tidak signifikan.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-05-16

Cara Mengutip

Rohiyah, S., Handayani, F., & Widiarti, A. (2023). PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI DAN LINGKUNGAN KAMPUS TERHADAP IPK MAHASISWA. Journal of Business Education and Social, 3(1), 17–24. Diambil dari https://ejournal.unis.ac.id/index.php/JBS/article/view/3381

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>