PENGARUH METODE PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA

Authors

  • Ambuy Sabur Universitas Islam Syekh Yusuf

DOI:

https://doi.org/10.33592/jbes.v5i2.5796

Abstract

Berfikir kritis merupakan kemampuan seseorang untuk dapat menganalisis, mensisntesis, dan menyimpulkan suatu permasalahan agar didapatkan solusi yang dapat digunakan untuk menyelesaikan permasalahan yang ada dan dapat mengkomunikasikannya dengan baik karena kemampuan ini sangat dibutuhkan diabad pengetahuan sebagai kemampuan intelektual yang tinggi. Dengan bantuan pendidikan dibantu dengan metode pembelajaran yang memadai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh metode Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berfikir Krits Siswa. Populasi dalam penellitian ini adalah siswa kelas XI SMA Perintis 1 Sepatan tahun ajaran 2022/2023 berjumlah 25 orang dengan teknik pengambilan sample dengan teknik purposive sampling sehingga sample yang diambil sesuai dengan populasi yang ada. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes berupa Pre-test dan Post-test dan menggunakan metode kuantitatif dengan metode pre exprerimental design dengan desian one group pre-test post-test. Hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh kemampuan berfikir kritis menggunakan metode Project Based Learning dilihat dari meningkatnya nilai pretest tertinggi 75 menjadi 88 pada posttest serta terdapatnya peningkatan bila dilihat dari hasil observasi siswa yang ada.

Published

2024-12-17

How to Cite

Sabur, A. (2024). PENGARUH METODE PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA. Journal of Business Education and Social, 5(2), 35–45. https://doi.org/10.33592/jbes.v5i2.5796

Most read articles by the same author(s)